Problematika Pemanfaatan Perpustakaan Madrasah Sebagi Sumber Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 8 Bone Kabupaten Bone
Karmiana/02.17.5074 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang problematika pemanfaatan perpustakaan
madrasah sebagai sumber belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Bone Kecematan
Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Bone serta kendala-kendala pemanfaatan perpustakaan
di Madrasah Ibtidaiyah 8 Bone.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan paedagogis dan psikologis. Data primer dalam penelitian ini
diperoleh langsung dari lokasi penelitian yaitu melalui observasi dan wawancara
langsung dengan pihak terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pemanfaatan perpustakaan di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Bone Kabupaten Bone sebagai sarana edukatif yakni
sebagai sumber belajar bagi siswa, pemanfaatan sebagai sumber informasi yakni
sebagai sarana informasi bagi siswa dalam menyelesaikan tugas dan menjadi referensi
dalam proses belajar mengajar, pemanfaatan sebagai sarana rekriasi yakni
perpustakaan menyajikan koleksi yang menghibur bagi para pembaca misalnya
membaca cerita humor, koran, cerita perjalanan hidup seseorang, novel, pantun atau
puisi, dan bacaan lainnya yang dapat menghibur serta pemanfaatan sebagai sarana
penelitian (riset) yakni perpustakaan dilengkapi berbagai saran dan prasarana pustaka
yang dibutuhkan dalam kegiatan penelitian. 2) Kendala-kendala pemanfaatan
perpustakaan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Bone diantaranya kendala internal
yakni kebijakan perpustakaan madrasah mengenai peminjam, minat baca siswa yang
kurang, sarana dan prasarana yang menyangkut kenyamanan ruangan perpustakaan
yang masih kurang seperti pendingin ruangan. Sedangkan kendala ekternal yakni
Kurangnya dukungn dana pemerintah, pengaruh kemajuan IPTEK sehingga
menimbulkan siswa menjadi ketergantungan dunia internet, dan masyarakat yang
kurang memahami pentingnya perpustakaan sebagai sumber belajar.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa kesimpulan
diantaranya:
1. Pemanfaatan perpustakaan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Bone Kabupaten
Bone cukup baik diantaranya pemanfaatan sebagai sarana edukatif yakni
sebagai sumber belajar bagi siswa, pemanfaatan sebagai sumber informasi
yakni sebagai sarana informasi bagi siswa dalam menyelesaikan tugas dan
menjadi referensi dalam proses belajar mengajar, pemanfaatan sebagai sarana
rekriasi yakni perpustakaan menyajikan koleksi yang menghibur bagi para
pembaca misalnya membaca cerita humor, koran, cerita perjalanan hidup
seseorang, novel, pantun atau puisi, dan bacaan lainnya yang dapat menghibur
serta pemanfaatan sebagai sarana penelitian (riset) yakni perpustakaan
dilengkapi berbagai sarana dan prasarana pustaka yang dibutuhkan dalam
kegiatan penelitian.
2. Kendala-kendala pemanfaatan perpustakaan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8
Bone diantaranya kendala internal yakni kebijakan perpustakaan madrasah
mengenai peminjam, minat baca siswa yang kurang, sarana dan prasarana
yang menyangkut kenyamanan ruangan perpustakaan yang masih kurang
seperti rak buku yang masih kurang, ruangan yang sempit dan pendingin
ruangan. Sedangkan kendala ekternal yakni Kurangnya dukungn dana
pemerintah, pengaruh kemajuan IPTEK sehingga menimbulkan siswa menjadi
ketergantungan dunia internet, dan masyarakat yang kurang memahami
pentingnya perpustakaan sebagai sumber belajar.
B. Implikasi
Dalam rangka meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber
belajar, penulis akan memberikan beberapa masukan atau saran saran, antara lain
kepada:
1. Kepada Pustakawan
Pengelolaan perpustakaan terus diperbaiki, mengingat perpustakaan
merupakan sumber belajar yang sangat penting dalam dunia pendidikan dan
selalu kreatif dan mengembangkan ide-ide agar siswa selalu merasa tertarik
berkunjung ke perpustakaan.
2. Kepada Guru
Selalu mengembangkan kreatifitas guru dalam memberikan tugas dan
latihan agar siswa selalu memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar,
senantiasa berinovasi dalam memanfaatkan bahan pustaka yang ada di
perpustakaan dan lebih menghargai proses daripada hasil pekerjaan peserta
didik.
