Peran Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Visi dan Misi di Smp Negeri 4 Kahu Kec. Kahu Kab. Bone
Nurfadilah/02.17.3112 - Personal Name
Skripsi ini membahas Peran Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Visi dan
Misi. Fokus pemahasan adalah bagaimana Peran Kepala Sekolah dalam
Mewujudkan Visi dan Misi di SMP Negeri 4 Kahu Kec. Kahu Kab. Bone.
Masalah tersebut dianalisis dengan pendekatan psikologis, sosiologis dan
manajemen.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitative research). Data yang
dikumpulkam penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis fenomena,
peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang yang
secara individu maupun kelompok. Penelitian kualitatif ini berfokus pada teori
tentang judul yang di angkat oleh peneliti, sebab dan akibatnya serta menjabarkan
secara jelas teori-teori tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, peran kepala sekolah yang
terkait dengan administrator pendidikan, supervisior, dan manajer. Menyusun
program perencanaan, tahunan organisasi, bertindak sebagai pengarah, melakukan
pengelolaan, kegiatan pembinaa, mengawasi di SMP Negeri 4 Kahu yaitu, melalui
rapat bersama untuk mengambil keputusan bersama dengan menentukan visi dan
misi yang akan di terapkan di sekolah kemudian melakukan kerjasama yang baik
untuk mewujudkan visi dan misi tersebut. Maka, hasil dari kerjasama yang baik
bisa membuat sekolah lebih maju lagi dari segi visi dan misinya. Kedua, upaya
kepala sekolah dalam mewujudkan visi dan misi SMP Negeri 4 Kahu, yaitu
semua yang terlibat dalam lingkungan sekolah memilki tanggung jawab penuh
untuk mendukung upaya kepala sekolah mewujudkan visi dan misi sekolah.
Kerjasama dari semua pihak sehingga upayanya bisa tercapai sesuai dengan
tujuannya. Dengan adanya kerjasama antar semua pihak maka dapat dikatakan
bahwa visi dan misi di SMP Negeri 4 Kahu sudah terwujud melalui peran kepala
sekolah yang baik dan kerjasama semua pihak.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa:
1. Peran kepala sekolah yang berkaitan sebagai administrator pendidikan,
supervisior dan manajer untuk mewujudkan visi dan misi di sekolah SMP
Negeri 4 Kahu. Sebelum, menentukan visi dan misi yang akan
diwujudkan, maka kepala sekolah melaksanakan rapat untuk
pembentukan visi dan misi sekolah. Visi dan misi sekolah bisa terwujud
oleh kepala sekolah karena semua pihak yang ada di lingkungan sekolah
dapat bekerja sama dengan baik untuk tujuan sekolah kedepannya agar
lebih berkembang lagi dan bisa mengikuti perkembangan zaman.
2. Upaya kepala sekolah SMP Negeri 4 Kahu untuk mewujudkan visi dan
misi sudah cukup baik dengan adanya usaha meningkatkan sarana,
mendukung kegiatan organisasi sekolah dan melihat potensi yang
dimiliki siswa untuk bersaing dimasa depan dan bisa membawa nama
baik sekolah. Kepala sekolah selalu mengutakan sikap tegas dalam
mengambil keputusan dengan cara kekeluargaan dalam artian masalah
yang dihadapi dibicarakan dengan baik kemudian memberikan masukan
dan dorongan kepada tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan.
B. Implikasi
Selanjutnya memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan implikasi dari penelitian sebagai berikut:
1. Disarankan kepada kepala sekolah untuk lebih mengembangkan lagi
perannya dengan menjalin komunikasi dengan baik lagi, menjalin
silahturahmi dengan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta
melihat perkembangan kedepannya.
2. Disarankan kepada guru untuk melihat potensi yang dimiliki siswa
dengan mendukung kegiatan siswa yang dimiliki untuk diterapkan dalam
suatu organisasi. Kepala sekolah sebagai orang yang paling berpengaruh
di lingkungan sekolah untuk mengarahkan semua yang ada dalam
lingkungan sekolah tersebut untuk mengembangkan potensinya
kemudian menerapkan kepada siswa dalam organisasi yang ada di
sekolah.
