Implementasi Nilai Dasadarma Pramuka Disiplin, Berani dan Setia dalam Membentuk Karakter Siswa MIN 5 Bone Kecamatan Amali Kabupaten Bone
Harfiana Putri/02.17.5009 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Nilai DasaDarma Pramuka
Disiplin, Berani dan Setia dalam Membentuk Karakter Siswa MIN 5 Bone
Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah
bentuk Implementasi Nilai Dasadarma Pramuka Disiplin, Berani, dan Setia dalam
Membentuk Karakter Siswa di MIN 5 Bone, Tantangan Implementasi Nilai
Dasadarma Pramuka Disiplin, Berani, dan Setia dalam Membentuk Karakter Siswa
di MIN 5 Bone. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan pendekatan paedagogis, psikologis dan sosiologis dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Nilai Dasadarma Pramuka
Disiplin, Bernani, dan Setia membentuk karakter siswa MIN 5 Bone Kecamata Amali
Kabupaten Bone pertama Menggunakan dua bentuk dalam proses
pengimplementasiannya yaitu: bentuk pembinaan dalam ruangan (kelas) dan bentuk
pembinaan luar ruangan (alam terbuka). Bentuk ini telah diimpementasikan oleh
pembina pramuka baik putri maupun putra MIN 5 Bone Kecamatan Amali, akan
tetapi dalam pengimplementasianya masih ada kendala baik itu dari segi pembina,
siswa maupun keadaan.
Kedua, Tantangan implementasi nilai dasadarma pramuka disiplin, berani, dan
setia dalam membentuk karakter siswa di MIN 5 Bone Kecamatan Amali Kabupaten
Bone yaitu adanya Covid 19 tidak memperbolehkan proses penerapan ini berjalan
sesuai jadwal yang telah di tetapkan, adanya keterbatasan prasarana, lingkungan
Madrasah kurang kondusif mengakibatkan siswa kurang fokus pada saat pembinaan
berlangsung dan penggunaan atau pemilihan metode kepramukaan yang sesuai
keinginan peserta didik. Dalam penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan
kontribusi di dunia pendidikan formal, non formal, maupun informal.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan
maka penulis dapat mengemukakan simpulan dan hasil penelitian yang telah
dilakukan, yaitu:
1. Implementasi Nilai dasadarma Pramuka disiplin, bernani, dan setia dalam
membentuk karakter siswa MIN 5 Bone Kecamatan Amali Kabupaten
Bone sudah diimplementasikan dengan baik menggunakan dua bentuk
dalam proses pengimplementasiannya yaitu:bentuk pembinaan dalam
ruangan (kelas) dan bentuk pembinaan luar ruangan (alam terbuka). Bentuk
ini telah diimpementasikan oleh pembina pramuka baik putri maupun putra
MIN 5 Bone Kecamatan Amali, akan tetapi dalam pengimplementasianya
masih ada kendala baik itu dari segi pembina, siswa maupun keadaan.
2. Tantangan implementasi nilai dasadarma pramuka disilin, berani, dan setia
dalam membentuk karakter siswa di MIN 5 Bone Kecamatan Amali
Kabupaten Bone yaitu adanya Covid 19 tidak memperbolehkan proses
penerapan ini berjalan sesuai jadwal yang telah di tetapkan, adanya
keterbatasan prasarana, lingkungan Madrasah kurang kondusif
mengakibatkan siswa kurang fokus pada saat pembinaan berlangsung dan
penggunaan atau pemilihan metode kepramukaan yang sesuai keinginan peserta didik.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini,
maka berikut akan disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat
bermanfaat bagi sekolah MIN 5 Bone, maupun mahasiswa lain yang meneliti
dan berkaitan dengan implementasi nilai dasadarma pramuka disiplin, berani,
dan setia dalam membentuk karakter siswa . Adapun saran-saran yang dapat
diberikan peneliti sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, pembina pramuka putra maupun
putri mampu berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama
dalam melancarkan proses pelaksanaan implementasi nilai dasadarma
pramuka disiplin, berani, dan setia di MIN 5 Bone Kecamatan Amali
Kabupaten Bone.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dunia pendidikan formal, non formal, maupun informal.
