Peranan Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone
Muliati/2.15.3153 - Personal Name
kripsi ini membahas mengenai”Peranan Komite Madrasah dalam
meningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone”. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini adalah 1) Sejauh manakah peran komite Madrasah
dalam memberi pertimbangan untuk meningkatan mutu pembelajaran di Madrasah
Aliyah Negeri 2 Bone. 2) Dukungan apa saja yang di berikan komite Madrasah
dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone. 3)
Sejauh manakah komite Madrasah menjalankan perannya sebagai pengotrol dalam
meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone. 4) sejauh
manakah Komite Madrasah menjalankan perananya sebagai mediator dalam
meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan Jenis
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan melakukan reduksi
data, penyajian data, dan kemudian dilakukan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan Komite Madrasah dalam
meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone dilaksanakan
dengan baik. Hal tersebut dapat ditunjukkan pada peran Komite Madrasah sebagai
pemberi pertimbangan dengan mengadakan beberapa kegiatan seperti pendataan
kondisi sosial, pemberian masukan hingga penyusunan visi, misi, kebijakan dan
program, semua dilaksanakan tidak lepas dari hasil musyawarah dari pihak Madrasah,
Komite Madrasah, hingga orang tuasiswa. Sebagaimana yang dijelaskan bahwa
semua dilaksanakan dengan baik, apabila itu dilakukan dengan menjalin komunikasi
dan kerjasama baik pihak Madrasah, Komite, hingga orang tua siswa maka hal itu apa
yang diinginkan atau pun dirancanakan berjalan dengan optimal.
Begitu pula peran-peran Komite Madrasah sebagai pemberi dukungan,
pengontrol hingga sebagai mediator semua dilakukan dengan mengadakan pertemuan
dari pihak Madrasah, Komite Madrasah dan pihak orang tua siswa jadi semua
kegiatan yang dilaksanakan oleh Madrasah harus dilakukan musyawarah agar pihak
orang tua siswa dapat mengetahui hal-hal yang ada di Madrasah seperti
perlengkapan-perlengkapan, hingga hasil belajar siswa tersebut. Untuk mutu
pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone sudah sangat baik dan memuaskan
dilihat dari prestasi-prestasi yang telah dicapai baik dari tingkat kabupaten bahkan
tingkat provinsi, itu dipengaruhi dari profesional gurunya dalam memberi pembinaan
terhadap muridnya dengan melakukan metode pembelajaran dari acuan kurikulum
K13.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis terdapat beberapa
kesimpulan terkait peranan Komite Madrasah dalam meningkatkan mutu
pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone yaitu :
Untuk peran Komite Madrasah sebagai pemberi pertimbangan dengan
mengadakan beberapa kegiatan seperti pendataan kondisi sosial, pemberian masukan
hingga penyusunan visi, misi, kebijakan dan program, itu semua dilaksanakan tidak
lepas dari hasil musyawara dari pihak Madrasah, Komite Madrasah, hinggah orang
tua siswa. Sebagaimana yang dijelaskan di BAB III bahwa semua dilaksanakan
dengan baik, apabila itu dilakukan dengan menjalin komunikasi dan kerjasama baik
pihak Madrasah, Komite, hingga orang tua siswa maka hal itu apa yang diinginkan
ataupun dirancanakan berjalan dengan optimal.
Begitu pula peran-peran Komite Madrasah sebagai pemberi dukungan,
pengontrol hingga sebagai mediator semua dilakukan dengan mengadakan pertemuan
dari pihak Madrasah, Komite Madrasah dan pihak orang tua siswa jadi semua
kegiatan yang dilaksanakan oleh Madrasah harus dilakukan musyawara agar pihak
orang tua siswa dapat mengetahui hal-hal yang ada di Madrasah seperti
perlengkapan-perlengkapan, hingga hasil belajar siswa tersebut agar orang tua dapat
juga termotivasi memasukkan anaknya di sekolah Madrasah dengan hal itu orang tua
juga dapat memberikan masukan-masukan ataupun saran-saran untuk Madrasah jadi
pihak dari menjadikan hal itu sebagai komitmen untuk menunjang keberhasilan
Madrasah untuk kedepanya.
