Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Laboratorium Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Tellu Siattinge
Andi Sarima/02.17.3032 - Personal Name
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Pemeliharaan Sarana dan Prasarana
Laboratorium, kualitas pembelajaran IPA dan pengelolaan sarana & prasarana
laboratorium dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di SMP Negeri 3
TelluSiattinge.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research)
yaitu peneliti langsung ke lokasi penelitian (SMP Negeri 3 Tellu Siattinge) dengan
cara mengamati objek penelitian yang berhubungan dengan skripsi ini. Adapun
teknik yang digunakan antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
pengolahan data yang digunakan penulis menggunakan reduksi data, display data,
conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen pemeliharaan sarana dan
prasarana laboratorium di SMP Negeri 3 Tellu Siattinge sudah terlaksana cukup baik
karena adanya kerja sama yang baik antara beberapa pihak yaitu kepala sekolah, guru
dan siswa sehingga sarana laboratorium dirawat dengan baik. Adapun perawatan
yang dilakukan yaitu perawatan terus menerus, perawatan berkala, perawatan
darurat, dan perawatan preventif. 2) Kualitas pembelajaran IPA di SMP Negeri 3
Tellu Siattinge cukup bagus dibuktikan dengan sering mendapat juara dalam lomba
olimpiade hal ini menandakan bahwa guru IPA berhasil dalam mendidik siswanya.
Adapun Indikator kualitas pembelajaran yaitu aktivitas siswa, keterampilan guru,
hasil belajar siswa, iklim pembelajaran, materi, media, dan sistem pembelajaran. 3)
Pengelolaan sarana dan prasarana laboratorium dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Tellu Siattinge dapat dilihat dari perawat terus
menerus, perawatan berkala, perawatan darurat dan perawatan preventif, apabila ke
empat perawatan tersebut diterapkan dengan baik maka sarana laboratorium dapat
digunakan dalam pelaksanaan praktikum sehingga dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Tellu Siattinge.
A. Simpulan
Setelah melakukan penelititan terhadap pemeliharaan sarana dan prasarana
laboratorium dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di SMP Negeri 3
Tellu Siattinge yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, penulis dapat
memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Pemeliharaan sarana dan prasarana laboratorium di SMP Negeri 3 Tellu
Siattinge sudah terlaksana cukup baik, karena adanya kerja sama yang baik
antara kepala sekolah, guru dan siswa sehingga sarana laboratorium dirawat
dengan baik. Adapun perawatan yang dilakukan yaitu perawatan terus
menerus, perawatan berkala, perawatan darurat dan perawatan preventif.
2. Kualitas pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Tellu Siattinge cukup bagus
dibuktikan dengan seringnya mendapat juara dalam lomba olimpiade hal ini
menandakan bahwa guru IPA berhasil dalam mendidik siswanya. Adapun
Indikator kualitas pembelajaran yaitu aktivitas siswa, keterampilan guru, hasil
belajar siswa, iklim pembelajaran, materi, media, dan sistem pembelajaran.
3. Pengelolaan sarana dan prasarana laboratorium yang baik sangat berkontribusi
dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Tellu
Siattinge. Hal ini terlihat dari perawat terus menerus, perawatan berkala,
perawatan darurat dan perawatan preventif, apabila ke empat perawatan
tersebut diterapkan dengan baik maka dapat digunakan dalam pelaksanaan
praktikum sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di SMP
Negeri 3 Tellu Siattinge.
B. Saran
Setelah mengadakan penelitian mengenai pemeliharaan sarana dan prasarana
laboratorium dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di SMP Negeri 3
Tellu Siattinge, maka saran yang penulis akan sampaikan adalah sebagai berikut :
1. Kepala sekolah, kepala laboratorium dan guru IPA dalam melaksanakan
pemeliharaan sarana dan prasarana laboratorium tentunya harus ditingkatkan
lagi agar sarana dan prasarana laboratorium IPA akan selalu siap digunakan
sehingga pembelajaran IPA tidak hanya dilakukan dengan teori akan tetapi
dilakukan dengan praktikum.
2. Sebaiknya guru mata pelajaran IPA mampu menerapkan dan merencanakan
strategi yang tepat dalam meningkatkan kemampuan peserta didik sehingga
mampu bersaing dengan sekolah lain.
3. Laboratorium IPA di SMP Negeri 3 Tellu Siattinge perlu dilengkapi fasilitas
yang mendukung kenyamanan siswa dan guru dalam melaksanakan
pembelajaran IPA.
