Persepsi Guru Kelas terhadap Implementasi Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidayah At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang persepsi guru kelas terhadap implementasi
pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidayah At-Thahiriyah
Componge Kabupaten Bone. Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui
gambaran persepsi guru kelas, hal-hal yang dapat mempengaruhi penerapan
pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 serta persepsi guru kelas terhadap
pelaksanaan Pembelajaran tematik dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidayah At-
Thahiriyah Componge Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian dekriptif kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan pedagogik dan sosiologis. Data primer dalam penelitian
ini diperoleh langsung dari lokasi penelitian yaitu melalui observasi dan wawancara
langsung dengan pihak terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
1) Persepsi guru kelas tentang
pembelajaran tematik terpadu di MI At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone yakni
melakukan kegiatan pendahuluan yang dilakukan oleh guru yakni guru
mempersiapkan peserta didik untuk belajar, guru menyampaikan indikator
pencapaian KD pembelajaran, guru memotivasi peserta didik dengan menampilkan
gambar yang mengandung permasalahan, guru membagi peserta didik ke dalam
beberapa kelompok,
guru mengaitkan
pelajaran sekarang dengan pelajaran
sebelumnya, guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui konsep-
konsep prasyarat yang sudah dikuasai oleh siswa, cara guru memotivasi siswa dan
guru menyampaikan tujuan pembelajaran (kompetensi dasar dan indikator). 2)
Persepsi guru kelas terhadap pelaksanaan pembelajaran tematik dalam kurikulum
2013 di Madrasah Ibtidayah At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone yakni cukup
baik apabila dipandang dari segi persiapan dan implementasi. Dari aspek perispakan
yang dilakukan yakni menyiapkan dan memahami buku siswa dan buku guru,
membuat RPP dengan beberapa penyesuaian yang disesuaikan untuk kebutuhan
peserta didik, menyediakan alat dan media pembelajaran yang akan digunakan.
Sedangkan dari aspek implementasi pelaksanaan sudah sesuai dengan pembelajaran
tematik integratif, yaitu tidak terlihat pemisahan antar beberapa mata pelajaran yang
dipadukan, dan sudah menggunakan tema dalam setiap pembelajaran yang dilakukan.
3) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum 2013 di MI At-
Thahiriyah Componge Kabupaten Bone yaitu seperti halnya fasilitas sekolah yang
minim, masih minimnya pengetahuan guru atau tenaga pengajar dalam penerapan
kurikulum 2013. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu adanya dukungan warga
sekolah dalam pengimplementasian kurikulum 2013.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dapat dirumuskan beberapa kesimpulan
diantaranya:
1. Persepsi guru kelas tentang pembelajaran tematik terpadu di MI At-Thahiriyah
Componge Kabupaten Bone
yakni melakukan kegiatan pendahuluan yang
dilakukan oleh guru yakni guru mempersiapkan peserta didik untuk belajar, guru
menyampaikan indikator pencapaian KD pembelajaran, guru memotivasi peserta
didik dengan menampilkan gambar yang mengandung permasalahan, guru
membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok, guru mengaitkan pelajaran
sekarang dengan pelajaran sebelumnya, guru memberikan pertanyaan kepada siswa
untuk mengetahui konsep-konsep prasyarat yang sudah dikuasai oleh siswa, cara
guru memotivasi siswa dan guru menyampaikan tujuan pembelajaran (kompetensi
dasar dan indikator).
2. Persepsi guru kelas terhadap pelaksanaan pembelajaran tematik dalam kurikulum
2013 di Madrasah Ibtidayah At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone yakni
cukup baik apabila dipandang dari segi persiapan dan implementasi. Dari aspek
perispakan yang dilakukan yakni menyiapkan dan memahami buku siswa dan buku
guru, membuat RPP dengan beberapa penyesuaian yang disesuaikan untuk
kebutuhan peserta didik, menyediakan alat dan media pembelajaran yang akan
digunakan. Sedangkan dari aspek implementasi pelaksanaan sudah sesuai dengan
pembelajaran tematik integratif, yaitu tidak terlihat pemisahan antar beberapa mata
pelajaran yang dipadukan, dan sudah menggunakan tema dalam setiap
pembelajaran yang dilakukan.
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum 2013 di MI At-
Thahiriyah Componge Kabupaten Bone yaitu seperti halnya fasilitas sekolah yang
minim, masih minimnya pengetahuan guru atau tenaga pengajar dalam penerapan
kurikulum 2013. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu adanya dukungan warga
sekolah dalam pengimplementasian kurikulum 2013.
B. Implikasi
Berdasarkan dari hasil kesimpulaan yang telah dipaparrkan tersebut, maka
kiranya ada beberapa saran yang dapat dijadikan madrasah sebagai bahan untuk lebih
memajukan sekolah adalah sebagai berikut:
1. Proses belajar mengajar yang berdasarkan Kurikulum 2013 khususnya dalam
pembelajaran tematik akan berjalan baik apabila semuanya memahami konsep
pelaksanaannya dengan baik, oleh sebab itu maka perlu kiranya di berikan
pendidikan maupun pelatihan serta penyuluhan tentang Kurikulum 2013 ini baik
dari pihak pemerintah maupun pihak sekolah.
2. Diharapkan semua kekurangan yang ada dijadikan motivasi agar dapat
memperbaiki diri dan mampu mengaplikasikan Kurikulum 2013 pembelajaran
tematik secara maksimal.
Ketersediaan
STAR20210306306/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

306/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top