Pembelajaran Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Kelompok B Pada Masa Belajar Dari Rumah (BDR) di TK Maccolli Loloe Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone
Nurlaela/02.16.6003 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran
kemampuan motorik kasar AUD kelompok B pada masa Belajar Dari Rumah
(BDR) Di TK Maccolli Loloe Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone. 2)
Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi pembelajaran
kemampuan motorik kasar AUD kelompok B pada masa Belajar Dari Rumah
(BDR) di TK Maccolli Loloe Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan pendekatan paedagogik dan sosiologis, untuk memperoleh data yang
dinginkan menggunakan data primer dan sekunder. Selanjutnya dianalisis dengan
cara: 1. Mereduksi data, 2. Mendeskripsikan data, 3. Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dalam
mengembangkan kemampuan motorik kasar AUD selama belajar dari rumah
(BDR) yaitu: 1. Rencana pembelajaran tetap berpedoman pada RPPH, 2. Metode
yang digunakan adalah metode daring, 3. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan di
rumah dengan bantuan orang tua, 4. Fasilitas yang digunakan disediakan oleh
orang tua, 5. Laporan pembelajaran dilakukan oleh orang tua untuk melaporkan
kegiatan anaknya selama di rumah, 6. Guru tetap memberikan penilaian kepada
anak didiknya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran
kemampuan motorik kasar AUD yaitu: 1. Faktor pendukung yaitu Handphone
digunakan sebagai sarana untuk menghubungkan anak, orang tua, dan guru serta
berguna untuk mengakses informasi tentang perkembangan kemampuan motorik
kasar anak yang baik dan benar, 2. Faktor penghambat yaitu anak sering kali
merasa bosan dan jenuh ketika melakukan pembelajaran, sarana dan prasarana
yang disediakan masih kurang, dan orang tua kesulitan dalam mengarahkan
anaknya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
kemampuan motorik kasar AUD pada masa belajar dari rumah (BDR). Proses
pembelajaran melibatkan orang tua secara langsung untuk mendampingi anaknya
selama belajar dari rumah (BDR). Guru juga tetap mematau proses pembelajaran
tersebut, dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Faktor pendukung yaitu
Handphone untuk mengakses informasi perkembangan kemampuan motorik kasar
AUD. Dan Faktor penghambat yaitu perasaan bosan dan jenuh , sarana dan
prasaran, dan orang tua kesulitan dalam mengarahkan anaknya.
A. Simpulan
Proses pembelajaran kemampuan motorik kasar anak usia dini kelompok
B pada masa belajar dari rumah (BDR) di TK Maccolli Loloe Kecamatan Tellu
Siattinge Kabupaten Bone. Proses pembelajaran melibatkan orang tua secara
langsung untuk mendampingi anaknya selama belajar dari rumah (BDR). Guru
juga tetap mematau proses pembelajaran tersebut, dengan menggunakan aplikasi
WhatsApp. Adapun yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran selama
BDR yaitu rencana pembelajaran, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran,
fasilitas pembelajaran, media pembelajaran, dan penilaian. Hal tersebut dapat
mendorong perkembangan kemampuan motorik kasar anak yang dapat distimulasi
mengenai kelicahan, kekuatan, dan keseimbangan anak.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran kemampuan motorik
kasar anak usia dini kelompok B pada masa belajar dari rumah (BDR) di TK
Maccolli Loloe Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone. Faktor pendukung
yaitu Handphone digunakan sebagai sarana untuk menghubungkan anak, orang
tua, dan guru serta berguna untuk mengakses informasi tentang perkembangan
kemampuan motorik kasar anak yang baik dan benar. Sedangkan Faktor
penghambat yaitu anak sering kali merasa bosan dan jenuh ketika melakukan
pembelajaran, sarana dan prasarana yang disediakan masih kurang, dan orang tua
kesulitan dalam mengarahkan anaknya.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan,
maka saran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Setiap anak memiliki pemahaman yang berbeda oleh karena itu pendidik
harus mengetahui sampai mana anak itu memahami tetang kemampuan
motorik kasar.
