Pembelajaran Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Media Poster Bergambar Di Ra Al- Mujahidin Kabupaten Bone
Anisya Ramadanty/02.17.6007 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah 1) unuk mengetahui proses pembelajaran
kemampuan mengenal angka 1-10 melalui media poster bergambar di RA Al-
Mujahidin Kabupaten Bone. 2) untuk mengetahui kemampuan anak dalam mengenal
angka 1-10 melalui media permainan poster bergambar di RA Al-Mujahidin
Kabupaten Bone.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan pendekatan paedagogik dan psikologis, untuk memperoleh data yang
dinginkan menggunakan data primer dan sekunder. Selanjutnya dianalisis dengan
cara: 1. Mereduksi data, 2. Mendeskripsikan data, 3. Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dalam
mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10 melalui media poster
bergambar di RA Al-Mujahidin Kabupaten Bone yaitu: 1. Kegiatan Awal, 2.
Kegiatan Inti, 3. Kegiatan Penutup. Pada proses pembelajaran ini dilakukan untuk
meningkatkan aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, sosial emosional, bahasa,
dan khususnya perkembangan pada aspek kogntif dengan memberikan pengalam
belajar yang menyenangkan. Adapun untuk mengetahui kemampuan anak dalam
mengenal angka 1-10 melalui media permainan poster bergambar di RA Al-
Mujahidin Kabupaten Bone, ada beberapa tahapan yaitu: 1. Mengenal konsep
Lambang Bilangan, 2. Menyebutkan Bilangan Angka 1-10, 3. Membilang dengan
benda 1-10. Pada tahapan mengenal angka 1-10 ini, menjadikan anak mengenal
angka 1-10 secara bertahap dan menggunakan media poster bergambar ini dapat
memudahkan anak untuk mengenal lambang bilangan serta mempersiapkan
pengetahuan konsep dasar matematika anak menuju pendidikan selanjutnya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran
kemampuan mengenal angka 1-10 melalui media poster bergambar di RA Al-
Mujahidin dilakukan sama seperti proses pembelajaran biasanya yaitu dimulai dengan
kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup, dimana pada proses pembelajaran
melibatkan guru dan siswa secara langsung. Kemampuan anak dalam mengenal
angka 1-10 melalui media poster bergambar ini memiliki pengaruh yang sangat baik
dalam perkembangan anak. Anak-anak yang sebelumnya belum mampu mengenal
angka 1-10 dengan baik menjadi meningkat setelah pembelajaran ini.
A. Simpulan
Pembelajaran kemampuan anak usia dini mengenal angka 1-10 melalui
media poster bergambar di RA Al-Mujahidin.
1. Proses pembelajaran melibatkan guru dan anak secara langsung. Proses
pembelajarn dimulai pada kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
Pada kegiatan awal, guru akan mempersiapkan anak untuk mengikuti
pembelajaran pada kegiatan inti dengan berdoa, membaca surah pendek, dan
mengetahui kemampuan awal anak sebelum meulai pembelajaran. Pada kegiatn
inti, guru memberikan pembelajaran mengenal angka 1-10 melalui media poster
bergambar untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal angka. Dan
pada kegiatan akhir, guru mengingatkan kembali tentang pembelajaran hari ini
dan melihat kemampuan akhir anak setelah melakukan pembelajaran.
2. Adapun yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran kemampuan
mengenal angka 1-10 melalui media poster bergambar yaitu pemahaman tentang
kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan angka 1-10, menyebutkan
lambang bilangan angka 1-10, dan membilang dengan benda 1-10. Dari keenam
anak yang peneliti teliti, melalui media poster bergambar ini anak mampu
mengembangkan kemampuan mengenal angka 1-10.
Selama pandemi anak yang datang ke sekolah diarahkan untuk tetap
mematuhi protokol kesehatan selama pembelajaran berlangsung, mulai dari mencuci
tangan, memakai masker, dan menjaga jarak selama proses pembelajaran
berlangsung. Pada proses pembelajaran selama disekolah anak tidak hanya diberikan
kegiatan untuk mengembangkan kognitifnya, tetapi juga melakukan kegiatan yang
diberikan untuk mengembangkan aspek nilai agama dan moral, sosial emosional,
bahasa dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran
kemampuan mengenal angka 1-10 melalui media poster bergambar di RA Al-
Mujahidin. Sebagai dasar untuk anak dalam mengenal pembelajaran matematika di
pendidikan dasar. Pembelajaran kemampuan mengenal angka 1-10 melalui media
poster bergambar di RA Al-Mujahidin sangat mempengaruhi kemampuan anak dalam
mengembangkan kemampuan koginitifnya dalam bidang matematika, membantu
anak dalam berfikir, dan memecahkan masalah.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Setiap anak memiliki pemahaman yang berbeda oleh karena itu pendidik harus
mengetahui sampai mana anak itu memahami tetang kemampuan mengenal angka
1-10 melalui media poster bergambar di RA Al-Mujahidin agar memudahkan
anak untuk mengembangkan kemampuannya. Selain itu pada proses
pembelajaran, sebaiknya guru juga mengajak anak bernyanyi bersama tentang
angka, untuk memudahkan anak lebih memahami konsep angka 1-10.
2. Dalam perkembangan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui media poster
bergambar di RA Al-Mujahidin sangat dipengaruhi oleh media yang digunakan.
