Urgensi penerapan full day school dalam meningkatkan karakter peduli sosial siswa kelas XI SMAN 3 Bone
Nurfadhilah Nur/02.16.1074 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Urgensi penerapan full day school dalam
meningkatkan karakter peduli sosial siswa kelas XI SMAN 3 Bone”. Hal yang penting
dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana penerapan full day school di SMAN 3 Bone,
bagaimana karakter peduli sosial siswa kelas XI SMAN 3 Bone dan bagaimana
kontribusi full day school dalam meningkatkan karakter peduli sosial siswa kelas XI
SMAN 3 Bone. Hal yang ingin dicapai dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui
tentang penerapan full day school di SMAN 3 Bone, karakter peduli sosial siswa
kelas XI SMAN 3 Bone dan kontribusi full day school dalam meningkatkan karakter
peduli sosial siswa kelas XI SMAN 3 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitative research). Data dianalisis dengan
metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya
dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang
selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan full day school di
SMAN 3 Bone atas dasar peraturan Mendikbud, Dalam penerapannya terdapat
beberapa keungggulan dibanding dengan sekolah biasa diantaranya dapat
mengoptimalisasi pemanfaatan waktu, Intensif menggali dan mengembangkan bakat,
focus dalam belajar dan anak terkontrol dengan baik. Kedua, karakter peduli sosial
siswa kelas XI SMAN 3 Bone menunjukkan bahwa siswa sudah memiliki karakter
khususnya karakter peduli sosial karena perilaku pembiasaan dan ikut serta kegiatan
atau aksi sosial baik di rumah, sekolah maupun di masyarakat. Ketiga, full day school
telah berkontribusi banyak dalam meningkatkan karakter peduli sosial siswa kelas XI
SMAN 3 Bone melalui strategi pendidikan karakter yaitu Pengajaran, penguatan,
keteladanan dan pembiasaan hal tersebut dibuktikan dengan sikap peduli sosial yang
mereka miliki Sehingga mereka saling berempati.
A. Simpulan
Berdasarkan deskripsi dan pembahasan data hasil penelitian tentang judul
“Urgensi penerapan full day school dalam meningkatkan karakter peduli sosial siswa
kelas XI SMAN 3 Bone”, dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan full day school dilaksanakan di SMAN 3 bone atas dasar Peraturan
kemendikbud, dalam penerapannya terdapat beberapa keunggulan diantaranya
dapat
mengoptimalisasi
pemanfaatn
waktu,
Intensif
menggali
dan
mengembangkan bakat, focus dalam belajar dan anak terkontrol dengan baik
2. Karakter peduli sosial siswa kelas XI SMAN 3 Bone menunjukkan bahwa
siswa sudah memiliki karakter khususnya karakter peduli sosial karena perilaku
pembiasaan dan ikut serta kegiatan atau aksi sosial baik di rumah, sekolah
maupun di masyarakat.
3. Full day school telah berkontribusi dalam meningkatkan karakter peduli sosial
siswa kelas XI SMAN 3 Bone. Ada banyak perubahan-perubahan yang secara
perlahan dimunculkan oleh para siswa terkait dengan karakter peduli sosial.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan hasilnya,
menyarankan bahwa:
1. Kepada Sekolah untuk tetap menjalankan sistem full day school karena sistem
ini diminati oleh guru, siswa, orang tua dan masyarakat
2. Adanya skripsi ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi
guru dan kepada pihak yang terkait menindaklanjuti dengan memberikan
penyuluhan kepada Guru, siswa, orang tua untuk lebih mempertahankan dan
meningkatkan karakater peduli sosial terhadap sesama
meningkatkan karakter peduli sosial siswa kelas XI SMAN 3 Bone”. Hal yang penting
dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana penerapan full day school di SMAN 3 Bone,
bagaimana karakter peduli sosial siswa kelas XI SMAN 3 Bone dan bagaimana
kontribusi full day school dalam meningkatkan karakter peduli sosial siswa kelas XI
SMAN 3 Bone. Hal yang ingin dicapai dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui
tentang penerapan full day school di SMAN 3 Bone, karakter peduli sosial siswa
kelas XI SMAN 3 Bone dan kontribusi full day school dalam meningkatkan karakter
peduli sosial siswa kelas XI SMAN 3 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitative research). Data dianalisis dengan
metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya
dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang
selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan full day school di
SMAN 3 Bone atas dasar peraturan Mendikbud, Dalam penerapannya terdapat
beberapa keungggulan dibanding dengan sekolah biasa diantaranya dapat
mengoptimalisasi pemanfaatan waktu, Intensif menggali dan mengembangkan bakat,
focus dalam belajar dan anak terkontrol dengan baik. Kedua, karakter peduli sosial
siswa kelas XI SMAN 3 Bone menunjukkan bahwa siswa sudah memiliki karakter
khususnya karakter peduli sosial karena perilaku pembiasaan dan ikut serta kegiatan
atau aksi sosial baik di rumah, sekolah maupun di masyarakat. Ketiga, full day school
telah berkontribusi banyak dalam meningkatkan karakter peduli sosial siswa kelas XI
SMAN 3 Bone melalui strategi pendidikan karakter yaitu Pengajaran, penguatan,
keteladanan dan pembiasaan hal tersebut dibuktikan dengan sikap peduli sosial yang
mereka miliki Sehingga mereka saling berempati.
A. Simpulan
Berdasarkan deskripsi dan pembahasan data hasil penelitian tentang judul
“Urgensi penerapan full day school dalam meningkatkan karakter peduli sosial siswa
kelas XI SMAN 3 Bone”, dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan full day school dilaksanakan di SMAN 3 bone atas dasar Peraturan
kemendikbud, dalam penerapannya terdapat beberapa keunggulan diantaranya
dapat
mengoptimalisasi
pemanfaatn
waktu,
Intensif
menggali
dan
mengembangkan bakat, focus dalam belajar dan anak terkontrol dengan baik
2. Karakter peduli sosial siswa kelas XI SMAN 3 Bone menunjukkan bahwa
siswa sudah memiliki karakter khususnya karakter peduli sosial karena perilaku
pembiasaan dan ikut serta kegiatan atau aksi sosial baik di rumah, sekolah
maupun di masyarakat.
3. Full day school telah berkontribusi dalam meningkatkan karakter peduli sosial
siswa kelas XI SMAN 3 Bone. Ada banyak perubahan-perubahan yang secara
perlahan dimunculkan oleh para siswa terkait dengan karakter peduli sosial.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan hasilnya,
menyarankan bahwa:
1. Kepada Sekolah untuk tetap menjalankan sistem full day school karena sistem
ini diminati oleh guru, siswa, orang tua dan masyarakat
2. Adanya skripsi ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi
guru dan kepada pihak yang terkait menindaklanjuti dengan memberikan
penyuluhan kepada Guru, siswa, orang tua untuk lebih mempertahankan dan
meningkatkan karakater peduli sosial terhadap sesama
Ketersediaan
| STAR20200179 | 179/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
179/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