2. Dalam perkembangan kemampuan motorik kasar anak usai dini, sangat
dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, sekolah, masyrakat, serta media
informasi lainnya. Oleh karena itu perhatian orang tua dan guru sangat
diperlukan untuk bekal anak dalam bergaul dengan lingkungan sekitarnya.
kemampuan motorik kasar AUD kelompok B pada masa Belajar Dari Rumah
(BDR) Di TK Maccolli Loloe Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone. 2)
Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi pembelajaran
kemampuan motorik kasar AUD kelompok B pada masa Belajar Dari Rumah
(BDR) di TK Maccolli Loloe Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan pendekatan paedagogik dan sosiologis, untuk memperoleh data yang
dinginkan menggunakan data primer dan sekunder. Selanjutnya dianalisis dengan
cara: 1. Mereduksi data, 2. Mendeskripsikan data, 3. Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dalam
mengembangkan kemampuan motorik kasar AUD selama belajar dari rumah
(BDR) yaitu: 1. Rencana pembelajaran tetap berpedoman pada RPPH, 2. Metode
yang digunakan adalah metode daring, 3. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan di
rumah dengan bantuan orang tua, 4. Fasilitas yang digunakan disediakan oleh
orang tua, 5. Laporan pembelajaran dilakukan oleh orang tua untuk melaporkan
kegiatan anaknya selama di rumah, 6. Guru tetap memberikan penilaian kepada
anak didiknya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran
kemampuan motorik kasar AUD yaitu: 1. Faktor pendukung yaitu Handphone
digunakan sebagai sarana untuk menghubungkan anak, orang tua, dan guru serta
berguna untuk mengakses informasi tentang perkembangan kemampuan motorik
kasar anak yang baik dan benar, 2. Faktor penghambat yaitu anak sering kali
merasa bosan dan jenuh ketika melakukan pembelajaran, sarana dan prasarana
yang disediakan masih kurang, dan orang tua kesulitan dalam mengarahkan
anaknya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
kemampuan motorik kasar AUD pada masa belajar dari rumah (BDR). Proses
pembelajaran melibatkan orang tua secara langsung untuk mendampingi anaknya
selama belajar dari rumah (BDR). Guru juga tetap mematau proses pembelajaran
tersebut, dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Faktor pendukung yaitu
Handphone untuk mengakses informasi perkembangan kemampuan motorik kasar
AUD. Dan Faktor penghambat yaitu perasaan bosan dan jenuh , sarana dan
prasaran, dan orang tua kesulitan dalam mengarahkan anaknya.
A. Simpulan
Proses pembelajaran kemampuan motorik kasar anak usia dini kelompok
B pada masa belajar dari rumah (BDR) di TK Maccolli Loloe Kecamatan Tellu
Siattinge Kabupaten Bone. Proses pembelajaran melibatkan orang tua secara
langsung untuk mendampingi anaknya selama belajar dari rumah (BDR). Guru
juga tetap mematau proses pembelajaran tersebut, dengan menggunakan aplikasi
WhatsApp. Adapun yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran selama
BDR yaitu rencana pembelajaran, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran,
fasilitas pembelajaran, media pembelajaran, dan penilaian. Hal tersebut dapat
mendorong perkembangan kemampuan motorik kasar anak yang dapat distimulasi
mengenai kelicahan, kekuatan, dan keseimbangan anak.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran kemampuan motorik
kasar anak usia dini kelompok B pada masa belajar dari rumah (BDR) di TK
Maccolli Loloe Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone. Faktor pendukung
yaitu Handphone digunakan sebagai sarana untuk menghubungkan anak, orang
tua, dan guru serta berguna untuk mengakses informasi tentang perkembangan
kemampuan motorik kasar anak yang baik dan benar. Sedangkan Faktor
penghambat yaitu anak sering kali merasa bosan dan jenuh ketika melakukan
pembelajaran, sarana dan prasarana yang disediakan masih kurang, dan orang tua
kesulitan dalam mengarahkan anaknya.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan,
maka saran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Setiap anak memiliki pemahaman yang berbeda oleh karena itu pendidik
harus mengetahui sampai mana anak itu memahami tetang kemampuan
motorik kasar.
2. Dalam perkembangan kemampuan motorik kasar anak usai dini, sangat
dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, sekolah, masyrakat, serta media
informasi lainnya. Oleh karena itu perhatian orang tua dan guru sangat
diperlukan untuk bekal anak dalam bergaul dengan lingkungan sekitarnya.
Ketersediaan
| STAR20200213 | 213/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
213/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