Oleh karena itu, penggunaan media perlu adanya variasi agar tidak monoton
secara visual.
kemampuan mengenal angka 1-10 melalui media poster bergambar di RA Al-
Mujahidin Kabupaten Bone. 2) untuk mengetahui kemampuan anak dalam mengenal
angka 1-10 melalui media permainan poster bergambar di RA Al-Mujahidin
Kabupaten Bone.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan pendekatan paedagogik dan psikologis, untuk memperoleh data yang
dinginkan menggunakan data primer dan sekunder. Selanjutnya dianalisis dengan
cara: 1. Mereduksi data, 2. Mendeskripsikan data, 3. Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dalam
mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10 melalui media poster
bergambar di RA Al-Mujahidin Kabupaten Bone yaitu: 1. Kegiatan Awal, 2.
Kegiatan Inti, 3. Kegiatan Penutup. Pada proses pembelajaran ini dilakukan untuk
meningkatkan aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, sosial emosional, bahasa,
dan khususnya perkembangan pada aspek kogntif dengan memberikan pengalam
belajar yang menyenangkan. Adapun untuk mengetahui kemampuan anak dalam
mengenal angka 1-10 melalui media permainan poster bergambar di RA Al-
Mujahidin Kabupaten Bone, ada beberapa tahapan yaitu: 1. Mengenal konsep
Lambang Bilangan, 2. Menyebutkan Bilangan Angka 1-10, 3. Membilang dengan
benda 1-10. Pada tahapan mengenal angka 1-10 ini, menjadikan anak mengenal
angka 1-10 secara bertahap dan menggunakan media poster bergambar ini dapat
memudahkan anak untuk mengenal lambang bilangan serta mempersiapkan
pengetahuan konsep dasar matematika anak menuju pendidikan selanjutnya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran
kemampuan mengenal angka 1-10 melalui media poster bergambar di RA Al-
Mujahidin dilakukan sama seperti proses pembelajaran biasanya yaitu dimulai dengan
kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup, dimana pada proses pembelajaran
melibatkan guru dan siswa secara langsung. Kemampuan anak dalam mengenal
angka 1-10 melalui media poster bergambar ini memiliki pengaruh yang sangat baik
dalam perkembangan anak. Anak-anak yang sebelumnya belum mampu mengenal
angka 1-10 dengan baik menjadi meningkat setelah pembelajaran ini.
A. Simpulan
Pembelajaran kemampuan anak usia dini mengenal angka 1-10 melalui
media poster bergambar di RA Al-Mujahidin.
1. Proses pembelajaran melibatkan guru dan anak secara langsung. Proses
pembelajarn dimulai pada kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
Pada kegiatan awal, guru akan mempersiapkan anak untuk mengikuti
pembelajaran pada kegiatan inti dengan berdoa, membaca surah pendek, dan
mengetahui kemampuan awal anak sebelum meulai pembelajaran. Pada kegiatn
inti, guru memberikan pembelajaran mengenal angka 1-10 melalui media poster
bergambar untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal angka. Dan
pada kegiatan akhir, guru mengingatkan kembali tentang pembelajaran hari ini
dan melihat kemampuan akhir anak setelah melakukan pembelajaran.
2. Adapun yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran kemampuan
mengenal angka 1-10 melalui media poster bergambar yaitu pemahaman tentang
kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan angka 1-10, menyebutkan
lambang bilangan angka 1-10, dan membilang dengan benda 1-10. Dari keenam
anak yang peneliti teliti, melalui media poster bergambar ini anak mampu
mengembangkan kemampuan mengenal angka 1-10.
Selama pandemi anak yang datang ke sekolah diarahkan untuk tetap
mematuhi protokol kesehatan selama pembelajaran berlangsung, mulai dari mencuci
tangan, memakai masker, dan menjaga jarak selama proses pembelajaran
berlangsung. Pada proses pembelajaran selama disekolah anak tidak hanya diberikan
kegiatan untuk mengembangkan kognitifnya, tetapi juga melakukan kegiatan yang
diberikan untuk mengembangkan aspek nilai agama dan moral, sosial emosional,
bahasa dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran
kemampuan mengenal angka 1-10 melalui media poster bergambar di RA Al-
Mujahidin. Sebagai dasar untuk anak dalam mengenal pembelajaran matematika di
pendidikan dasar. Pembelajaran kemampuan mengenal angka 1-10 melalui media
poster bergambar di RA Al-Mujahidin sangat mempengaruhi kemampuan anak dalam
mengembangkan kemampuan koginitifnya dalam bidang matematika, membantu
anak dalam berfikir, dan memecahkan masalah.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Setiap anak memiliki pemahaman yang berbeda oleh karena itu pendidik harus
mengetahui sampai mana anak itu memahami tetang kemampuan mengenal angka
1-10 melalui media poster bergambar di RA Al-Mujahidin agar memudahkan
anak untuk mengembangkan kemampuannya. Selain itu pada proses
pembelajaran, sebaiknya guru juga mengajak anak bernyanyi bersama tentang
angka, untuk memudahkan anak lebih memahami konsep angka 1-10.
2. Dalam perkembangan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui media poster
bergambar di RA Al-Mujahidin sangat dipengaruhi oleh media yang digunakan.
Oleh karena itu, penggunaan media perlu adanya variasi agar tidak monoton
secara visual.
Ketersediaan
| STAR20210050 | 50/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
50/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
