Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Madrasah Terhadap Peningkatan Minat Baca Peserta Didik Di MTS Al-Faaizun Watang Palakka Kabupaten Bone
Ramadhan/02.16.3208 - Personal Name
Skripsi ini berjudul tentang Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Madrasah
Terhadap Peningatan Minat Baca Peserta Didik di MTS Al-Faaizun Watang Palakka
Kab. Bone). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pokok permasalahan dalam
penelitian meliputi 1) Pelaksanaan perpustakaan madrasah di Mts Al-Faaizun Watang
Palakka. 2) meningkatkan minat baca peserta didik di Mts Al-Faaizun Watang
Palakka. 3) Pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap peningkatan minat baca
peserta didik Mts Al-Faaizun Watang Palakka.
Berdasarkan hasil analisis pada variabel pelayan perpustakaan (X), dapat
diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel pelayanan perpustaskaan (X) adalah 20,
angka 20 berada pada kategori cukup yaitu terletak pada interval 20-21. Berarti
pelayanan perpustakaan di Mts Al-Faaizun Watang Palakka telah memenuhi dimensi
pelayanan perpustakaan yaitu pelayanan, ruangan dan koleksi buku, sehingga
pelayanan perpustakaan tersebut termasuk dalam kategori cukup baik, tetapi masih
perlu ditingkatkan.
Berdasarkan hasil analisis pada variabel minat baca peserta didik (Y), dapat
diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel minat baca peserta didik (Y) adalah
28,15 angka 28,15 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval 28–31.
Berdasarkan hasil dari korelasi product momen menunjukan hasil uji regresi
diperoleh nilai = 0,836, hal ini membuktikan bahwa Pengaruh Pelayanan
Perpustakaan Madrasah Terhadap Peningkatan Minat Baca Peserta Didik di MTS Al-
Faaizun Watang Palakka Kabupaten Bone tergolong kuat. Kemudian digunakan
statistik F dengan kriteria uji tolak H0, jika Fhitung ≥ Ftabel dengan nilai 42,02 > 4,41.
Hal ini menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Madrasah
Terhadap Peningkatan Minat Baca Peserta Didik Di Mts Al-Faaizun Watang Palakka
Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diperoleh beberapa
simpulan, berikut ini :
1. Berdasarkan hasil analisis pada variabel pelayan perpustakaan (X), dapat diketahui
bahwa nilai rata-rata untuk variabel pelayanan perpustaskaan (X) adalah 20, angka
20 berada pada kategori cukup baik yaitu terletak pada interval 20-21. Berarti
pelayanan perpustakaan di Mts Al-Faaizun Watang Palakka telah memenuhi
dimensi pelayanan perpustakaan yaitu pelayanan, ruangan dan koleksi buku,
sehingga pelayanan perpustakaan tersebut termasuk dalam kategori cukup baik,
tetapi masih perlu ditingkatkan.
2. Berdasarkan hasil analisis pada variabel minat baca peserta didik (Y), dapat
diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel minat baca peserta didik (Y) adalah
28,15 angka 28,15 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval 28–
31.Dengan demikian, bahwa minat baca peserta didik di Mts Al-Faaizun Watang
Palakka memiliki indikator untuk mengetahui adanya minat baca siswa, yaitu
Senang membaca buku-buku pelajaran, Menggunakan perpustakaan sekolah untuk
membaca atau meminjam buku-buku pelajaran, Memanfaatkan waktu luang untuk
membaca, Melaksanakan tugas, mendiskusikan, atau mempelajari suatu bacaan,
Adanya keinginan untuk mendapatkan informasi atau pengetahuan baru, Dan
Adanya keinginan untuk membuktikan informasi atau pengetahuan yang telah
dipelajari. Sehingga minat baca peserta didik tersebut termasuk dalam kategori
baik.