Disiplin, Berani dan Setia dalam Membentuk Karakter Siswa MIN 5 Bone
Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah
bentuk Implementasi Nilai Dasadarma Pramuka Disiplin, Berani, dan Setia dalam
Membentuk Karakter Siswa di MIN 5 Bone, Tantangan Implementasi Nilai
Dasadarma Pramuka Disiplin, Berani, dan Setia dalam Membentuk Karakter Siswa
di MIN 5 Bone. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan pendekatan paedagogis, psikologis dan sosiologis dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Nilai Dasadarma Pramuka
Disiplin, Bernani, dan Setia membentuk karakter siswa MIN 5 Bone Kecamata Amali
Kabupaten Bone pertama Menggunakan dua bentuk dalam proses
pengimplementasiannya yaitu: bentuk pembinaan dalam ruangan (kelas) dan bentuk
pembinaan luar ruangan (alam terbuka). Bentuk ini telah diimpementasikan oleh
pembina pramuka baik putri maupun putra MIN 5 Bone Kecamatan Amali, akan
tetapi dalam pengimplementasianya masih ada kendala baik itu dari segi pembina,
siswa maupun keadaan.
Kedua, Tantangan implementasi nilai dasadarma pramuka disiplin, berani, dan
setia dalam membentuk karakter siswa di MIN 5 Bone Kecamatan Amali Kabupaten
Bone yaitu adanya Covid 19 tidak memperbolehkan proses penerapan ini berjalan
sesuai jadwal yang telah di tetapkan, adanya keterbatasan prasarana, lingkungan
Madrasah kurang kondusif mengakibatkan siswa kurang fokus pada saat pembinaan
berlangsung dan penggunaan atau pemilihan metode kepramukaan yang sesuai
keinginan peserta didik. Dalam penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan
kontribusi di dunia pendidikan formal, non formal, maupun informal.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan
maka penulis dapat mengemukakan simpulan dan hasil penelitian yang telah
dilakukan, yaitu:
1. Implementasi Nilai dasadarma Pramuka disiplin, bernani, dan setia dalam
membentuk karakter siswa MIN 5 Bone Kecamatan Amali Kabupaten
Bone sudah diimplementasikan dengan baik menggunakan dua bentuk
dalam proses pengimplementasiannya yaitu:bentuk pembinaan dalam
ruangan (kelas) dan bentuk pembinaan luar ruangan (alam terbuka). Bentuk
ini telah diimpementasikan oleh pembina pramuka baik putri maupun putra
MIN 5 Bone Kecamatan Amali, akan tetapi dalam pengimplementasianya
masih ada kendala baik itu dari segi pembina, siswa maupun keadaan.
2. Tantangan implementasi nilai dasadarma pramuka disilin, berani, dan setia
dalam membentuk karakter siswa di MIN 5 Bone Kecamatan Amali
Kabupaten Bone yaitu adanya Covid 19 tidak memperbolehkan proses
penerapan ini berjalan sesuai jadwal yang telah di tetapkan, adanya
keterbatasan prasarana, lingkungan Madrasah kurang kondusif
mengakibatkan siswa kurang fokus pada saat pembinaan berlangsung dan
penggunaan atau pemilihan metode kepramukaan yang sesuai keinginan peserta didik.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini,
maka berikut akan disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat
bermanfaat bagi sekolah MIN 5 Bone, maupun mahasiswa lain yang meneliti
dan berkaitan dengan implementasi nilai dasadarma pramuka disiplin, berani,
dan setia dalam membentuk karakter siswa . Adapun saran-saran yang dapat
diberikan peneliti sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, pembina pramuka putra maupun
putri mampu berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama
dalam melancarkan proses pelaksanaan implementasi nilai dasadarma
pramuka disiplin, berani, dan setia di MIN 5 Bone Kecamatan Amali
Kabupaten Bone.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dunia pendidikan formal, non formal, maupun informal.
Ketersediaan
| STAR20210003 | 03/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
03/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
