Peran Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Tenaga Kependidikan Di SMAN 3 Bone
Ismia/02.17.3054 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Peran Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala
Sekolah Terhadap Kualitas Tenaga Kependidikan Di SMAN 3 Bone”. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana pengaplikasian gaya
kepemimpinan demokratis di SMAN 3 Bone?,bagaimana kualitas tenaga
kependidikan di SMAN 3 Bone? dan bagaimana peran gaya kepemimpinan
demokratis terhadap peningkatan kualitas tenaga kependidikan?.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis penelitian
kualitatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi
dan dokumentasi. Menggunakan pendekatan manajemen, psikologis dan
sosiologis. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian kepala sekolah SMAN 3 Bone menunjukkan bahwa dalam
Pengaplikasian gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah SMAN 3 Bone
diwujudkan dalam tiga tahapan yaitu Pertama: Pengambilan Keputusan dengan
cara mengakui serta menghargai potensi bawahan dan memberikan kesempatan
pada anggota untuk ikut serta bertanggung jawab dalam melaksanakan
kepemimpinan, kedua: Kerja Sama yang dilakukan kepala sekolah yaitu dengan
cara menyelesaikan masalah bersama-sama dan penyaluran aspirasi secara luas.
Ketiga: Pelimpahan Kewenangan dilakukan dengan pemimpin menyampaikan
banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya dan
wewenang pimpinan tidak mutlak.
Kedua, keadaan tenaga kependidikan di SMAN 3 Bone yaitu dimana masing-
masing tenaga kependidikan mengenali tugas dan tanggung jawab yang mereka
emban serta mampu melaksanakannya, meski terdapat beberapa kendala yang di
alami, namun mereka mampu mengatasinya. Selain itu, para tenaga kependidikan
menerapkan manajemen dalam melaksanakan tugasnya sehingga hasil pekerjaan
mereka memuaskan, serta mereka selalu melibatkan setiap aspek yang ada di
sekolah dalam menjalankan program dan kegiatan yang mereka lakukan.
Ketiga, peran gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kualitas
tenaga kependidikan di SMAN 3 Bone sangatlah penting karena dengan kepala
sekolah menerapkan kepemimpinan demokratis tenaga kependidikan selalu
terbuka mengenai masalah-masalah yang dihadapinya dalam menjalankan
tugasnya, selain itu kepala sekolah selalu memberikan dukungan terhadap
peningkatan kualitas tenaga kependidikan dengan membuka jalan selebar-
lebarnya bagi orang yang ingin melajutkan studinya dan untuk meningkatkan
kompetensinya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai Peran Gaya Kepemimpinan
Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Tenaga Kependidikan di SMAN 3
Bone, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Pengaplikasian gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah SMAN 3
Bone diwujudkan dalam tiga tahapan yaitu Pertama: Pengambilan
Keputusan dengan cara mengakui serta menghargai potensi bawahan dan
memberikan kesempatan pada anggota untuk ikut serta bertanggung jawab
dalam melaksanakan kepemimpinan, kedua: Kerja Sama yang dilakukan
kepala sekolah yaitu dengan cara menyelesaikan masalah bersama-sama
dan penyaluran aspirasi secara luas. Ketiga: Pelimpahan Kewenangan
dilakukan dengan pemimpin menyampaikan banyak informasi tentang
tugas serta tanggung jawab para bawahannya dan wewenang pimpinan
tidak mutlak.
2. Kualitas tenaga kependidikan di SMAN 3 Bone
Keadaan tenaga kependidikan di SMAN 3 Bone yaitu dimana masing-
masing tenaga kependidikan mengenali tugas dan tanggung jawab yang
mereka emban serta mampu melaksanakannya, meski terdapat beberapa
kendala yang di alami, namun mereka mampu mengatasinya. Selain itu,
para tenaga kependidikan menerapkan manajemen dalam melaksanakan
tugasnya sehingga hasil pekerjaan mereka memuaskan, serta mereka selalu
melibatkan setiap aspek yang ada di sekolah dalam menjalankan program
dan kegiatan yang mereka lakukan.
3. Peran gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kualitas
tenaga kependidikan
Peran gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap
kualitas tenaga kependidikan di SMAN 3 Bone sangatlah penting karena
dengan kepala sekolah menerapkan kepemimpinan demokratis tenaga
kependidikan selalu terbuka mengenai masalah-masalah yang dihadapinya
dalam menjalankan tugasnya, selain itu kepala sekolah selalu memberikan
dukungan terhadap peningkatan kualitas tenaga kependidikan dengan
membuka jalan selebar-lebarnya bagi orang yang ingin melajutkan
studinya dan untuk meningkatkan kompetensinya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran, adapun saran-saran
penulis maksud sebagai berikut :
1. Kepala sekolah SMAN 3 Bone tetap mempertahankan penggunaan gaya
kepemimpinan demokratis dan tetap melakukan upaya-upaya untuk
meningkatkan kualitas tenaga kependidikan.
2. Tenaga Kependidikan SMAN 3 Bone hendaknya lebih meningkatkan
kedisiplinan dan selalu berpartisipasi aktif dalam pencapaian tujuan.
3. Masyarakat dapat memahami pentingnya keterlibatan mereka dalam
peningkatan kualitas tenaga kependidikan.
