Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Sifat Menghargai Orang Lain Pada Siswa MA. Ar-Rahman Kaju Kecamatan. Sibulue Kabupaten. Bone.
Muh. Idris/02.16.1124 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan
Sifat
Menghargai
Orang
Lain
pada
Siswa
di
MA.
Ar-Rahman
Kaju
Kecamatan.Sibulue Kabupaten.
Bone”.
Tujuan penelitian ini adalah
untuk
mengetahui Strategi guru Akidah Akhlak MA. Ar-Rahman Kaju Kecamatan. Sibulue
Kabupaten. Bone. Untuk mengetahui upaya guru Akidah Akhlak dalam menanamkan
sifat menghargai orang lain pada siswa MA. Ar-Rahman Kaju Kecamatan. Sibulue
Kabupaten. Bone. Untuk mengetahui strategi kontribusi guru Akidah Akhlak dalam
menanamkan sifat menghargai orang lain pada siswa MA. Ar-Rahman Kaju
Kecamatan. Sibulue Kabupaten. Bone.
Metode penelitian yang digunakan adalah
Deskriptif Kualitatif
dengan
menggunakan pendekatan paedagogis, psikologis dan teologis normatif, adapun
teknik pengumpulan data yang digunakan
berupa
teknik
wawancara, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif
terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Strategi guru Akidah Akhlak MA.
Ar-Rahman Kaju Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. yakni menggunakan Strategi
penyampaian (exposition), menyampaikan materi dengan metode caramah, strategi
penemuan (discovery) menyampaikan materi melalui pemberian tugas siswa sendiri
yang mencari dan menemukan solusi dari permasalahan yang ada, strategi kelompok
(group) menyampaikan materi dengan metode diskusi, strategi individu (individual)
guru menerapkan metode resitasi/penugasan berupa rangkuman menurut pemahaman
siswa dan dikerjakan secara individu. 2) Upaya guru Akidah Akhlak menanamkan
sifat menghargai orang lain pada siswa MA. Ar-Rahman Kaju Kecamatan. Sibulue
Kabupaten. Bone, yaitu dengan penerapan metode teladan melalui pemberian contoh
dari guru kepada siswa. Metode hukuman yang bersifat mendidik. Metode perhatian,
memberikan perhatian agar dapat mengikuti perkembangan akhlak siswa. Metode
nasihat memberikan nasihat lemah lembut dan menyenangkan. 3) Kontribusi strategi
guru Akidah Akhlak dalam menanamkan sifat menghargai orang lain pada siswa MA.
Ar-Rahman Kaju Kecamatan. Sibulue Kabupaten Bone. Yaitu dengan strategi
penyampaian, penemuan, kelompok dan individu yang dilakukan oleh guru Akidah
Akhlak dan penerapan metode teladan, perhatian, hukuman dan nasihat. Serta
mengingatkan berdoa, mengucapkan salam, menanamkan sopan santun, bertutur kata
yang baik, senantiasa memiliki sifat pemaaf dan mengajarkan akhlak yang baik
didalam maupun diluar sekolah. Strategi dan metode yang digunakan guru MA. Ar-
Rahman Kaju telah berkontribusi dalam pemahaman belajar dan membina akhlak
siswa khususnya dalam hal menghargai orang lain, sehingga dapat memberikan
manfaat kepada siswa itu sendiri, melalui bentuk-bentuk strategi pembelajaran dan
upaya pembinaan akhlak siswa menanamkan sifat menghargai orang lain menjadi
lebih baik.
A.
Simpulan
Kesimpulan dari penelitain ini yang telah diteliti yang berjudul Strategi Guru
Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Sifat Menghargai Orang Lain Pada Siswa MA.
Ar-Rahman Kaju Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone yaitu:
1. Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru Akidah Akhlak MA. Ar-
Rahman Kaju Kec. Sibulue Kab.Bone dalam meningkatkan pemahaman belajar
siswa, yaitu strategi penyampaian (exposition ) menyampaikan materi melalui
metode ceramah. Strategi penemuan (discovery) menyampaikan materi melalui
pemberian tugas, siswa mencari dan menemukan solusi dari permasalahan
tersebut. Strategi kelompok (group) menyampaikan materi melalui metode
diskusi. Strategi individu (individual) dengan menerapkan metode
resitasi/penugasan berupa rangkuman menurut pemahaman siswa dan dikerjakan
secara individu.
