Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 37 Majang Kab. Bone
Nurfaidah/ 02.14.3021 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen dalam
Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 37 Majang Kabupaten Bone”. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen dalam
Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 37 Majang Kabupaten Bone.
Untuk memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan pengumpulan data melalui library research (riset perpustakaan) dan
field research (riset lapangan) dalam pengumpulan datanya menggunakan teknik
obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang
digunakan peneliti yaitu reduksi data, display data dan conclusion
drawing/verification.
Hasil penelitian yang diperoleh, menemukan bahwa fungsi-fungsi manajemen
di SDN 37 Majang telah diterapkan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan
penerapan fungsi-fungsi manajemen di SDN 37 Majang Kabupaten Bone yaitu:
Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, dan Pengawasan oleh kepala sekolah,
guru dan pegawai telah diterapkan dengan baik dalam meningkatkan mutu
pendidikan. Adapun mutu pendidikan di SDN 37 Majang Kabupaten Bone sudah
cukup baik. Hal ini dibuktikan pelaksanaan Input, Proses, dan Output sudah cukup
baik. Dimana dalam proses input kebijakan mutu pendidikan di sesuaikan dengan
visi, misi sekolah yang akan dicapai dan sumber daya di sekolah ini yaitu guru sudah
tersertifikasi, hanya saja masih terdapat dua orang guru yang belum tersertifikasi,
sedangkan dalam prosesnya keefektifan dalam proses belajar dengan mengikuti
jadwal yang telah ditentukan oleh sekolah sebelumnya, dan dalam proses output
sekolah selalu berusaha untuk menciptakan inovasi atau ide-ide dan metode baru
dalam menciptakan tujuan pendidikan. Hanya saja kesiapan sarana prasarananya
belum lengkap seperti tidak adanya musholla. Dan Kontribusi penerapan fungsi-
fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN 37 Majang, dimana
kontribusi fungsi-fungsi manajemen sangat penting dalam meningkatkan mutu
pendidikan, karna dengan adanya fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan maka kegiatan atau tujuan pendidikan
dapat tercapai dengan baik sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan
sebelumnya serta mempermudah dalam mengawasi setiap kegiatan pendidikan
sehingga perencanaan dan pengawasan dapat berjalan dengan baik
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Fungsi-fungsi manajemen di SDN 37 Majang sudah diterapkan dengan baik.
Hal ini dibuktikan dengan penerapan fungsi-fungsi manajemen di SDN 37
Majang Kabupaten Bone yaitu: Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan,
dan Pengawasan oleh kepala sekolah, guru dan pegawai telah diterapkan
dengan baik dalam meningkatkan mutu pendidikan.
2. Mutu pendidikan di SDN 37 Majang Kabupaten Bone sudah cukup baik. Hal
ini dibuktikan pelaksanaan Input, Proses, dan Output sudah cukup baik. Dimana
dalam proses input kebijakan mutu pendidikan disesuaikan dengan visi, misi
sekolah yang akan dicapai dan sumber daya di sekolah ini yaitu guru sudah
tersertifikasi hanya saja masih terdapat dua orang guru yang belum
tersertifikasi, sedangkan dalam prosesnya keefektifan dalam proses belajar
dengan mengikuti jadwal yang telah ditentukan oleh sekolah sebelumnya, dan
dalam proses output sekolah selalu berusaha untuk menciptakan inovasi atau
ide-ide dan metode baru dalam menciptakan tujuan pendidikan. Hanya saja
kesiapan sarana prasarananya belum lengkap seperti tidak adanya musholla.
3. Kontribusi penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu
pendidikan di SDN 37 Majang, dimana kontribusi fungsi-fungsi manajemen
sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan, karna dengan adanya
fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan
dan pengawasan maka kegiatan atau tujuan pendidikan dapat tercapai dengan
baik sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan sebelumnya serta
mempermudah dalam mengawasi setiap kegiatan pendidikan sehingga
perencanaan dan pengawasan dapat berjalan dengan baik.
B. Implikasi
Setelah melakukan penelitian tentang Penerapan fungsi-fungsi manajemen
dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri 37 Majang Kab. Bone maka
saran yang akan peneliti sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Kepala sekolah, guru dan pegawai dalam menerapkan fungsi-fungsi manajemen
lebih ditingkatkan lagi agar tujuan dan perencanaan yang telah dibuat
sebelumnya dapat tercapai dengan baik sehingga serkolah juga mampu
menciptakan siswa-siswi yang berkualitas dan berkarakter.
2. Sekolah dalam hal sarana dan prasarana sekolah hendaknya lebih dilengkapi
lagi seperti alat olahraga yang diperlukan dan mengenai keuangan setidaknya
guru juga harus mencari dana dari luar seperti mengadakan bazar, bukan
sekedar mengharapka dana bantuan dari pemerintah dan pembayaran dari para
siswa, karena dengan melakukan pengumpulan dana, dengan begitu pihak
sekolah akan terbantu dalam hal pembiayaan kebutuhan sekolah terutama
sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar.
Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 37 Majang Kabupaten Bone”. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen dalam
Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 37 Majang Kabupaten Bone.
Untuk memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan pengumpulan data melalui library research (riset perpustakaan) dan
field research (riset lapangan) dalam pengumpulan datanya menggunakan teknik
obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang
digunakan peneliti yaitu reduksi data, display data dan conclusion
drawing/verification.
Hasil penelitian yang diperoleh, menemukan bahwa fungsi-fungsi manajemen
di SDN 37 Majang telah diterapkan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan
penerapan fungsi-fungsi manajemen di SDN 37 Majang Kabupaten Bone yaitu:
Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, dan Pengawasan oleh kepala sekolah,
guru dan pegawai telah diterapkan dengan baik dalam meningkatkan mutu
pendidikan. Adapun mutu pendidikan di SDN 37 Majang Kabupaten Bone sudah
cukup baik. Hal ini dibuktikan pelaksanaan Input, Proses, dan Output sudah cukup
baik. Dimana dalam proses input kebijakan mutu pendidikan di sesuaikan dengan
visi, misi sekolah yang akan dicapai dan sumber daya di sekolah ini yaitu guru sudah
tersertifikasi, hanya saja masih terdapat dua orang guru yang belum tersertifikasi,
sedangkan dalam prosesnya keefektifan dalam proses belajar dengan mengikuti
jadwal yang telah ditentukan oleh sekolah sebelumnya, dan dalam proses output
sekolah selalu berusaha untuk menciptakan inovasi atau ide-ide dan metode baru
dalam menciptakan tujuan pendidikan. Hanya saja kesiapan sarana prasarananya
belum lengkap seperti tidak adanya musholla. Dan Kontribusi penerapan fungsi-
fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN 37 Majang, dimana
kontribusi fungsi-fungsi manajemen sangat penting dalam meningkatkan mutu
pendidikan, karna dengan adanya fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan maka kegiatan atau tujuan pendidikan
dapat tercapai dengan baik sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan
sebelumnya serta mempermudah dalam mengawasi setiap kegiatan pendidikan
sehingga perencanaan dan pengawasan dapat berjalan dengan baik
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Fungsi-fungsi manajemen di SDN 37 Majang sudah diterapkan dengan baik.
Hal ini dibuktikan dengan penerapan fungsi-fungsi manajemen di SDN 37
Majang Kabupaten Bone yaitu: Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan,
dan Pengawasan oleh kepala sekolah, guru dan pegawai telah diterapkan
dengan baik dalam meningkatkan mutu pendidikan.
2. Mutu pendidikan di SDN 37 Majang Kabupaten Bone sudah cukup baik. Hal
ini dibuktikan pelaksanaan Input, Proses, dan Output sudah cukup baik. Dimana
dalam proses input kebijakan mutu pendidikan disesuaikan dengan visi, misi
sekolah yang akan dicapai dan sumber daya di sekolah ini yaitu guru sudah
tersertifikasi hanya saja masih terdapat dua orang guru yang belum
tersertifikasi, sedangkan dalam prosesnya keefektifan dalam proses belajar
dengan mengikuti jadwal yang telah ditentukan oleh sekolah sebelumnya, dan
dalam proses output sekolah selalu berusaha untuk menciptakan inovasi atau
ide-ide dan metode baru dalam menciptakan tujuan pendidikan. Hanya saja
kesiapan sarana prasarananya belum lengkap seperti tidak adanya musholla.
3. Kontribusi penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu
pendidikan di SDN 37 Majang, dimana kontribusi fungsi-fungsi manajemen
sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan, karna dengan adanya
fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan
dan pengawasan maka kegiatan atau tujuan pendidikan dapat tercapai dengan
baik sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan sebelumnya serta
mempermudah dalam mengawasi setiap kegiatan pendidikan sehingga
perencanaan dan pengawasan dapat berjalan dengan baik.
B. Implikasi
Setelah melakukan penelitian tentang Penerapan fungsi-fungsi manajemen
dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri 37 Majang Kab. Bone maka
saran yang akan peneliti sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Kepala sekolah, guru dan pegawai dalam menerapkan fungsi-fungsi manajemen
lebih ditingkatkan lagi agar tujuan dan perencanaan yang telah dibuat
sebelumnya dapat tercapai dengan baik sehingga serkolah juga mampu
menciptakan siswa-siswi yang berkualitas dan berkarakter.
2. Sekolah dalam hal sarana dan prasarana sekolah hendaknya lebih dilengkapi
lagi seperti alat olahraga yang diperlukan dan mengenai keuangan setidaknya
guru juga harus mencari dana dari luar seperti mengadakan bazar, bukan
sekedar mengharapka dana bantuan dari pemerintah dan pembayaran dari para
siswa, karena dengan melakukan pengumpulan dana, dengan begitu pihak
sekolah akan terbantu dalam hal pembiayaan kebutuhan sekolah terutama
sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar.
Ketersediaan
| STAR20180229 | 229/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
229/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