Sekolah Terhadap Kualitas Tenaga Kependidikan Di SMAN 3 Bone”. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana pengaplikasian gaya
kepemimpinan demokratis di SMAN 3 Bone?,bagaimana kualitas tenaga
kependidikan di SMAN 3 Bone? dan bagaimana peran gaya kepemimpinan
demokratis terhadap peningkatan kualitas tenaga kependidikan?.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis penelitian
kualitatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi
dan dokumentasi. Menggunakan pendekatan manajemen, psikologis dan
sosiologis. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian kepala sekolah SMAN 3 Bone menunjukkan bahwa dalam
Pengaplikasian gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah SMAN 3 Bone
diwujudkan dalam tiga tahapan yaitu Pertama: Pengambilan Keputusan dengan
cara mengakui serta menghargai potensi bawahan dan memberikan kesempatan
pada anggota untuk ikut serta bertanggung jawab dalam melaksanakan
kepemimpinan, kedua: Kerja Sama yang dilakukan kepala sekolah yaitu dengan
cara menyelesaikan masalah bersama-sama dan penyaluran aspirasi secara luas.
Ketiga: Pelimpahan Kewenangan dilakukan dengan pemimpin menyampaikan
banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya dan
wewenang pimpinan tidak mutlak.
Kedua, keadaan tenaga kependidikan di SMAN 3 Bone yaitu dimana masing-
masing tenaga kependidikan mengenali tugas dan tanggung jawab yang mereka
emban serta mampu melaksanakannya, meski terdapat beberapa kendala yang di
alami, namun mereka mampu mengatasinya. Selain itu, para tenaga kependidikan
menerapkan manajemen dalam melaksanakan tugasnya sehingga hasil pekerjaan
mereka memuaskan, serta mereka selalu melibatkan setiap aspek yang ada di
sekolah dalam menjalankan program dan kegiatan yang mereka lakukan.
Ketiga, peran gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kualitas
tenaga kependidikan di SMAN 3 Bone sangatlah penting karena dengan kepala
sekolah menerapkan kepemimpinan demokratis tenaga kependidikan selalu
terbuka mengenai masalah-masalah yang dihadapinya dalam menjalankan
tugasnya, selain itu kepala sekolah selalu memberikan dukungan terhadap
peningkatan kualitas tenaga kependidikan dengan membuka jalan selebar-
lebarnya bagi orang yang ingin melajutkan studinya dan untuk meningkatkan
kompetensinya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai Peran Gaya Kepemimpinan
Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Tenaga Kependidikan di SMAN 3
Bone, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Pengaplikasian gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah SMAN 3
Bone diwujudkan dalam tiga tahapan yaitu Pertama: Pengambilan
Keputusan dengan cara mengakui serta menghargai potensi bawahan dan
memberikan kesempatan pada anggota untuk ikut serta bertanggung jawab
dalam melaksanakan kepemimpinan, kedua: Kerja Sama yang dilakukan
kepala sekolah yaitu dengan cara menyelesaikan masalah bersama-sama
dan penyaluran aspirasi secara luas. Ketiga: Pelimpahan Kewenangan
dilakukan dengan pemimpin menyampaikan banyak informasi tentang
tugas serta tanggung jawab para bawahannya dan wewenang pimpinan
tidak mutlak.
2. Kualitas tenaga kependidikan di SMAN 3 Bone
Keadaan tenaga kependidikan di SMAN 3 Bone yaitu dimana masing-
masing tenaga kependidikan mengenali tugas dan tanggung jawab yang
mereka emban serta mampu melaksanakannya, meski terdapat beberapa
kendala yang di alami, namun mereka mampu mengatasinya. Selain itu,
para tenaga kependidikan menerapkan manajemen dalam melaksanakan
tugasnya sehingga hasil pekerjaan mereka memuaskan, serta mereka selalu
melibatkan setiap aspek yang ada di sekolah dalam menjalankan program
dan kegiatan yang mereka lakukan.
3. Peran gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kualitas
tenaga kependidikan
Peran gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap
kualitas tenaga kependidikan di SMAN 3 Bone sangatlah penting karena
dengan kepala sekolah menerapkan kepemimpinan demokratis tenaga
kependidikan selalu terbuka mengenai masalah-masalah yang dihadapinya
dalam menjalankan tugasnya, selain itu kepala sekolah selalu memberikan
dukungan terhadap peningkatan kualitas tenaga kependidikan dengan
membuka jalan selebar-lebarnya bagi orang yang ingin melajutkan
studinya dan untuk meningkatkan kompetensinya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran, adapun saran-saran
penulis maksud sebagai berikut :
1. Kepala sekolah SMAN 3 Bone tetap mempertahankan penggunaan gaya
kepemimpinan demokratis dan tetap melakukan upaya-upaya untuk
meningkatkan kualitas tenaga kependidikan.
2. Tenaga Kependidikan SMAN 3 Bone hendaknya lebih meningkatkan
kedisiplinan dan selalu berpartisipasi aktif dalam pencapaian tujuan.
3. Masyarakat dapat memahami pentingnya keterlibatan mereka dalam
peningkatan kualitas tenaga kependidikan.
Ketersediaan
| STAR20210393 | 393/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
393/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
