Implementasi Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi di MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone)
Nurfadillah/02.15.3081 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang implementasi manajemen strategik dalam
meningkatkan mutu pendidikan (Studi di MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko
Kab. Bone). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen strategik, mutu
pendidikan, dan implementasi manajemen strategik dalam meningkatkan mutu
pendidikan (Studi di MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone).
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan
metodelibraryresearch (kepustakaan), field research (penelitian lapangan) dengan
melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah
dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian
tentangimplementasi manajemen strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan
(Studi di MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone). Dalam menganalisis
data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, formulasi strategik di MI
Al-Hidayah Mico dilakukan secara kolektif oleh semua stakeholder Madrasah
yang meliputi Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Guru, serta Masyarakat
sekitar. Program-program yang disusun sesuai dengan kebutuhan dan membantu
proses pencapaian tujuan dan sasaran, penganggarannya dilakukan secara
transparan dan proses pengawasan serta pemantauannya dilakukan dengan baik
serta memonitor seluruh hasil kegiatan dari formulasi dan penerapan manajemen
strategik, mengukur kinerja individu dan madrasah kemudian mengambil langkah
perbaikan. Kedua, Mutu pendidikan di MI Al-Hidayah Mico dilaksanakan dengan
baik, baik dari segi peningkatan mutu input, proses maupun outputnya. Hal ini
dibuktikan dengan adanya kerjasama serta adanya proses perencanaan yang
dilakukan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Ketiga, implementasi
manajemen strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan juga sudah
dilaksanakan dengan baik dan terstruktur meskipun belum sepenuhnya maksimal.
Hal ini dibuktikan dengan adanya kerjasama yang baik antara Kepala Madrasah,
Wakil Kepala Madrasah serta Guru dan Masyarakat sekitar. Pemberian motivasi
dan arahan yang baik serta selalu melakukan perbaikan untuk meningkatkan mutu
pendidikan di MI Al-Hidayah Mico.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian dan analisis yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya yang dilakukan oleh peneliti di MI Al-Hidayah Mico Kec.
Salomekko Kab. Bone, maka peneliti menyimpulkan sebagai berikut:
1. Manajemen strategik di MI Al-Hidayah Mico terdiri dari formulasi strategik
dalam yang mencakup beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu perumusan
visi, misi, dan tujuan, analisis lingkungan internal dan eksternal, analisis
pemilihan strategi dan faktor-faktor keberhasilan serta penerapan tujuan,
sasaran dan strategi. Hasil formulasi strategik di MI Al-Hidayah Mico
dilakukan secara kolektif oleh semua stakeholder madrasah, hasil penerapan
manajemen strategik yang dihasilkan di MI Al-Hidayah Mico yaitu program-
program yang disusun sesuai dengan kebutuhan dan membantu proses
pencapaian tujuan dan sasaran serta memonitor seluruh hasil kegiatan dari
formulasi dan penerapan manajemen strategik, mengukur kinerja individu
dan madrasah, serta mengambil langkah perbaikan.
2. Peningkatan mutu pendidikan di MI Al-Hidayah Mico dari segi input yaitu
Memenuhi masukan sumber daya manusia yang baik, Memenuhi kriteria
masukan material dan perangkat lunak pendidikan serta pemberian Mutu
masukan yang berupa harapan dan motivasi. Kemudian dalam hal
peningkatan mutu proses pendidikan maka Kepala Madrasah lebih
menekankan pada seluruh warga sekolah agar mematuhi peraturan tata tertib
agar mampu membangun kedisiplinan dan tidak meninggalkan tanggung
jawab. Dari segi outputnya memberikan kesempatan kepada siswa siswi yag
bersangkutan untuk dikutsertakan dalam lomba baik antar sekolah, tingkat
kecematan, maupun kabupaten serta dilakukan pembinaan kepada siswa
yang akan mengikuti lomba oleh guru yang bersangkutan
3. Implementasi manajemen strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan di
MI Al-Hidayah Mico sangat penting dilakukan dengan tujuan untuk
mencapai mutu yang ingin diraih serta memberikan catatan perbaikan yang
harus dilakukan pada tahap selanjutnya.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud yaitu sebagai berikut:
1. Baik kepala madrasah maupun Wakil Kepala Madrasah diharapkan mampu
melaksanakan secara maksimal dan terstruktur dengan memeperhatikan
masalah-masalah yang ditimbul untuk dapat segera dilakukan perbaikan lebih
lanjut sehingga dapat menciptakan mutu pendidikan yang baik.
2. Kepada tenaga pendidik agar saling bekerjasama untuk membantu kepala
madrasah menjalankan tugasnya karena dengan adanya kerjasama yang baik
dari semua pihak yang bersangkutan akan lebih mudah untuk mencapai tujuan
yang diinginkan.
