Peranan Pembina Organisasi Pramuka Dalam Meningkatkan Karakter Siswa di SMAN 30 Bone
Santi/02.17.3040 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Peranan Pembina Organisasi Pramuka Dalam
Meningkatkan Karakter Siswa di SMAN 30 Bone. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Peranan Pembina Organisasi Pramuka, Karakter Siswa, dan Kontribusi
Pembina Pramuka dalam Meningkatkan Karakter Siswa di SMA Negeri 30 Bone.
Metode digunakan peneliti field research (penelitian lapangan) dengan
melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah
dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang
Peranan Pembina Organisasi Pramuka Dalam Meningkatkan Karakter Siswa di SMA
Negeri 30 Bone. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data,
display data, conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan Pertama, Peranan Pembina organisasi pramuka
di SMA Negeri 30 Bone sudah terlaksana dengan baik hal ini dibuktikan dengan
adanya pemberian nasehat, pengarahan dan bimbingan yang diberikan guru kepada
siswa, hal itu menandakan bahwa peran Pembina pramuka sudah menjalankan
perannya secara maksimal. Adapun peran Pembina pramuka yang diterapkan di SMA
Negeri 30 Bone yaitu Pembina berperan sebagai guru dalam mengarjakan berbagai
keterampilan dan pengetahuan. Pembina pramuka berperan sebagai konsultan yaitu
membantu dalam mendiskusikan setiap permasalahan. Pembina pramuka berperan
sebagai motivator selalu memberikan motivasi dan membangun semangat siswa
untuk maju. Peran Pembina pramuka sebagai fasilitator membantu dan memfasilitasi
kebutuhan siswa. Kedua, Karakter siswa di SMA Negeri 30 Bone cukup baik hal ini
dapat dilihat dari kejujuran siswa dalam berbicara dan kedisiplinan siswa dalam
mentaati segala peraturan. Adapun indikator karakter siswa dapat dilihat dari nilai
kejujuran, disiplin, mandiri dan tanggung jawab. Ketiga, Kontribusi Pembina
pramuka dalam meningkatkan karakter siswa di SMA Negeri 30 Bone dapat
dikatakan bahwa Pembina pramuka sudah berkontribusi penuh dengan memberikan
apresiasi atau penghargaan kepada siswa yang berprestasi agar siswa yang lain ikut
termotivasi.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya yang
dilakukan oleh peneliti di sekolah SMA Negeri 30 Bone Kec. Palakka Kab.
Bone, maka peneliti menyimpulkan sebagai berikut:
1. Peranan Pembina organisasi pramuka di SMA Negeri 30 Bone sudah
terlaksana dengan baik hal ini dibuktikan dengan adanya pemberian nasehat,
pengarahan dan bimbingan yang diberikan guru kepada siswa, hal itu
menandakan bahwa peran Pembina pramuka sudah menjalankan perannya
secara maksimal. Adapun peran Pembina pramuka yang diterapkan di SMA
Negeri 30 Bone yaitu Pembina berperan sebagai guru dalam mengarjakan
berbagai keterampilan dan pengetahuan. Pembina pramuka berperan sebagai
konsultan yaitu membantu dalam mendiskusikan setiap permasalahan.
Pembina pramuka berperan sebagai motivator selalu memberikan motivasi
dan membangun semangat siswa untuk maju. Peran Pembina pramuka
sebagai fasilitator membantu dan memfasilitasi kebutuhan siswa.
2. Karakter siswa di SMA Negeri 30 Bone cukup baik hal ini dapat dilihat dari
kejujuran siswa dalam berbicara dan kedisiplinan siswa dalam mentaati segala
peraturan. Adapun indikator karakter siswa dapat dilihat dari nilai kejujuran,
disiplin, mandiri dan tanggung jawab.
3. Kontribusi Pembina pramuka dalam meningkatkan karakter siswa di SMA
Negeri 30 Bone dapat dikatakan bahwa Pembina pramuka sudah
berkontribusi penuh dengan memberikan apresiasi atau penghargaan kepada
siswa yang berprestasi agar siswa yang lain ikut termotivasi. Dalam
pembinaan organisasi pramuka dapat dilihat dari beberapa bentuk-bentuk
kontribusi diantaranya penyediaan sarana dan prasarana, pelaksanaan kegiatan
kepramukaan, memberikan penghargaan kepada siswa dan melakukan
kegiatan di alam terbuka.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud yaitu sebagai berikut:
1. Diharapkan Kepala sekolah dan Pembina pramuka mampu bekerja sama
dengan baik dalam melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan karakter
siswa.
2. Pembina pramuka dan Kepala sekolah diharapkan dapat meningkatkan
karakter peserta didik yang terdiri dari nilai kejujuran, disiplin, mandiri dan
bertanggung jawab yang ada di SMA Negeri 30 Bone.
3. Kontribusi Pembina pramuka dalam meningkatkan karakter siswa di SMA
Negeri 30 Bone, diharapkan dapat memberikan dukungan secara penuh
berupa penghargaan ataupun apresiasi kepada siswa.
