Urgensi KreativitasGuru dalam Menyikapi Keterbatasaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahragadan Kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin LompoKabupaten Bone
Nurjannah/02.17.5073 - Personal Name
Skripsi ini membahas urgensi kreativitas guru dalam menyikapi keterbatasaan
sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahragadan kesehatan di Madrasah
Ibtidaiyah Nurul Yaqin Lompo Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kreativitas guru dalam menyikapi keterbatasan sarana dan prasarana
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Madrasah Ibtidayah Nurul Yaqin
Lompo Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian dekriptif kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan paedagogis dan sosiologis. Data primer dalam
penelitian ini diperoleh langsung dari lokasi penelitian yaitu melalui observasi dan
wawancara langsung dengan pihak terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Pertama, Kreativitas guru dalam
menyikapi keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Lompo Kabupaten Bone, Kreativitas
guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam melakukan modifikasi dalam
menyediakan alat-alat pembelajaran, kemampuannya menciptakan ide-ide baru
sebagai bagian dari pemecahan masalah agar tujuan pembelajaran dapat tercapai,
menciptakan iklim belajar yang kondusif dan menyenangkan,melakukan variasi
dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan, seperti selalu bervariasi dalam
menggunakan metode, strategi dan media pembelajaran yang berhubungan dengan
pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan serta modifikasi sarana
danprasaranayangadadisekolah. Kedua,Pentingnya kreativitas guru dalam menyikapi
keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di
Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin lompo Kabupaten Bone diantaranya memenuhi
kebutuhan siswa akan gerak, mengenalkan siswa pada lingkungan dan potensi
dirinya, menanamkan dasar-dasar keterampilan yang berguna, menyalurkan energi
yang berlebihan dan proses pendidikan secara serempak baik fisik, mental maupun
emosional.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa
kesimpulan bahwa:
1. Kreativitas guru dalam menyikapi keterbatasan sarana dan prasarana
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul
Yaqin LompoKabupaten Bone cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari
kereatifitas guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam
melakukan modifikasi dalam menyediakan alat-alat pembelajaran,
kemampuannya menciptakan ide-ide baru sebagai bagian dari pemecahan
masalah agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, menciptakan iklim belajar
yang kondusif dan menyenangkan,melakukan variasi dalam kegiatan
pembelajaran yang dilakukan, seperti selalu bervariasi dalam menggunakan
metode, strategi dan media pembelajaran yang berhubungan dengan pelajaran
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan serta modifikasi sarana dan
prasarana yang ada disekolah, yaitu dengan mengacu kepada peraturan sesuai
dengan cabang olahraga.
2. Pentingnya kreativitas guru dalam menyikapi keterbatasan sarana dan
prasaranapendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah
Nurul Yaqin lompoKabupaten Bone diantaranya memenuhi kebutuhan siswa
akan gerak, mengenalkan siswa pada lingkungan dan potensi dirinya,
menanamkan dasar-dasar keterampilan yang berguna, menyalurkan energi
yang berlebihan dan proses pendidikan secara serempak baik fisik, mental
maupun emosional.
B. Implikasi
Sehubungan dengan hasil dari penelitian, maka penulis mengajukan implikasi
sebagai berikut :
1. Disarankan kepada guru Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan supaya
memperkaya kreativitas dalam membuat sarana dan prasarana pembelajaran
jasmani agar dalam proses pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan dapat berjalan dengan baik dan lancar.
2. Disarankan kepada kepala sekolah untuk memperhatikan kelengkapan sarana
dan prasarana yang ada melalui meningkatkan anggaran untuk keperluan
sarana tersebut, serta memberikan pelatihan kepada guru Pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan tentang kreativitas guru dalam mensiasati keterbatasan
sarana dan prasarana.