3. Kepada orang tua dan masyarakat agar menjalin hubungan timbal balik yang
baik sehingga mempermudah pihak sekolah untuk menyampaikan dan
melaksanakan tugasnya dalam meningkatkan mutu pendidikan.
meningkatkan mutu pendidikan (Studi di MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko
Kab. Bone). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen strategik, mutu
pendidikan, dan implementasi manajemen strategik dalam meningkatkan mutu
pendidikan (Studi di MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone).
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan
metodelibraryresearch (kepustakaan), field research (penelitian lapangan) dengan
melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah
dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian
tentangimplementasi manajemen strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan
(Studi di MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone). Dalam menganalisis
data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, formulasi strategik di MI
Al-Hidayah Mico dilakukan secara kolektif oleh semua stakeholder Madrasah
yang meliputi Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Guru, serta Masyarakat
sekitar. Program-program yang disusun sesuai dengan kebutuhan dan membantu
proses pencapaian tujuan dan sasaran, penganggarannya dilakukan secara
transparan dan proses pengawasan serta pemantauannya dilakukan dengan baik
serta memonitor seluruh hasil kegiatan dari formulasi dan penerapan manajemen
strategik, mengukur kinerja individu dan madrasah kemudian mengambil langkah
perbaikan. Kedua, Mutu pendidikan di MI Al-Hidayah Mico dilaksanakan dengan
baik, baik dari segi peningkatan mutu input, proses maupun outputnya. Hal ini
dibuktikan dengan adanya kerjasama serta adanya proses perencanaan yang
dilakukan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Ketiga, implementasi
manajemen strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan juga sudah
dilaksanakan dengan baik dan terstruktur meskipun belum sepenuhnya maksimal.
Hal ini dibuktikan dengan adanya kerjasama yang baik antara Kepala Madrasah,
Wakil Kepala Madrasah serta Guru dan Masyarakat sekitar. Pemberian motivasi
dan arahan yang baik serta selalu melakukan perbaikan untuk meningkatkan mutu
pendidikan di MI Al-Hidayah Mico.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian dan analisis yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya yang dilakukan oleh peneliti di MI Al-Hidayah Mico Kec.
Salomekko Kab. Bone, maka peneliti menyimpulkan sebagai berikut:
1. Manajemen strategik di MI Al-Hidayah Mico terdiri dari formulasi strategik
dalam yang mencakup beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu perumusan
visi, misi, dan tujuan, analisis lingkungan internal dan eksternal, analisis
pemilihan strategi dan faktor-faktor keberhasilan serta penerapan tujuan,
sasaran dan strategi. Hasil formulasi strategik di MI Al-Hidayah Mico
dilakukan secara kolektif oleh semua stakeholder madrasah, hasil penerapan
manajemen strategik yang dihasilkan di MI Al-Hidayah Mico yaitu program-
program yang disusun sesuai dengan kebutuhan dan membantu proses
pencapaian tujuan dan sasaran serta memonitor seluruh hasil kegiatan dari
formulasi dan penerapan manajemen strategik, mengukur kinerja individu
dan madrasah, serta mengambil langkah perbaikan.
2. Peningkatan mutu pendidikan di MI Al-Hidayah Mico dari segi input yaitu
Memenuhi masukan sumber daya manusia yang baik, Memenuhi kriteria
masukan material dan perangkat lunak pendidikan serta pemberian Mutu
masukan yang berupa harapan dan motivasi. Kemudian dalam hal
peningkatan mutu proses pendidikan maka Kepala Madrasah lebih
menekankan pada seluruh warga sekolah agar mematuhi peraturan tata tertib
agar mampu membangun kedisiplinan dan tidak meninggalkan tanggung
jawab. Dari segi outputnya memberikan kesempatan kepada siswa siswi yag
bersangkutan untuk dikutsertakan dalam lomba baik antar sekolah, tingkat
kecematan, maupun kabupaten serta dilakukan pembinaan kepada siswa
yang akan mengikuti lomba oleh guru yang bersangkutan
3. Implementasi manajemen strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan di
MI Al-Hidayah Mico sangat penting dilakukan dengan tujuan untuk
mencapai mutu yang ingin diraih serta memberikan catatan perbaikan yang
harus dilakukan pada tahap selanjutnya.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud yaitu sebagai berikut:
1. Baik kepala madrasah maupun Wakil Kepala Madrasah diharapkan mampu
melaksanakan secara maksimal dan terstruktur dengan memeperhatikan
masalah-masalah yang ditimbul untuk dapat segera dilakukan perbaikan lebih
lanjut sehingga dapat menciptakan mutu pendidikan yang baik.
2. Kepada tenaga pendidik agar saling bekerjasama untuk membantu kepala
madrasah menjalankan tugasnya karena dengan adanya kerjasama yang baik
dari semua pihak yang bersangkutan akan lebih mudah untuk mencapai tujuan
yang diinginkan.
3. Kepada orang tua dan masyarakat agar menjalin hubungan timbal balik yang
baik sehingga mempermudah pihak sekolah untuk menyampaikan dan
melaksanakan tugasnya dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Ketersediaan
| STAR2019138 | 138/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
138/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