Meningkatkan Karakter Siswa di SMAN 30 Bone. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Peranan Pembina Organisasi Pramuka, Karakter Siswa, dan Kontribusi
Pembina Pramuka dalam Meningkatkan Karakter Siswa di SMA Negeri 30 Bone.
Metode digunakan peneliti field research (penelitian lapangan) dengan
melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah
dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang
Peranan Pembina Organisasi Pramuka Dalam Meningkatkan Karakter Siswa di SMA
Negeri 30 Bone. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data,
display data, conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan Pertama, Peranan Pembina organisasi pramuka
di SMA Negeri 30 Bone sudah terlaksana dengan baik hal ini dibuktikan dengan
adanya pemberian nasehat, pengarahan dan bimbingan yang diberikan guru kepada
siswa, hal itu menandakan bahwa peran Pembina pramuka sudah menjalankan
perannya secara maksimal. Adapun peran Pembina pramuka yang diterapkan di SMA
Negeri 30 Bone yaitu Pembina berperan sebagai guru dalam mengarjakan berbagai
keterampilan dan pengetahuan. Pembina pramuka berperan sebagai konsultan yaitu
membantu dalam mendiskusikan setiap permasalahan. Pembina pramuka berperan
sebagai motivator selalu memberikan motivasi dan membangun semangat siswa
untuk maju. Peran Pembina pramuka sebagai fasilitator membantu dan memfasilitasi
kebutuhan siswa. Kedua, Karakter siswa di SMA Negeri 30 Bone cukup baik hal ini
dapat dilihat dari kejujuran siswa dalam berbicara dan kedisiplinan siswa dalam
mentaati segala peraturan. Adapun indikator karakter siswa dapat dilihat dari nilai
kejujuran, disiplin, mandiri dan tanggung jawab. Ketiga, Kontribusi Pembina
pramuka dalam meningkatkan karakter siswa di SMA Negeri 30 Bone dapat
dikatakan bahwa Pembina pramuka sudah berkontribusi penuh dengan memberikan
apresiasi atau penghargaan kepada siswa yang berprestasi agar siswa yang lain ikut
termotivasi.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya yang
dilakukan oleh peneliti di sekolah SMA Negeri 30 Bone Kec. Palakka Kab.
Bone, maka peneliti menyimpulkan sebagai berikut:
1. Peranan Pembina organisasi pramuka di SMA Negeri 30 Bone sudah
terlaksana dengan baik hal ini dibuktikan dengan adanya pemberian nasehat,
pengarahan dan bimbingan yang diberikan guru kepada siswa, hal itu
menandakan bahwa peran Pembina pramuka sudah menjalankan perannya
secara maksimal. Adapun peran Pembina pramuka yang diterapkan di SMA
Negeri 30 Bone yaitu Pembina berperan sebagai guru dalam mengarjakan
berbagai keterampilan dan pengetahuan. Pembina pramuka berperan sebagai
konsultan yaitu membantu dalam mendiskusikan setiap permasalahan.
Pembina pramuka berperan sebagai motivator selalu memberikan motivasi
dan membangun semangat siswa untuk maju. Peran Pembina pramuka
sebagai fasilitator membantu dan memfasilitasi kebutuhan siswa.
2. Karakter siswa di SMA Negeri 30 Bone cukup baik hal ini dapat dilihat dari
kejujuran siswa dalam berbicara dan kedisiplinan siswa dalam mentaati segala
peraturan. Adapun indikator karakter siswa dapat dilihat dari nilai kejujuran,
disiplin, mandiri dan tanggung jawab.
3. Kontribusi Pembina pramuka dalam meningkatkan karakter siswa di SMA
Negeri 30 Bone dapat dikatakan bahwa Pembina pramuka sudah
berkontribusi penuh dengan memberikan apresiasi atau penghargaan kepada
siswa yang berprestasi agar siswa yang lain ikut termotivasi. Dalam
pembinaan organisasi pramuka dapat dilihat dari beberapa bentuk-bentuk
kontribusi diantaranya penyediaan sarana dan prasarana, pelaksanaan kegiatan
kepramukaan, memberikan penghargaan kepada siswa dan melakukan
kegiatan di alam terbuka.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud yaitu sebagai berikut:
1. Diharapkan Kepala sekolah dan Pembina pramuka mampu bekerja sama
dengan baik dalam melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan karakter
siswa.
2. Pembina pramuka dan Kepala sekolah diharapkan dapat meningkatkan
karakter peserta didik yang terdiri dari nilai kejujuran, disiplin, mandiri dan
bertanggung jawab yang ada di SMA Negeri 30 Bone.
3. Kontribusi Pembina pramuka dalam meningkatkan karakter siswa di SMA
Negeri 30 Bone, diharapkan dapat memberikan dukungan secara penuh
berupa penghargaan ataupun apresiasi kepada siswa.
Ketersediaan
| STAR20210087 | 87/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
87/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
