Strategi Penilaian Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Partisipasi Kinerja Guru Honorer Sekolah Di Smp Negeri 1 Palakka Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Strategi Penilaian Kepala Sekolah dalam
Meningkatkan Partisipasi Kerja Guru Honorer Di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik-teknik penilaian kepala sekolah
dalam meningkatkan partisipasi kerja guru honorer, upaya dalam meningkatkan
partisipasi kerja guru honorer dan kontribusi strategi penilaian kepala sekolah dalam
meningkatkan partisipasi kerja guru honorer di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone.
Metode digunakan peneliti field research (penelitian lapangan) dengan
melakukan observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang di peroleh diolah
dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang
Strategi Penilaian Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Partisipasi Kerja Guru
Honorer Di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone. Dalam menganalisis data, penulis
menggunakan reduksi data, display data, conclusion drawing/verification (penarikan
kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan
pertama, memeriksa perencanaan dan
persiapan mengajar di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone yaitu mewajibkan semua
guru untuk membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum melakukan
pembelajaran dengan memuat tujuan pembelajaran, media pembelajaran, sumber
belajar, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian. Sumber daya manusia, sarana
dan peralatan pendukung di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone sudah terpenuhi
dengan baik. Perencanaan penilaian kinerja guru honorer di SMP Negeri 1 Palakka
Kab. Bone menggunakan instrumen diantaranya pra observasi, instrumen penilaian
RPP/administrasi pembelajaran, instrumen observasi proses pembelajaran atau
supervisi pembelajaran, penilaian, dan pasca observasi. Kedua, waktu kerja di SMP
Negeri 1 Palakka Kab. Bone dapat dilihat dari pemahaman peserta didik dalam
mengikuti pembelajaran siswa kurang dan kehadiranya pun tidak menentu, dalam
memberikan materi ajar yang menyediakan media atau sumber belajar. Ketiga,
memberikan konstribusi biasanya memberikan semacam reward atau penghargaan
sebagai bukti bahwa guru telah melaksanakan tupoksinya dengan penuh
tanggung jawab dalam memberikan hadiah sebagai ucapan terima kasih.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya yang
dilakukan oleh peneliti di sekolah SMP Negeri 1 Palakka Kec. Palakka Kab.
Bone, maka peneliti menyimpulkan sebagai berikut:
1. Strategi penilaian kepala sekolah dalam meningkatkan partisipasi kerja guru
honorer di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone menggunakan tiga starategi
penilaian yang dilakukan yaitu input, proses dan output. Pertama kemampuan
membaca perencanaan dan persiapan mengajar di SMP Negeri 1 Palakka Kab.
Bone yaitu mewajibkan semua guru untuk membuat rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) sebelum melakukan pembelajaran dengan memuat tujuan
pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah
pembelajaran dan penilaian. Kedua sumber daya manusia, sarana dan
peralatan pendukung di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone sudah terpenuhi
dengan baik. Ketiga perencanaan penilaian kinerja guru honorer di SMP
Negeri 1 Palakka Kab. Bone menggunakan 5 instrumen diantaranya pra
observasi, instrument penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP)/administrasi pembelajaran, instrumen observasi proses pembelajaran
atau supervisi pembelajaran, penilaian, dan pasca observasi. Keempat
peningkatan prestasi siswa di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone dalam setiap
tahunnya selalu ada peningkatan prestasi yang terjadi pada siswa melalui
sebuah perlombaan ataupun keaktifan siswa dalam belajar sehingga guru
dapat mengetahui siswa yang berprestasi dan tidak berprestasi.
2. Partisipasi kerja guru honorer Di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone dari segi
kecepatan dan ketepatan kerja di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone dapat
dilihat dari pemahaman peserta didik dalam mengikuti pembelajaran siswa
kurang pemahamannya dan kehadiranya pun tidak menentu, dalam
memberikan materi ajar kami menyediakan media atau sumber belajar baik itu
buku diperpustakaan maupun pembelajaran yang di berikan secara online.
Dari segi inisiatif dalam kerja di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone dalam
menggunakan media pembelajaran yaitu menggunakan media dalam
pembelajaran misalnya kami kirim sebuah video atau link untuk masuk di
sebuah whatsapp dan mengenal pembelajaran. Melaksanakan administrasi
kelas di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone guru dituntut untuk memiliki
profesionalitas dalam mengajar seperti miliki kalender pendidikan, program
tahunan, program semester, silabus, RPP dan sebagainya. Dari segi
kemampuan kerja di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone dalam melakukan
penilaian hasil belajar siswa yaitu lebih kepada keaktifan siswa dalam
mengikuti pembelajaran dan mengumpul tugas sehingga kita dapat
mengetahui siswa yang benar-benar aktif mengikuti pembelajaran dengan
siswa yang bermalas-malasan.
3. Konstribusi strategi penilaian kepala sekolah dalam meningkatkan partisipasi
kerja guru honorer di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone yaitu dalam
memberikan konstribusi biasanya memberikan semacam reward atau
penghargaan sebagai bukti bahwa guru telah melaksanakan tupoksinya
dengan penuh tanggung jawab dalam memberikan hadiah sebagai ucapan
terima kasih atau memotivasi. Kepala sekolah selalu melakukan supervisi
untuk menilai hasil kerja guru honorer dan memberikan semacam arahan dan
bimbingan agar guru honorer tetap semangat dalam bekerja.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, di bawah ini akan diuraikan
implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis
maksud yaitu sebagai berikut:
1. Diharapkan Kepala sekolah mampu melakukan penilaian dengan melihat ke
lima instrumen diantaranya pra observasi, instrumen penilaian
RPP/administrasi pembelajaran, instrumen observasi proses pembelajaran
atau supervisi pembelajaran, penilaian, dan pasca observasi sehingga dapat
meningkatkan partisipasi kerja guru honorer.
2. Diharapkan kepada guru honorer agar memberikan pemahaman kepada
peserta didik dengan baik karena pemahaman peserta didik dalam mengikuti
pembelajaran kurang pemahamannya dan kehadiranya pun tidak menentu jadi
guru honorer harus memberikan arahan dan pemahaman kepada peserta didik.
3. Konstribusi strategi penilaian kepala sekolah dalam meningkatkan partisipasi
kerja guru honorer di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone Kepala sekolah
diharapakan dapat memberikan semacam penghargaan atau hadiah kepada
guru honorer.
Ketersediaan
STAR2021009696/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

96/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top