Pembelajaran Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Kelompok B Pada Masa Belajar Dari Rumah (BDR) di TK Maccolli Loloe Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone

No image available for this title
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran
kemampuan motorik kasar AUD kelompok B pada masa Belajar Dari Rumah
(BDR) Di TK Maccolli Loloe Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone. 2)
Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi pembelajaran
kemampuan motorik kasar AUD kelompok B pada masa Belajar Dari Rumah
(BDR) di TK Maccolli Loloe Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan pendekatan paedagogik dan sosiologis, untuk memperoleh data yang
dinginkan menggunakan data primer dan sekunder. Selanjutnya dianalisis dengan
cara: 1. Mereduksi data, 2. Mendeskripsikan data, 3. Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dalam
mengembangkan kemampuan motorik kasar AUD selama belajar dari rumah
(BDR) yaitu: 1. Rencana pembelajaran tetap berpedoman pada RPPH, 2. Metode
yang digunakan adalah metode daring, 3. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan di
rumah dengan bantuan orang tua, 4. Fasilitas yang digunakan disediakan oleh
orang tua, 5. Laporan pembelajaran dilakukan oleh orang tua untuk melaporkan
kegiatan anaknya selama di rumah, 6. Guru tetap memberikan penilaian kepada
anak didiknya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran
kemampuan motorik kasar AUD yaitu: 1. Faktor pendukung yaitu Handphone
digunakan sebagai sarana untuk menghubungkan anak, orang tua, dan guru serta
berguna untuk mengakses informasi tentang perkembangan kemampuan motorik
kasar anak yang baik dan benar, 2. Faktor penghambat yaitu anak sering kali
merasa bosan dan jenuh ketika melakukan pembelajaran, sarana dan prasarana
yang disediakan masih kurang, dan orang tua kesulitan dalam mengarahkan
anaknya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
kemampuan motorik kasar AUD pada masa belajar dari rumah (BDR). Proses
pembelajaran melibatkan orang tua secara langsung untuk mendampingi anaknya
selama belajar dari rumah (BDR). Guru juga tetap mematau proses pembelajaran
tersebut, dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Faktor pendukung yaitu
Handphone untuk mengakses informasi perkembangan kemampuan motorik kasar
AUD. Dan Faktor penghambat yaitu perasaan bosan dan jenuh , sarana dan
prasaran, dan orang tua kesulitan dalam mengarahkan anaknya.
A. Simpulan
Proses pembelajaran kemampuan motorik kasar anak usia dini kelompok
B pada masa belajar dari rumah (BDR) di TK Maccolli Loloe Kecamatan Tellu
Siattinge Kabupaten Bone. Proses pembelajaran melibatkan orang tua secara
langsung untuk mendampingi anaknya selama belajar dari rumah (BDR). Guru
juga tetap mematau proses pembelajaran tersebut, dengan menggunakan aplikasi
WhatsApp. Adapun yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran selama
BDR yaitu rencana pembelajaran, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran,
fasilitas pembelajaran, media pembelajaran, dan penilaian. Hal tersebut dapat
mendorong perkembangan kemampuan motorik kasar anak yang dapat distimulasi
mengenai kelicahan, kekuatan, dan keseimbangan anak.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran kemampuan motorik
kasar anak usia dini kelompok B pada masa belajar dari rumah (BDR) di TK
Maccolli Loloe Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone. Faktor pendukung
yaitu Handphone digunakan sebagai sarana untuk menghubungkan anak, orang
tua, dan guru serta berguna untuk mengakses informasi tentang perkembangan
kemampuan motorik kasar anak yang baik dan benar. Sedangkan Faktor
penghambat yaitu anak sering kali merasa bosan dan jenuh ketika melakukan
pembelajaran, sarana dan prasarana yang disediakan masih kurang, dan orang tua
kesulitan dalam mengarahkan anaknya.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan,
maka saran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Setiap anak memiliki pemahaman yang berbeda oleh karena itu pendidik
harus mengetahui sampai mana anak itu memahami tetang kemampuan
motorik kasar.
2. Dalam perkembangan kemampuan motorik kasar anak usai dini, sangat
dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, sekolah, masyrakat, serta media
informasi lainnya. Oleh karena itu perhatian orang tua dan guru sangat
diperlukan untuk bekal anak dalam bergaul dengan lingkungan sekitarnya.
Ketersediaan
STAR20200213213/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

213/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top