Laboratorium, kualitas pembelajaran IPA dan pengelolaan sarana & prasarana
laboratorium dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di SMP Negeri 3
TelluSiattinge.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research)
yaitu peneliti langsung ke lokasi penelitian (SMP Negeri 3 Tellu Siattinge) dengan
cara mengamati objek penelitian yang berhubungan dengan skripsi ini. Adapun
teknik yang digunakan antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
pengolahan data yang digunakan penulis menggunakan reduksi data, display data,
conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen pemeliharaan sarana dan
prasarana laboratorium di SMP Negeri 3 Tellu Siattinge sudah terlaksana cukup baik
karena adanya kerja sama yang baik antara beberapa pihak yaitu kepala sekolah, guru
dan siswa sehingga sarana laboratorium dirawat dengan baik. Adapun perawatan
yang dilakukan yaitu perawatan terus menerus, perawatan berkala, perawatan
darurat, dan perawatan preventif. 2) Kualitas pembelajaran IPA di SMP Negeri 3
Tellu Siattinge cukup bagus dibuktikan dengan sering mendapat juara dalam lomba
olimpiade hal ini menandakan bahwa guru IPA berhasil dalam mendidik siswanya.
Adapun Indikator kualitas pembelajaran yaitu aktivitas siswa, keterampilan guru,
hasil belajar siswa, iklim pembelajaran, materi, media, dan sistem pembelajaran. 3)
Pengelolaan sarana dan prasarana laboratorium dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Tellu Siattinge dapat dilihat dari perawat terus
menerus, perawatan berkala, perawatan darurat dan perawatan preventif, apabila ke
empat perawatan tersebut diterapkan dengan baik maka sarana laboratorium dapat
digunakan dalam pelaksanaan praktikum sehingga dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Tellu Siattinge.
A. Simpulan
Setelah melakukan penelititan terhadap pemeliharaan sarana dan prasarana
laboratorium dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di SMP Negeri 3
Tellu Siattinge yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, penulis dapat
memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Pemeliharaan sarana dan prasarana laboratorium di SMP Negeri 3 Tellu
Siattinge sudah terlaksana cukup baik, karena adanya kerja sama yang baik
antara kepala sekolah, guru dan siswa sehingga sarana laboratorium dirawat
dengan baik. Adapun perawatan yang dilakukan yaitu perawatan terus
menerus, perawatan berkala, perawatan darurat dan perawatan preventif.
2. Kualitas pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Tellu Siattinge cukup bagus
dibuktikan dengan seringnya mendapat juara dalam lomba olimpiade hal ini
menandakan bahwa guru IPA berhasil dalam mendidik siswanya. Adapun
Indikator kualitas pembelajaran yaitu aktivitas siswa, keterampilan guru, hasil
belajar siswa, iklim pembelajaran, materi, media, dan sistem pembelajaran.
3. Pengelolaan sarana dan prasarana laboratorium yang baik sangat berkontribusi
dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Tellu
Siattinge. Hal ini terlihat dari perawat terus menerus, perawatan berkala,
perawatan darurat dan perawatan preventif, apabila ke empat perawatan
tersebut diterapkan dengan baik maka dapat digunakan dalam pelaksanaan
praktikum sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di SMP
Negeri 3 Tellu Siattinge.
B. Saran
Setelah mengadakan penelitian mengenai pemeliharaan sarana dan prasarana
laboratorium dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di SMP Negeri 3
Tellu Siattinge, maka saran yang penulis akan sampaikan adalah sebagai berikut :
1. Kepala sekolah, kepala laboratorium dan guru IPA dalam melaksanakan
pemeliharaan sarana dan prasarana laboratorium tentunya harus ditingkatkan
lagi agar sarana dan prasarana laboratorium IPA akan selalu siap digunakan
sehingga pembelajaran IPA tidak hanya dilakukan dengan teori akan tetapi
dilakukan dengan praktikum.
2. Sebaiknya guru mata pelajaran IPA mampu menerapkan dan merencanakan
strategi yang tepat dalam meningkatkan kemampuan peserta didik sehingga
mampu bersaing dengan sekolah lain.
3. Laboratorium IPA di SMP Negeri 3 Tellu Siattinge perlu dilengkapi fasilitas
yang mendukung kenyamanan siswa dan guru dalam melaksanakan
pembelajaran IPA.
Ketersediaan
| STAR20210037 | 37/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
37/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