2. Upaya guru Akidah Akhlak dalam menanamkan sifat menghargai orang lain
pada siswa MA. Ar-Rahman Kaju Kec. Sibulue Kab. Bone yaitu menggunakan
metode teladan, perhatian, hukuman dan nasihat. metode teladan ialah pemberian
contoh dari guru kesiswa. Metode perhatian ialah guru memberikan perhatian
pada siswa agar dapat mengikuti perkembangan akhlak siswa. Metode hukuman
ialah hukuman yang diberikan bersifat mendidik. Dan metode nasihat ialah guru
memberikan nasihat menyenangkan dan lemah lembut.
3. Strategi dan metode guru Akidah Akhlak telah berkontribusi dalam menanamkan
sifat menghargai orang lain pada siswa MA. Ar-Rahman Kaju kec. Sibulue Kab.
Bone. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan siswa sudah mulai belajar disiplin,
bersikap jujur, sopan santun, menghargai orang lain, tolong menolong dan akhlak
terpuji lainnya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran. Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Diharapkan bagi kepala sekolah, guru, staf dan komite sekolah dapat
berpartisipasi serta aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam melakukan
pembinaan untuk meningkatkan akhlak siswa khususnya menghargai orang lain
menjadi lebih baik lagi.
2. Diharapkan kepada guru Akidah Akhlak hendaknya tetap melaksanakan tugas
dan tanggungjawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan akhlaksiswa.
3. Bagi Siswa
a. Rajin belajar, baik di sekolah maupun di rumah.
b. Dalam proses pembelajaran siswa harus lebih berani, aktif, selalu
mendengarkan dengan serius apa yang disampaikan oleh guru, sehigga
mampu bersaing dengan teman-temannya untuk memperoleh nilai terbaik
dalam pembelajaran.
c. Tidak boleh rebut dan tidak boleh bermain ketika proses pembelajaran sedang
berlangsung.
4. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi didalam
dunia pendidikan formal, nonformal maupun pendidikan informal.
Sifat
Menghargai
Orang
Lain
pada
Siswa
di
MA.
Ar-Rahman
Kaju
Kecamatan.Sibulue Kabupaten.
Bone”.
Tujuan penelitian ini adalah
untuk
mengetahui Strategi guru Akidah Akhlak MA. Ar-Rahman Kaju Kecamatan. Sibulue
Kabupaten. Bone. Untuk mengetahui upaya guru Akidah Akhlak dalam menanamkan
sifat menghargai orang lain pada siswa MA. Ar-Rahman Kaju Kecamatan. Sibulue
Kabupaten. Bone. Untuk mengetahui strategi kontribusi guru Akidah Akhlak dalam
menanamkan sifat menghargai orang lain pada siswa MA. Ar-Rahman Kaju
Kecamatan. Sibulue Kabupaten. Bone.
Metode penelitian yang digunakan adalah
Deskriptif Kualitatif
dengan
menggunakan pendekatan paedagogis, psikologis dan teologis normatif, adapun
teknik pengumpulan data yang digunakan
berupa
teknik
wawancara, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif
terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Strategi guru Akidah Akhlak MA.
Ar-Rahman Kaju Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. yakni menggunakan Strategi
penyampaian (exposition), menyampaikan materi dengan metode caramah, strategi
penemuan (discovery) menyampaikan materi melalui pemberian tugas siswa sendiri
yang mencari dan menemukan solusi dari permasalahan yang ada, strategi kelompok
(group) menyampaikan materi dengan metode diskusi, strategi individu (individual)
guru menerapkan metode resitasi/penugasan berupa rangkuman menurut pemahaman
siswa dan dikerjakan secara individu. 2) Upaya guru Akidah Akhlak menanamkan
sifat menghargai orang lain pada siswa MA. Ar-Rahman Kaju Kecamatan. Sibulue
Kabupaten. Bone, yaitu dengan penerapan metode teladan melalui pemberian contoh
dari guru kepada siswa. Metode hukuman yang bersifat mendidik. Metode perhatian,
memberikan perhatian agar dapat mengikuti perkembangan akhlak siswa. Metode
nasihat memberikan nasihat lemah lembut dan menyenangkan. 3) Kontribusi strategi
guru Akidah Akhlak dalam menanamkan sifat menghargai orang lain pada siswa MA.
