Urgensi Strategi Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone
Alpiana/02.17.5065 - Personal Name
Skripsi ini membahas urgensi strategi pengembangan kecerdasan
interpersonal pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah
Ibtidaiyah Baitul Hamdi dan bentuk strategi pengembangan kecerdasan interpersonal
siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan
pendekatan paedagogis dan sosiologis dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/ penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan pengembangan kecerdasan interpersonal pada
mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi Kecamatan Tanete Riattang
Barat Kabupaten Bone yaitu: Pertama Kecerdasan Interpersonal siswa MI Baitul
berkembang dapat dilihat dari berinterkasi berkomunikasi dan bekerjasama dengan
temannya pada saat pembelajaran berlangsung, dengan adanya mata pelajaran IPS
juga dapat membantu pengembangan kecerdasan interpersonal siswa kelas IV MI
Baitul Hamdi. Melalui pembelajaran IPS siswa akan lebih mengenal tentang
lingkungan sekitar mereka, dengan memberikan contoh- contoh yang ada di sekitar
mereka. Kedua pengembangan kecerdasan interpersonal dalam pembelajaran
diwujudkan dengan dua strategi pengembangan untuk mengembangkan kecerdasan
interpersonal siswa sebagai berikut: startegi jigsaw dan strategi kelompok. Dengan
penggunaan strategi jigsaw dengan membentuk kelompok-kelompok kecil yang
saling bekerjasama, berinteraksi satu sama lain sedangkan strategi kelompok
dilakukan secara bersama-sama mementingkan unsur interaksi kebersamaan dapat
mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasaan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dan hasil penelitian yang telah dilakukan
yaitu:
1. Kecerdasan interpersonal siswa dapat dilihat dari bagaimana cara dia
berinteraksi, bekerjasama dengan temannya pada saat pembelajaran
berlangsung, dengan adanya mata pelajaran IPS juga dapat membantu
pengembangan Kecerdasan Interpersonal siswa kelas IV MI Baitul Hamdi.
Melalui pembelajaran IPS siswa akan lebih mengenal tentang lingkungan
sekitar mereka, dengan memberikan contoh-contoh yang ada disekitar mereka.
2. Strategi pengembangan kecerdasan interpersonal dalam pembelajaran
diwujudkan dengan dua strategi pengembangan untuk mengembangkan
kecerdasan interpersonal siswa sebagai berikut: startegi jigsaw dan strategi
kelompok. Dengan penggunaan strategi jigsaw dengan membentuk kelompok-
kelompok kecil yang saling bekerjasama, berinteraksi satu sama lain
sedangkan strategi kelompok dilakukan secara bersama- sama mementingkan
unsur interaksi kebersamaan dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal
siswa.
B. Implikasi
1. Adanya mata pelajaran IPS di harapkan dapat mengembangkan kecerdasan
interpersonal siswa.
2. Bagi guru agar berupaya mengembangkan kecerdasan interpersonal pada anak
dengan menggunakan strategi pengembangan kecerdasan Interpersonal
dilakukan dengan strategi pengembangan Jigsaw dan kelompok. Dengan
adanya strategi-stategi pengembangan diharapkan kecerdasan Interpersonal
siswa dapat berkembang.
interpersonal pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah
Ibtidaiyah Baitul Hamdi dan bentuk strategi pengembangan kecerdasan interpersonal
siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan
pendekatan paedagogis dan sosiologis dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/ penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan pengembangan kecerdasan interpersonal pada
mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi Kecamatan Tanete Riattang
Barat Kabupaten Bone yaitu: Pertama Kecerdasan Interpersonal siswa MI Baitul
berkembang dapat dilihat dari berinterkasi berkomunikasi dan bekerjasama dengan
temannya pada saat pembelajaran berlangsung, dengan adanya mata pelajaran IPS
juga dapat membantu pengembangan kecerdasan interpersonal siswa kelas IV MI
Baitul Hamdi. Melalui pembelajaran IPS siswa akan lebih mengenal tentang
lingkungan sekitar mereka, dengan memberikan contoh- contoh yang ada di sekitar
mereka. Kedua pengembangan kecerdasan interpersonal dalam pembelajaran
diwujudkan dengan dua strategi pengembangan untuk mengembangkan kecerdasan
interpersonal siswa sebagai berikut: startegi jigsaw dan strategi kelompok. Dengan
penggunaan strategi jigsaw dengan membentuk kelompok-kelompok kecil yang
saling bekerjasama, berinteraksi satu sama lain sedangkan strategi kelompok
dilakukan secara bersama-sama mementingkan unsur interaksi kebersamaan dapat
mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasaan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dan hasil penelitian yang telah dilakukan
yaitu:
1. Kecerdasan interpersonal siswa dapat dilihat dari bagaimana cara dia
berinteraksi, bekerjasama dengan temannya pada saat pembelajaran
berlangsung, dengan adanya mata pelajaran IPS juga dapat membantu
pengembangan Kecerdasan Interpersonal siswa kelas IV MI Baitul Hamdi.
Melalui pembelajaran IPS siswa akan lebih mengenal tentang lingkungan
sekitar mereka, dengan memberikan contoh-contoh yang ada disekitar mereka.
2. Strategi pengembangan kecerdasan interpersonal dalam pembelajaran
diwujudkan dengan dua strategi pengembangan untuk mengembangkan
kecerdasan interpersonal siswa sebagai berikut: startegi jigsaw dan strategi
kelompok. Dengan penggunaan strategi jigsaw dengan membentuk kelompok-
kelompok kecil yang saling bekerjasama, berinteraksi satu sama lain
sedangkan strategi kelompok dilakukan secara bersama- sama mementingkan
unsur interaksi kebersamaan dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal
siswa.
B. Implikasi
1. Adanya mata pelajaran IPS di harapkan dapat mengembangkan kecerdasan
interpersonal siswa.
2. Bagi guru agar berupaya mengembangkan kecerdasan interpersonal pada anak
dengan menggunakan strategi pengembangan kecerdasan Interpersonal
dilakukan dengan strategi pengembangan Jigsaw dan kelompok. Dengan
adanya strategi-stategi pengembangan diharapkan kecerdasan Interpersonal
siswa dapat berkembang.
Ketersediaan
| STAR20210297 | 207/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
297/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