3. Disarankan kepada Dinas Pendidikan supaya lebih memperhatikan keadaan
sarana dan prasarana Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada sekolah
di jajarannya dengan cara memberikan bantuan baik secara langsung maupun
melalui kebijakan yang mengarahkan sekolah untuk melengkapi sarana dan
prasarana disekolah masing-masing
sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahragadan kesehatan di Madrasah
Ibtidaiyah Nurul Yaqin Lompo Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kreativitas guru dalam menyikapi keterbatasan sarana dan prasarana
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Madrasah Ibtidayah Nurul Yaqin
Lompo Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian dekriptif kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan paedagogis dan sosiologis. Data primer dalam
penelitian ini diperoleh langsung dari lokasi penelitian yaitu melalui observasi dan
wawancara langsung dengan pihak terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Pertama, Kreativitas guru dalam
menyikapi keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Lompo Kabupaten Bone, Kreativitas
guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam melakukan modifikasi dalam
menyediakan alat-alat pembelajaran, kemampuannya menciptakan ide-ide baru
sebagai bagian dari pemecahan masalah agar tujuan pembelajaran dapat tercapai,
menciptakan iklim belajar yang kondusif dan menyenangkan,melakukan variasi
dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan, seperti selalu bervariasi dalam
menggunakan metode, strategi dan media pembelajaran yang berhubungan dengan
pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan serta modifikasi sarana
danprasaranayangadadisekolah. Kedua,Pentingnya kreativitas guru dalam menyikapi
keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di
Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin lompo Kabupaten Bone diantaranya memenuhi
kebutuhan siswa akan gerak, mengenalkan siswa pada lingkungan dan potensi
dirinya, menanamkan dasar-dasar keterampilan yang berguna, menyalurkan energi
yang berlebihan dan proses pendidikan secara serempak baik fisik, mental maupun
emosional.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa
kesimpulan bahwa:
1. Kreativitas guru dalam menyikapi keterbatasan sarana dan prasarana
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul
Yaqin LompoKabupaten Bone cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari
kereatifitas guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam
melakukan modifikasi dalam menyediakan alat-alat pembelajaran,
kemampuannya menciptakan ide-ide baru sebagai bagian dari pemecahan
masalah agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, menciptakan iklim belajar
yang kondusif dan menyenangkan,melakukan variasi dalam kegiatan
pembelajaran yang dilakukan, seperti selalu bervariasi dalam menggunakan
metode, strategi dan media pembelajaran yang berhubungan dengan pelajaran
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan serta modifikasi sarana dan
prasarana yang ada disekolah, yaitu dengan mengacu kepada peraturan sesuai
dengan cabang olahraga.
2. Pentingnya kreativitas guru dalam menyikapi keterbatasan sarana dan
prasaranapendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah
Nurul Yaqin lompoKabupaten Bone diantaranya memenuhi kebutuhan siswa
akan gerak, mengenalkan siswa pada lingkungan dan potensi dirinya,
menanamkan dasar-dasar keterampilan yang berguna, menyalurkan energi
yang berlebihan dan proses pendidikan secara serempak baik fisik, mental
maupun emosional.
B. Implikasi
Sehubungan dengan hasil dari penelitian, maka penulis mengajukan implikasi
sebagai berikut :
1. Disarankan kepada guru Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan supaya
memperkaya kreativitas dalam membuat sarana dan prasarana pembelajaran
jasmani agar dalam proses pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan dapat berjalan dengan baik dan lancar.
2. Disarankan kepada kepala sekolah untuk memperhatikan kelengkapan sarana
dan prasarana yang ada melalui meningkatkan anggaran untuk keperluan
sarana tersebut, serta memberikan pelatihan kepada guru Pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan tentang kreativitas guru dalam mensiasati keterbatasan
sarana dan prasarana.
3. Disarankan kepada Dinas Pendidikan supaya lebih memperhatikan keadaan
sarana dan prasarana Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada sekolah
di jajarannya dengan cara memberikan bantuan baik secara langsung maupun
melalui kebijakan yang mengarahkan sekolah untuk melengkapi sarana dan
prasarana disekolah masing-masing
Ketersediaan
| STAR20210130 | 130/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
130/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