3. Berdasarkan hasil dari korelasi product momen menunjukan hasil uji regresi
diperoleh nilai = 0,836 hal ini membuktikan bahwa Pengaruh Pelayanan
Perpustakaan Madrasah Terhadap Peningkatan Minat Baca Peserta Didik di MTS
Al-Faaizun Watang Palakka Kabupaten Bone tergolong kuat. Kemudian
digunakan statistik F dengan kriteria uji tolak H0, jika Fhitung ≥ Ftabel dengan nilai
42,02 > 4,41. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Pelayanan
Perpustakaan Madrasah Terhadap Peningkatan Minat Baca Peserta Didik Di MTS
Al-Faaizun Watang Palakka Kabupaten Bone.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka
berikut akan disampaikan beberapa saran yang sekiranya dapat bermanfaat bagi
guru terkhususnya guru yang ada di Sekolah Madrasha Al-Faaizun, maupun
mahasiswa lain yang berkaitan dengan Pelayanan Perpustakaan Madrasah
Terhadap Minat Baca Peserta Didik di Mts AL-Faaizun Watang Palakka
Kabupaten Bone.
Adapun saran-saran yang dapat diberikan penulis sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pelayanan perpustakaan
memiliki pengaruh yang cukup baik terhadap peningkatan minat baca siswa.
Jadi untuk kedepannya diharapkan kepada pihak madrasah agar pelayanan
perpustakaan dapat ditingkatkan lagi dan buku perpustakaan bisa memenuhi
kebutuhan siswa, sehingga kedepannya siswa antusias meningkatkan minat
baca agar segala aktivitas-aktivitas yang dikerjakan dapat terpenuhi dengan
baik karena keberhasilan pelayanan perpustakaan ditentukan oleh seberapa
banyak minat baca siswa.
2. Dalam penelitian kuantitatif sangat berkaitan dengan pertimbangan/statistik
maka perlu ditetapkan metode pembelajaran statistik pada mahasiswa diawal
dan diakhir semester agar dapat mempermudah mahasiswa dalam
menggunakan metode perhitungan statistik baik dari manual ataupun yang
lebih muda diterapkan dalam aplikasi Microsoft excel 2010.
Terhadap Peningatan Minat Baca Peserta Didik di MTS Al-Faaizun Watang Palakka
Kab. Bone). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pokok permasalahan dalam
penelitian meliputi 1) Pelaksanaan perpustakaan madrasah di Mts Al-Faaizun Watang
Palakka. 2) meningkatkan minat baca peserta didik di Mts Al-Faaizun Watang
Palakka. 3) Pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap peningkatan minat baca
peserta didik Mts Al-Faaizun Watang Palakka.
Berdasarkan hasil analisis pada variabel pelayan perpustakaan (X), dapat
diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel pelayanan perpustaskaan (X) adalah 20,
angka 20 berada pada kategori cukup yaitu terletak pada interval 20-21. Berarti
pelayanan perpustakaan di Mts Al-Faaizun Watang Palakka telah memenuhi dimensi
pelayanan perpustakaan yaitu pelayanan, ruangan dan koleksi buku, sehingga
pelayanan perpustakaan tersebut termasuk dalam kategori cukup baik, tetapi masih
perlu ditingkatkan.
Berdasarkan hasil analisis pada variabel minat baca peserta didik (Y), dapat
diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel minat baca peserta didik (Y) adalah
28,15 angka 28,15 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval 28–31.
Berdasarkan hasil dari korelasi product momen menunjukan hasil uji regresi
diperoleh nilai = 0,836, hal ini membuktikan bahwa Pengaruh Pelayanan
Perpustakaan Madrasah Terhadap Peningkatan Minat Baca Peserta Didik di MTS Al-
Faaizun Watang Palakka Kabupaten Bone tergolong kuat. Kemudian digunakan
statistik F dengan kriteria uji tolak H0, jika Fhitung ≥ Ftabel dengan nilai 42,02 > 4,41.
