Persepsi Guru Kelas terhadap Implementasi Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidayah At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone
Vira Safitri/02.17.5062 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang persepsi guru kelas terhadap implementasi
pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidayah At-Thahiriyah
Componge Kabupaten Bone. Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui
gambaran persepsi guru kelas, hal-hal yang dapat mempengaruhi penerapan
pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 serta persepsi guru kelas terhadap
pelaksanaan Pembelajaran tematik dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidayah At-
Thahiriyah Componge Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian dekriptif kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan pedagogik dan sosiologis. Data primer dalam penelitian
ini diperoleh langsung dari lokasi penelitian yaitu melalui observasi dan wawancara
langsung dengan pihak terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
1) Persepsi guru kelas tentang
pembelajaran tematik terpadu di MI At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone yakni
melakukan kegiatan pendahuluan yang dilakukan oleh guru yakni guru
mempersiapkan peserta didik untuk belajar, guru menyampaikan indikator
pencapaian KD pembelajaran, guru memotivasi peserta didik dengan menampilkan
gambar yang mengandung permasalahan, guru membagi peserta didik ke dalam
beberapa kelompok,
guru mengaitkan
pelajaran sekarang dengan pelajaran
sebelumnya, guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui konsep-
konsep prasyarat yang sudah dikuasai oleh siswa, cara guru memotivasi siswa dan
guru menyampaikan tujuan pembelajaran (kompetensi dasar dan indikator). 2)
Persepsi guru kelas terhadap pelaksanaan pembelajaran tematik dalam kurikulum
2013 di Madrasah Ibtidayah At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone yakni cukup
baik apabila dipandang dari segi persiapan dan implementasi. Dari aspek perispakan
yang dilakukan yakni menyiapkan dan memahami buku siswa dan buku guru,
membuat RPP dengan beberapa penyesuaian yang disesuaikan untuk kebutuhan
peserta didik, menyediakan alat dan media pembelajaran yang akan digunakan.
Sedangkan dari aspek implementasi pelaksanaan sudah sesuai dengan pembelajaran
tematik integratif, yaitu tidak terlihat pemisahan antar beberapa mata pelajaran yang
dipadukan, dan sudah menggunakan tema dalam setiap pembelajaran yang dilakukan.
3) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum 2013 di MI At-
Thahiriyah Componge Kabupaten Bone yaitu seperti halnya fasilitas sekolah yang
minim, masih minimnya pengetahuan guru atau tenaga pengajar dalam penerapan
kurikulum 2013. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu adanya dukungan warga
sekolah dalam pengimplementasian kurikulum 2013.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dapat dirumuskan beberapa kesimpulan
diantaranya:
1. Persepsi guru kelas tentang pembelajaran tematik terpadu di MI At-Thahiriyah
Componge Kabupaten Bone
yakni melakukan kegiatan pendahuluan yang
dilakukan oleh guru yakni guru mempersiapkan peserta didik untuk belajar, guru
menyampaikan indikator pencapaian KD pembelajaran, guru memotivasi peserta
didik dengan menampilkan gambar yang mengandung permasalahan, guru
membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok, guru mengaitkan pelajaran
sekarang dengan pelajaran sebelumnya, guru memberikan pertanyaan kepada siswa
untuk mengetahui konsep-konsep prasyarat yang sudah dikuasai oleh siswa, cara
guru memotivasi siswa dan guru menyampaikan tujuan pembelajaran (kompetensi
dasar dan indikator).
2. Persepsi guru kelas terhadap pelaksanaan pembelajaran tematik dalam kurikulum
2013 di Madrasah Ibtidayah At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone yakni
cukup baik apabila dipandang dari segi persiapan dan implementasi. Dari aspek
perispakan yang dilakukan yakni menyiapkan dan memahami buku siswa dan buku
guru, membuat RPP dengan beberapa penyesuaian yang disesuaikan untuk
kebutuhan peserta didik, menyediakan alat dan media pembelajaran yang akan
digunakan. Sedangkan dari aspek implementasi pelaksanaan sudah sesuai dengan
pembelajaran tematik integratif, yaitu tidak terlihat pemisahan antar beberapa mata
pelajaran yang dipadukan, dan sudah menggunakan tema dalam setiap
pembelajaran yang dilakukan.
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum 2013 di MI At-
Thahiriyah Componge Kabupaten Bone yaitu seperti halnya fasilitas sekolah yang
minim, masih minimnya pengetahuan guru atau tenaga pengajar dalam penerapan
kurikulum 2013. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu adanya dukungan warga
sekolah dalam pengimplementasian kurikulum 2013.
B. Implikasi
Berdasarkan dari hasil kesimpulaan yang telah dipaparrkan tersebut, maka
kiranya ada beberapa saran yang dapat dijadikan madrasah sebagai bahan untuk lebih
memajukan sekolah adalah sebagai berikut:
1. Proses belajar mengajar yang berdasarkan Kurikulum 2013 khususnya dalam
pembelajaran tematik akan berjalan baik apabila semuanya memahami konsep
pelaksanaannya dengan baik, oleh sebab itu maka perlu kiranya di berikan
pendidikan maupun pelatihan serta penyuluhan tentang Kurikulum 2013 ini baik
dari pihak pemerintah maupun pihak sekolah.
