Analisis Strategi Pemasaran dalam Pengembangan Usaha Skincare melalui Media E-Commerce dalam Tinjauan Ekonomi Islam (Studi pada Usaha Skincare Ara Beauty Skin di Kab.Bone)
Amulbiyati Abbas/01.16.5192 - Personal Name
Menggunakan teknologi sebagai media pemasaran akan dengan mudah penyampaian informasi,
memposisikan produk, mengendalikan volume penjualan, serta dapat mempengaruhi keputusan
belanja konsumen. Jika strategi pemasaran ini dilakukan dengan baik maka akan berdampak baik
pada keberlangsungan usaha karena potensi yang ada sehingga mampu menambah kemandirian
ekonomi pelaku usaha yang berusaha untuk mengenalkan produknya melalui pemanfaatan
media e-commerce. Tujuan Penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui strategi pemasaran Ara
Beauty Skin melalui Media E-Commerce. (2) untuk mengetahui pemasaran Ara Beauty Skin
melalui Media E-Commerce dalam Tinjauan Ekonomi Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan doumentasi. Kemudian
data dianalisis dengan mereduksi data, menganalisis, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Strategi yang digunakan Ara Beauty Skin untuk melalui
media e-commerce, yaitu menerapkan penjualan dengan pendekatan langsung kepada customer
salah satunya dengan pembuatan give away dan challenge di Instagram.Kemudian menggunakan
jasa influencer untuk menarik followers serta memberikan harga khusus kepada pelanggan yang
melakukan pembelian produk secara paket. Dengan konsep tersebut mampu meningkatkan
penjualan Ara Beauty Skin. (2) Kegiatan promosi yang dilakukan oleh Ara Beauty Skin juga
telah sesuai dengan Ekonomi Islam yaitu sesuai dengan yang Rasullullah ajarkan, selain itu
pelaksanaan penjualan Ara Beauty Skin pun telah sesuai dengan konsep Ekonomi Islam seperti
jujur dan menghindari promosi yang palsu, tidak menyembunyikan kecacatan barang dan
menepati janji konsep ini dengan berbekal prinsip Rasullulah yaitu, Amanah, jujur dan tabliqh
dalam konsep penerapan bisnisnya.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian dan observasi penulis terhadap strategi pemasaran
Ara Beauty Skin untuk pengembangan usaha skincare melalui media e-
commerce,dapat dikatakan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan adalah
sebagai berikut:
1. Pemasaran e-commerce Ara Beauty Skin yaitu dengan menerapkan metode
penjualan melalui internet melalui aplikasi jual instagram. Adapun Strategi
yang digunakan untuk pengembangannya, yaitu Ara Beauty Skin melakukan
penjualan secara pendekatan langsung terhadap pelanggan, salah satunya
yaitu dengan membuat give away dan challenge di media sosial
Instagram.serta memanfaatkan influencer untuk menawarkan harga khusu
dan membeli produk, mendapatkan followers dan pelanggan yang mau dalam
satu bundle. Sistem e-commerce dalam penjualan menjadi lebih mudah
digunakan dan disesuaikan dengan situasi globalisasi saat ini. Selain itu,
keuntungan e-commerce yang Ara Beauty Skin rasakan adalah peningkatan
permintaan produk mereka dibandingkan dengan implementasi e-commerce
yang diberlakukan sebelumnya.
2. Ara Beauty Skin menjalankan strategi pemasaran sesuai dengan prinsip
Ekonomi Islam. Sebagaimana yang dikethui bahwa pemasaran dengan
konsep Islam yaitu pemasaran yang berlandaskan pada nilai yang bersumber
dari agama serta etika yang menjunjung tinggi tentang kejujuran serta
keadilan. Dalam ajaran Rasulullah SAW kita dituntut untuk meletakkan
keadilan serta kejujuran sebagai prinsipnya.Adapun konsep pemasaran yang
perlu dilaksanakan sesuai dengan kaidah islam adalah:
a. Kecacatan produk tidak disembunyikan .
b. Menepati janji
c. jujur serta tidak melakukan promosi yang palsu terhadap konsumen.
Pemasaran yang dilaksanakan Ara Beauty Skin telahsesuai dengan yang
Rasullullah ajarkan bahwa dalam muamalah hendaknya kita belaku jujur,
amanah serta tabligh. Dengan demikian pada saat melakukan proses transaksi
jual beli produk di Ara Beauty Skin tidak ada kekhawatiran sebab dalam
praktiknya tidak aka nada yang dirugikan serta tidak adanya paksaan untuk
membeli produk Ara Beauty Skin .
B. Implikasi
1. Untuk Ara Beauty Skin
Ara Beauty Skin hendaknya dalam melaksanakan strategi pemasaran
e-commerce dapat lebih ditingkatkan lagi pada pengunaan layanan sosial
medianya. Contohnya dalam penggunaan aplikasi online yang lebih
mendukung hal disebakan karena peran sosial media yang sangat besar untuk
menarik minat pelanggan. Kemudian hendaknya melaksanakan riset pada
konsumen melalui marketplace yang dimilikinya, juga harus tetap
memperhatikan respon balik konsumen terhadap manajemen Ara Beauty Skin
dengan demikian hal tersebut dapat menjadi sebagai bahan peingkatan dan
juga perbaikan atas pelayanan serta manajemen dari Ara Beauty Skin
kedepannya.