Ar-Rahman Kaju Kecamatan. Sibulue Kabupaten Bone. Yaitu dengan strategi
penyampaian, penemuan, kelompok dan individu yang dilakukan oleh guru Akidah
Akhlak dan penerapan metode teladan, perhatian, hukuman dan nasihat. Serta
mengingatkan berdoa, mengucapkan salam, menanamkan sopan santun, bertutur kata
yang baik, senantiasa memiliki sifat pemaaf dan mengajarkan akhlak yang baik
didalam maupun diluar sekolah. Strategi dan metode yang digunakan guru MA. Ar-
Rahman Kaju telah berkontribusi dalam pemahaman belajar dan membina akhlak
siswa khususnya dalam hal menghargai orang lain, sehingga dapat memberikan
manfaat kepada siswa itu sendiri, melalui bentuk-bentuk strategi pembelajaran dan
upaya pembinaan akhlak siswa menanamkan sifat menghargai orang lain menjadi
lebih baik.
A.
Simpulan
Kesimpulan dari penelitain ini yang telah diteliti yang berjudul Strategi Guru
Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Sifat Menghargai Orang Lain Pada Siswa MA.
Ar-Rahman Kaju Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone yaitu:
1. Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru Akidah Akhlak MA. Ar-
Rahman Kaju Kec. Sibulue Kab.Bone dalam meningkatkan pemahaman belajar
siswa, yaitu strategi penyampaian (exposition ) menyampaikan materi melalui
metode ceramah. Strategi penemuan (discovery) menyampaikan materi melalui
pemberian tugas, siswa mencari dan menemukan solusi dari permasalahan
tersebut. Strategi kelompok (group) menyampaikan materi melalui metode
diskusi. Strategi individu (individual) dengan menerapkan metode
resitasi/penugasan berupa rangkuman menurut pemahaman siswa dan dikerjakan
secara individu.
2. Upaya guru Akidah Akhlak dalam menanamkan sifat menghargai orang lain
pada siswa MA. Ar-Rahman Kaju Kec. Sibulue Kab. Bone yaitu menggunakan
metode teladan, perhatian, hukuman dan nasihat. metode teladan ialah pemberian
contoh dari guru kesiswa. Metode perhatian ialah guru memberikan perhatian
pada siswa agar dapat mengikuti perkembangan akhlak siswa. Metode hukuman
ialah hukuman yang diberikan bersifat mendidik. Dan metode nasihat ialah guru
memberikan nasihat menyenangkan dan lemah lembut.
3. Strategi dan metode guru Akidah Akhlak telah berkontribusi dalam menanamkan
sifat menghargai orang lain pada siswa MA. Ar-Rahman Kaju kec. Sibulue Kab.
Bone. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan siswa sudah mulai belajar disiplin,
bersikap jujur, sopan santun, menghargai orang lain, tolong menolong dan akhlak
terpuji lainnya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran. Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Diharapkan bagi kepala sekolah, guru, staf dan komite sekolah dapat
berpartisipasi serta aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam melakukan
pembinaan untuk meningkatkan akhlak siswa khususnya menghargai orang lain
menjadi lebih baik lagi.
2. Diharapkan kepada guru Akidah Akhlak hendaknya tetap melaksanakan tugas
dan tanggungjawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan akhlaksiswa.
3. Bagi Siswa
a. Rajin belajar, baik di sekolah maupun di rumah.
b. Dalam proses pembelajaran siswa harus lebih berani, aktif, selalu
mendengarkan dengan serius apa yang disampaikan oleh guru, sehigga
mampu bersaing dengan teman-temannya untuk memperoleh nilai terbaik
dalam pembelajaran.
c. Tidak boleh rebut dan tidak boleh bermain ketika proses pembelajaran sedang
berlangsung.
4. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi didalam
dunia pendidikan formal, nonformal maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
| STAR20200222 | 222/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
222/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