Hal ini menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Madrasah
Terhadap Peningkatan Minat Baca Peserta Didik Di Mts Al-Faaizun Watang Palakka
Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diperoleh beberapa
simpulan, berikut ini :
1. Berdasarkan hasil analisis pada variabel pelayan perpustakaan (X), dapat diketahui
bahwa nilai rata-rata untuk variabel pelayanan perpustaskaan (X) adalah 20, angka
20 berada pada kategori cukup baik yaitu terletak pada interval 20-21. Berarti
pelayanan perpustakaan di Mts Al-Faaizun Watang Palakka telah memenuhi
dimensi pelayanan perpustakaan yaitu pelayanan, ruangan dan koleksi buku,
sehingga pelayanan perpustakaan tersebut termasuk dalam kategori cukup baik,
tetapi masih perlu ditingkatkan.
2. Berdasarkan hasil analisis pada variabel minat baca peserta didik (Y), dapat
diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel minat baca peserta didik (Y) adalah
28,15 angka 28,15 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval 28–
31.Dengan demikian, bahwa minat baca peserta didik di Mts Al-Faaizun Watang
Palakka memiliki indikator untuk mengetahui adanya minat baca siswa, yaitu
Senang membaca buku-buku pelajaran, Menggunakan perpustakaan sekolah untuk
membaca atau meminjam buku-buku pelajaran, Memanfaatkan waktu luang untuk
membaca, Melaksanakan tugas, mendiskusikan, atau mempelajari suatu bacaan,
Adanya keinginan untuk mendapatkan informasi atau pengetahuan baru, Dan
Adanya keinginan untuk membuktikan informasi atau pengetahuan yang telah
dipelajari. Sehingga minat baca peserta didik tersebut termasuk dalam kategori
baik.
3. Berdasarkan hasil dari korelasi product momen menunjukan hasil uji regresi
diperoleh nilai = 0,836 hal ini membuktikan bahwa Pengaruh Pelayanan
Perpustakaan Madrasah Terhadap Peningkatan Minat Baca Peserta Didik di MTS
Al-Faaizun Watang Palakka Kabupaten Bone tergolong kuat. Kemudian
digunakan statistik F dengan kriteria uji tolak H0, jika Fhitung ≥ Ftabel dengan nilai
42,02 > 4,41. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Pelayanan
Perpustakaan Madrasah Terhadap Peningkatan Minat Baca Peserta Didik Di MTS
Al-Faaizun Watang Palakka Kabupaten Bone.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka
berikut akan disampaikan beberapa saran yang sekiranya dapat bermanfaat bagi
guru terkhususnya guru yang ada di Sekolah Madrasha Al-Faaizun, maupun
mahasiswa lain yang berkaitan dengan Pelayanan Perpustakaan Madrasah
Terhadap Minat Baca Peserta Didik di Mts AL-Faaizun Watang Palakka
Kabupaten Bone.
Adapun saran-saran yang dapat diberikan penulis sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pelayanan perpustakaan
memiliki pengaruh yang cukup baik terhadap peningkatan minat baca siswa.
Jadi untuk kedepannya diharapkan kepada pihak madrasah agar pelayanan
perpustakaan dapat ditingkatkan lagi dan buku perpustakaan bisa memenuhi
kebutuhan siswa, sehingga kedepannya siswa antusias meningkatkan minat
baca agar segala aktivitas-aktivitas yang dikerjakan dapat terpenuhi dengan
baik karena keberhasilan pelayanan perpustakaan ditentukan oleh seberapa
banyak minat baca siswa.
2. Dalam penelitian kuantitatif sangat berkaitan dengan pertimbangan/statistik
maka perlu ditetapkan metode pembelajaran statistik pada mahasiswa diawal
dan diakhir semester agar dapat mempermudah mahasiswa dalam
menggunakan metode perhitungan statistik baik dari manual ataupun yang
lebih muda diterapkan dalam aplikasi Microsoft excel 2010.
Ketersediaan
| STAR20200253 | 253/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
253/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