2. Untuk Penelitian selanjutnya
Penelitian ini hanya menganalisa tentang keberhasilan strategi
pemasaran yang berfokus pada e-commerce, dengan demikian menjadi
sesuatu yang diharapkan untuk peneliti kedepannya untuk mengkaji juga
faktor lainnya yang juga menjadi parameter keberhasilan suatu usaha serta
mengkaji lebih dalam lagi mengenai keputusan pembelian, e-commerce,
kualitas produk dan promosi.
memposisikan produk, mengendalikan volume penjualan, serta dapat mempengaruhi keputusan
belanja konsumen. Jika strategi pemasaran ini dilakukan dengan baik maka akan berdampak baik
pada keberlangsungan usaha karena potensi yang ada sehingga mampu menambah kemandirian
ekonomi pelaku usaha yang berusaha untuk mengenalkan produknya melalui pemanfaatan
media e-commerce. Tujuan Penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui strategi pemasaran Ara
Beauty Skin melalui Media E-Commerce. (2) untuk mengetahui pemasaran Ara Beauty Skin
melalui Media E-Commerce dalam Tinjauan Ekonomi Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan doumentasi. Kemudian
data dianalisis dengan mereduksi data, menganalisis, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Strategi yang digunakan Ara Beauty Skin untuk melalui
media e-commerce, yaitu menerapkan penjualan dengan pendekatan langsung kepada customer
salah satunya dengan pembuatan give away dan challenge di Instagram.Kemudian menggunakan
jasa influencer untuk menarik followers serta memberikan harga khusus kepada pelanggan yang
melakukan pembelian produk secara paket. Dengan konsep tersebut mampu meningkatkan
penjualan Ara Beauty Skin. (2) Kegiatan promosi yang dilakukan oleh Ara Beauty Skin juga
telah sesuai dengan Ekonomi Islam yaitu sesuai dengan yang Rasullullah ajarkan, selain itu
pelaksanaan penjualan Ara Beauty Skin pun telah sesuai dengan konsep Ekonomi Islam seperti
jujur dan menghindari promosi yang palsu, tidak menyembunyikan kecacatan barang dan
menepati janji konsep ini dengan berbekal prinsip Rasullulah yaitu, Amanah, jujur dan tabliqh
dalam konsep penerapan bisnisnya.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian dan observasi penulis terhadap strategi pemasaran
Ara Beauty Skin untuk pengembangan usaha skincare melalui media e-
commerce,dapat dikatakan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan adalah
sebagai berikut:
1. Pemasaran e-commerce Ara Beauty Skin yaitu dengan menerapkan metode
penjualan melalui internet melalui aplikasi jual instagram. Adapun Strategi
yang digunakan untuk pengembangannya, yaitu Ara Beauty Skin melakukan
penjualan secara pendekatan langsung terhadap pelanggan, salah satunya
yaitu dengan membuat give away dan challenge di media sosial
Instagram.serta memanfaatkan influencer untuk menawarkan harga khusu
dan membeli produk, mendapatkan followers dan pelanggan yang mau dalam
satu bundle. Sistem e-commerce dalam penjualan menjadi lebih mudah
digunakan dan disesuaikan dengan situasi globalisasi saat ini. Selain itu,
keuntungan e-commerce yang Ara Beauty Skin rasakan adalah peningkatan
permintaan produk mereka dibandingkan dengan implementasi e-commerce
yang diberlakukan sebelumnya.
2. Ara Beauty Skin menjalankan strategi pemasaran sesuai dengan prinsip
Ekonomi Islam. Sebagaimana yang dikethui bahwa pemasaran dengan
konsep Islam yaitu pemasaran yang berlandaskan pada nilai yang bersumber
dari agama serta etika yang menjunjung tinggi tentang kejujuran serta
keadilan. Dalam ajaran Rasulullah SAW kita dituntut untuk meletakkan
keadilan serta kejujuran sebagai prinsipnya.Adapun konsep pemasaran yang
perlu dilaksanakan sesuai dengan kaidah islam adalah:
a. Kecacatan produk tidak disembunyikan .
b. Menepati janji
c. jujur serta tidak melakukan promosi yang palsu terhadap konsumen.
Pemasaran yang dilaksanakan Ara Beauty Skin telahsesuai dengan yang
Rasullullah ajarkan bahwa dalam muamalah hendaknya kita belaku jujur,
amanah serta tabligh. Dengan demikian pada saat melakukan proses transaksi
jual beli produk di Ara Beauty Skin tidak ada kekhawatiran sebab dalam
praktiknya tidak aka nada yang dirugikan serta tidak adanya paksaan untuk
membeli produk Ara Beauty Skin .
B. Implikasi
1. Untuk Ara Beauty Skin
Ara Beauty Skin hendaknya dalam melaksanakan strategi pemasaran
e-commerce dapat lebih ditingkatkan lagi pada pengunaan layanan sosial
medianya. Contohnya dalam penggunaan aplikasi online yang lebih
mendukung hal disebakan karena peran sosial media yang sangat besar untuk
menarik minat pelanggan. Kemudian hendaknya melaksanakan riset pada
konsumen melalui marketplace yang dimilikinya, juga harus tetap
memperhatikan respon balik konsumen terhadap manajemen Ara Beauty Skin
dengan demikian hal tersebut dapat menjadi sebagai bahan peingkatan dan
juga perbaikan atas pelayanan serta manajemen dari Ara Beauty Skin
kedepannya.
2. Untuk Penelitian selanjutnya
Penelitian ini hanya menganalisa tentang keberhasilan strategi
pemasaran yang berfokus pada e-commerce, dengan demikian menjadi
sesuatu yang diharapkan untuk peneliti kedepannya untuk mengkaji juga
faktor lainnya yang juga menjadi parameter keberhasilan suatu usaha serta
mengkaji lebih dalam lagi mengenai keputusan pembelian, e-commerce,
kualitas produk dan promosi.
Ketersediaan
| SFEBI20230173 | 173/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
173/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