Misi. Fokus pemahasan adalah bagaimana Peran Kepala Sekolah dalam
Mewujudkan Visi dan Misi di SMP Negeri 4 Kahu Kec. Kahu Kab. Bone.
Masalah tersebut dianalisis dengan pendekatan psikologis, sosiologis dan
manajemen.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitative research). Data yang
dikumpulkam penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis fenomena,
peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang yang
secara individu maupun kelompok. Penelitian kualitatif ini berfokus pada teori
tentang judul yang di angkat oleh peneliti, sebab dan akibatnya serta menjabarkan
secara jelas teori-teori tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, peran kepala sekolah yang
terkait dengan administrator pendidikan, supervisior, dan manajer. Menyusun
program perencanaan, tahunan organisasi, bertindak sebagai pengarah, melakukan
pengelolaan, kegiatan pembinaa, mengawasi di SMP Negeri 4 Kahu yaitu, melalui
rapat bersama untuk mengambil keputusan bersama dengan menentukan visi dan
misi yang akan di terapkan di sekolah kemudian melakukan kerjasama yang baik
untuk mewujudkan visi dan misi tersebut. Maka, hasil dari kerjasama yang baik
bisa membuat sekolah lebih maju lagi dari segi visi dan misinya. Kedua, upaya
kepala sekolah dalam mewujudkan visi dan misi SMP Negeri 4 Kahu, yaitu
semua yang terlibat dalam lingkungan sekolah memilki tanggung jawab penuh
untuk mendukung upaya kepala sekolah mewujudkan visi dan misi sekolah.
Kerjasama dari semua pihak sehingga upayanya bisa tercapai sesuai dengan
tujuannya. Dengan adanya kerjasama antar semua pihak maka dapat dikatakan
bahwa visi dan misi di SMP Negeri 4 Kahu sudah terwujud melalui peran kepala
sekolah yang baik dan kerjasama semua pihak.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa:
1. Peran kepala sekolah yang berkaitan sebagai administrator pendidikan,
supervisior dan manajer untuk mewujudkan visi dan misi di sekolah SMP
Negeri 4 Kahu. Sebelum, menentukan visi dan misi yang akan
diwujudkan, maka kepala sekolah melaksanakan rapat untuk
pembentukan visi dan misi sekolah. Visi dan misi sekolah bisa terwujud
oleh kepala sekolah karena semua pihak yang ada di lingkungan sekolah
dapat bekerja sama dengan baik untuk tujuan sekolah kedepannya agar
lebih berkembang lagi dan bisa mengikuti perkembangan zaman.
2. Upaya kepala sekolah SMP Negeri 4 Kahu untuk mewujudkan visi dan
misi sudah cukup baik dengan adanya usaha meningkatkan sarana,
mendukung kegiatan organisasi sekolah dan melihat potensi yang
dimiliki siswa untuk bersaing dimasa depan dan bisa membawa nama
baik sekolah. Kepala sekolah selalu mengutakan sikap tegas dalam
mengambil keputusan dengan cara kekeluargaan dalam artian masalah
yang dihadapi dibicarakan dengan baik kemudian memberikan masukan
dan dorongan kepada tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan.
B. Implikasi
Selanjutnya memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan implikasi dari penelitian sebagai berikut:
1. Disarankan kepada kepala sekolah untuk lebih mengembangkan lagi
perannya dengan menjalin komunikasi dengan baik lagi, menjalin
silahturahmi dengan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta
melihat perkembangan kedepannya.
2. Disarankan kepada guru untuk melihat potensi yang dimiliki siswa
dengan mendukung kegiatan siswa yang dimiliki untuk diterapkan dalam
suatu organisasi. Kepala sekolah sebagai orang yang paling berpengaruh
di lingkungan sekolah untuk mengarahkan semua yang ada dalam
lingkungan sekolah tersebut untuk mengembangkan potensinya
kemudian menerapkan kepada siswa dalam organisasi yang ada di
sekolah.
Ketersediaan
| STAR20210342. | 342/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
342/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
