Penerapan metode bercerita dalam penanaman nilai-nilai Agama Islam pada anak usia pra sekolah di TK Ummul Mukminin Welalangnge Kelurahan Bulu Tempe Kabupaten Bone
Salwana/02.12.1095 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pelaksanaan dan dampakrnmetode bercerita dalam penanaman nilai-nilai agama Islam di TK Ummul MukmininrnWelalange Kelurahan Bulu Tempe.rnUntuk memperoleh jawaban terhadap masalah tersebut maka, penulisrnmenggunakan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Pendekatan yangrndigunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan teologis normatif, pendekatanrnpaedagogik, pendekatan psikologis, dan pendekatan Sosiologis. Pengolahan datarnsecara kualitatif serta teknik analisis data yang penulis gunakan dengan teknikrnanalisis yang terstruktur.rnHasil penelitian menerangkan bahwa bentuk pelaksanaan metode berceritarndalam penanaman nilai-nilai agama Islam di TK Ummul Mukminin WelalangernKelurahan Bulu Tempe menunjukan bahwa guru TK Ummul Mukminin berhasilrnmenggunakan metode cerita dengan baik, karena guru mengemas cerita dengan penuhrnkesan sehingga perhatian siswa terfokus pada cerita yang dibacakan dan anak didikrnterlihat antusias, serta mereka dapat menangkap pesan-pesan moral setelahrnmendengarkan cerita dari gurunya, sedangkan dampaknya, memiliki dampak positif.rnHal ini dibuktikan dengan melihat 1) dengan bercerita dapat melatih daya pikir danrnkemampuan menganalisis anak didik, 2) membantu menyalurkan kebutuhan imajinasirndan fantasi anak didik serta dapat memberikan sejumlah pengetahuan sosial, nilainilairnmoral, dan keagamaan, dan 3) kegiatan bercerita dapat memberikan pengalamanrnbelajar yang unik dan menarik, serta dapat menggetarkan perasaan, membangkitkanrnsemangat dan menimbulkan keasyikan tersendiri bagi anak didik dalam proses belajarrnmengajar.rnMetode bercerita dalam penanaman nilai-nilai agama Islam di TK UmmulrnMukminin memiliki implikasi yang sangat besar terhadap pemahaman anak didikrnuntuk mengetahui dan mengaplikasikan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehariharirnmereka. Hal ini dibuktikan dengan melihat adanya perubahan sikap pada dirirnanak didik menjadi lebih baik dan terarah.rn
Ketersediaan
| ST20160184 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
184/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