2. Diharapkan semua kekurangan yang ada dijadikan motivasi agar dapat
memperbaiki diri dan mampu mengaplikasikan Kurikulum 2013 pembelajaran
tematik secara maksimal.
pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidayah At-Thahiriyah
Componge Kabupaten Bone. Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui
gambaran persepsi guru kelas, hal-hal yang dapat mempengaruhi penerapan
pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 serta persepsi guru kelas terhadap
pelaksanaan Pembelajaran tematik dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidayah At-
Thahiriyah Componge Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian dekriptif kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan pedagogik dan sosiologis. Data primer dalam penelitian
ini diperoleh langsung dari lokasi penelitian yaitu melalui observasi dan wawancara
langsung dengan pihak terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
1) Persepsi guru kelas tentang
pembelajaran tematik terpadu di MI At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone yakni
melakukan kegiatan pendahuluan yang dilakukan oleh guru yakni guru
mempersiapkan peserta didik untuk belajar, guru menyampaikan indikator
pencapaian KD pembelajaran, guru memotivasi peserta didik dengan menampilkan
gambar yang mengandung permasalahan, guru membagi peserta didik ke dalam
beberapa kelompok,
guru mengaitkan
pelajaran sekarang dengan pelajaran
sebelumnya, guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui konsep-
konsep prasyarat yang sudah dikuasai oleh siswa, cara guru memotivasi siswa dan
guru menyampaikan tujuan pembelajaran (kompetensi dasar dan indikator). 2)
Persepsi guru kelas terhadap pelaksanaan pembelajaran tematik dalam kurikulum
2013 di Madrasah Ibtidayah At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone yakni cukup
baik apabila dipandang dari segi persiapan dan implementasi. Dari aspek perispakan
yang dilakukan yakni menyiapkan dan memahami buku siswa dan buku guru,
membuat RPP dengan beberapa penyesuaian yang disesuaikan untuk kebutuhan
peserta didik, menyediakan alat dan media pembelajaran yang akan digunakan.
Sedangkan dari aspek implementasi pelaksanaan sudah sesuai dengan pembelajaran
tematik integratif, yaitu tidak terlihat pemisahan antar beberapa mata pelajaran yang
dipadukan, dan sudah menggunakan tema dalam setiap pembelajaran yang dilakukan.
3) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum 2013 di MI At-
Thahiriyah Componge Kabupaten Bone yaitu seperti halnya fasilitas sekolah yang
minim, masih minimnya pengetahuan guru atau tenaga pengajar dalam penerapan
kurikulum 2013. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu adanya dukungan warga
sekolah dalam pengimplementasian kurikulum 2013.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dapat dirumuskan beberapa kesimpulan
diantaranya:
1. Persepsi guru kelas tentang pembelajaran tematik terpadu di MI At-Thahiriyah
Componge Kabupaten Bone
yakni melakukan kegiatan pendahuluan yang
dilakukan oleh guru yakni guru mempersiapkan peserta didik untuk belajar, guru
menyampaikan indikator pencapaian KD pembelajaran, guru memotivasi peserta
didik dengan menampilkan gambar yang mengandung permasalahan, guru
membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok, guru mengaitkan pelajaran
sekarang dengan pelajaran sebelumnya, guru memberikan pertanyaan kepada siswa
untuk mengetahui konsep-konsep prasyarat yang sudah dikuasai oleh siswa, cara
guru memotivasi siswa dan guru menyampaikan tujuan pembelajaran (kompetensi
dasar dan indikator).
2. Persepsi guru kelas terhadap pelaksanaan pembelajaran tematik dalam kurikulum
2013 di Madrasah Ibtidayah At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone yakni
cukup baik apabila dipandang dari segi persiapan dan implementasi. Dari aspek
perispakan yang dilakukan yakni menyiapkan dan memahami buku siswa dan buku
guru, membuat RPP dengan beberapa penyesuaian yang disesuaikan untuk
kebutuhan peserta didik, menyediakan alat dan media pembelajaran yang akan
digunakan. Sedangkan dari aspek implementasi pelaksanaan sudah sesuai dengan
pembelajaran tematik integratif, yaitu tidak terlihat pemisahan antar beberapa mata
pelajaran yang dipadukan, dan sudah menggunakan tema dalam setiap
pembelajaran yang dilakukan.
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum 2013 di MI At-
Thahiriyah Componge Kabupaten Bone yaitu seperti halnya fasilitas sekolah yang
minim, masih minimnya pengetahuan guru atau tenaga pengajar dalam penerapan
kurikulum 2013. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu adanya dukungan warga
sekolah dalam pengimplementasian kurikulum 2013.
B. Implikasi
Berdasarkan dari hasil kesimpulaan yang telah dipaparrkan tersebut, maka
kiranya ada beberapa saran yang dapat dijadikan madrasah sebagai bahan untuk lebih
memajukan sekolah adalah sebagai berikut:
1. Proses belajar mengajar yang berdasarkan Kurikulum 2013 khususnya dalam
pembelajaran tematik akan berjalan baik apabila semuanya memahami konsep
pelaksanaannya dengan baik, oleh sebab itu maka perlu kiranya di berikan
pendidikan maupun pelatihan serta penyuluhan tentang Kurikulum 2013 ini baik
dari pihak pemerintah maupun pihak sekolah.
2. Diharapkan semua kekurangan yang ada dijadikan motivasi agar dapat
memperbaiki diri dan mampu mengaplikasikan Kurikulum 2013 pembelajaran
tematik secara maksimal.
Ketersediaan
| STAR20210306 | 306/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
306/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