3. Kepada Siswa
Selalu rajin dan senantiasa memanfaatkan perpustakaan
semaksimalmungkin karena perpustakaan merupakan sumber dari berbagai
informasiserta menjadikan perpustakaan sebagai kelas kedua di madrasah
sebagaitempat untuk menimba ilmu pengetahuan dam tingkatkan kesadaran
akan pentingnya perpustakan dalam kehidupan sehari-hari.
madrasah sebagai sumber belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Bone Kecematan
Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Bone serta kendala-kendala pemanfaatan perpustakaan
di Madrasah Ibtidaiyah 8 Bone.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan paedagogis dan psikologis. Data primer dalam penelitian ini
diperoleh langsung dari lokasi penelitian yaitu melalui observasi dan wawancara
langsung dengan pihak terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pemanfaatan perpustakaan di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Bone Kabupaten Bone sebagai sarana edukatif yakni
sebagai sumber belajar bagi siswa, pemanfaatan sebagai sumber informasi yakni
sebagai sarana informasi bagi siswa dalam menyelesaikan tugas dan menjadi referensi
dalam proses belajar mengajar, pemanfaatan sebagai sarana rekriasi yakni
perpustakaan menyajikan koleksi yang menghibur bagi para pembaca misalnya
membaca cerita humor, koran, cerita perjalanan hidup seseorang, novel, pantun atau
puisi, dan bacaan lainnya yang dapat menghibur serta pemanfaatan sebagai sarana
penelitian (riset) yakni perpustakaan dilengkapi berbagai saran dan prasarana pustaka
yang dibutuhkan dalam kegiatan penelitian. 2) Kendala-kendala pemanfaatan
perpustakaan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Bone diantaranya kendala internal
yakni kebijakan perpustakaan madrasah mengenai peminjam, minat baca siswa yang
kurang, sarana dan prasarana yang menyangkut kenyamanan ruangan perpustakaan
yang masih kurang seperti pendingin ruangan. Sedangkan kendala ekternal yakni
Kurangnya dukungn dana pemerintah, pengaruh kemajuan IPTEK sehingga
menimbulkan siswa menjadi ketergantungan dunia internet, dan masyarakat yang
kurang memahami pentingnya perpustakaan sebagai sumber belajar.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa kesimpulan
diantaranya:
1. Pemanfaatan perpustakaan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Bone Kabupaten
Bone cukup baik diantaranya pemanfaatan sebagai sarana edukatif yakni
sebagai sumber belajar bagi siswa, pemanfaatan sebagai sumber informasi
yakni sebagai sarana informasi bagi siswa dalam menyelesaikan tugas dan
menjadi referensi dalam proses belajar mengajar, pemanfaatan sebagai sarana
rekriasi yakni perpustakaan menyajikan koleksi yang menghibur bagi para
pembaca misalnya membaca cerita humor, koran, cerita perjalanan hidup
seseorang, novel, pantun atau puisi, dan bacaan lainnya yang dapat menghibur
serta pemanfaatan sebagai sarana penelitian (riset) yakni perpustakaan
dilengkapi berbagai sarana dan prasarana pustaka yang dibutuhkan dalam
kegiatan penelitian.
2. Kendala-kendala pemanfaatan perpustakaan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8
Bone diantaranya kendala internal yakni kebijakan perpustakaan madrasah
mengenai peminjam, minat baca siswa yang kurang, sarana dan prasarana
yang menyangkut kenyamanan ruangan perpustakaan yang masih kurang
seperti rak buku yang masih kurang, ruangan yang sempit dan pendingin
ruangan. Sedangkan kendala ekternal yakni Kurangnya dukungn dana
pemerintah, pengaruh kemajuan IPTEK sehingga menimbulkan siswa menjadi
ketergantungan dunia internet, dan masyarakat yang kurang memahami
pentingnya perpustakaan sebagai sumber belajar.
B. Implikasi
Dalam rangka meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber
belajar, penulis akan memberikan beberapa masukan atau saran saran, antara lain
kepada:
1. Kepada Pustakawan
Pengelolaan perpustakaan terus diperbaiki, mengingat perpustakaan
merupakan sumber belajar yang sangat penting dalam dunia pendidikan dan
selalu kreatif dan mengembangkan ide-ide agar siswa selalu merasa tertarik
berkunjung ke perpustakaan.
2. Kepada Guru
Selalu mengembangkan kreatifitas guru dalam memberikan tugas dan
latihan agar siswa selalu memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar,
senantiasa berinovasi dalam memanfaatkan bahan pustaka yang ada di
perpustakaan dan lebih menghargai proses daripada hasil pekerjaan peserta
didik.
3. Kepada Siswa
Selalu rajin dan senantiasa memanfaatkan perpustakaan
semaksimalmungkin karena perpustakaan merupakan sumber dari berbagai
informasiserta menjadikan perpustakaan sebagai kelas kedua di madrasah
sebagaitempat untuk menimba ilmu pengetahuan dam tingkatkan kesadaran
akan pentingnya perpustakan dalam kehidupan sehari-hari.
Ketersediaan
| STAR20210095 | 95/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
95/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