Untuk mutu pemebelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone sudah sangat
baik dan memuaskan dilihat dari prestasi-prestasi yang telah dicapai baik dari tingkat
kabupaten bahkan tingkat provinsi, itu dipengaruhi dari profesional gurunya dalam
memberi pembinaan terhadap muridnya dengan melakukan metode pembelajaran dari
acuan kurikulum K13 meskipin masih tahap belajar.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan kesimpulan tersebut, maka akan diuraikan
saran-saran dalam pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Dengan adanya Peran Komite Madrasah sangat mendukung terhadap kegiatan
pembelajaran di madrasah. Oleh karena itu diharapkan pihak Madrasah lebih
mengoptimalkan lagi kerjasama antara pihak Komite maupun orang tua siswa
dan masyarakat agar proses pembelajaran di Madrasah menjadi lebih baik lagi
sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah.
2. Diharapkan kepada semua pihak Madrasah terutama guru-guru lebih
mempererat lagi hubungan kerjasamnya. Karena melalui kerjasama yang erat
akan lebih mudah mencapai tujuan yang diinginkan. Terutama dalam
mengembangkan mutu pembelajaradi Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone.
meningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone”. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini adalah 1) Sejauh manakah peran komite Madrasah
dalam memberi pertimbangan untuk meningkatan mutu pembelajaran di Madrasah
Aliyah Negeri 2 Bone. 2) Dukungan apa saja yang di berikan komite Madrasah
dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone. 3)
Sejauh manakah komite Madrasah menjalankan perannya sebagai pengotrol dalam
meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone. 4) sejauh
manakah Komite Madrasah menjalankan perananya sebagai mediator dalam
meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan Jenis
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan melakukan reduksi
data, penyajian data, dan kemudian dilakukan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan Komite Madrasah dalam
meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone dilaksanakan
dengan baik. Hal tersebut dapat ditunjukkan pada peran Komite Madrasah sebagai
pemberi pertimbangan dengan mengadakan beberapa kegiatan seperti pendataan
kondisi sosial, pemberian masukan hingga penyusunan visi, misi, kebijakan dan
program, semua dilaksanakan tidak lepas dari hasil musyawarah dari pihak Madrasah,
Komite Madrasah, hingga orang tuasiswa. Sebagaimana yang dijelaskan bahwa
semua dilaksanakan dengan baik, apabila itu dilakukan dengan menjalin komunikasi
dan kerjasama baik pihak Madrasah, Komite, hingga orang tua siswa maka hal itu apa
yang diinginkan atau pun dirancanakan berjalan dengan optimal.
Begitu pula peran-peran Komite Madrasah sebagai pemberi dukungan,
pengontrol hingga sebagai mediator semua dilakukan dengan mengadakan pertemuan
dari pihak Madrasah, Komite Madrasah dan pihak orang tua siswa jadi semua
kegiatan yang dilaksanakan oleh Madrasah harus dilakukan musyawarah agar pihak
orang tua siswa dapat mengetahui hal-hal yang ada di Madrasah seperti
perlengkapan-perlengkapan, hingga hasil belajar siswa tersebut. Untuk mutu
pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone sudah sangat baik dan memuaskan
dilihat dari prestasi-prestasi yang telah dicapai baik dari tingkat kabupaten bahkan
tingkat provinsi, itu dipengaruhi dari profesional gurunya dalam memberi pembinaan
terhadap muridnya dengan melakukan metode pembelajaran dari acuan kurikulum
K13.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis terdapat beberapa
kesimpulan terkait peranan Komite Madrasah dalam meningkatkan mutu
pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone yaitu :
Untuk peran Komite Madrasah sebagai pemberi pertimbangan dengan
mengadakan beberapa kegiatan seperti pendataan kondisi sosial, pemberian masukan
hingga penyusunan visi, misi, kebijakan dan program, itu semua dilaksanakan tidak
lepas dari hasil musyawara dari pihak Madrasah, Komite Madrasah, hinggah orang
tua siswa. Sebagaimana yang dijelaskan di BAB III bahwa semua dilaksanakan
dengan baik, apabila itu dilakukan dengan menjalin komunikasi dan kerjasama baik
pihak Madrasah, Komite, hingga orang tua siswa maka hal itu apa yang diinginkan
ataupun dirancanakan berjalan dengan optimal.
Begitu pula peran-peran Komite Madrasah sebagai pemberi dukungan,
pengontrol hingga sebagai mediator semua dilakukan dengan mengadakan pertemuan
dari pihak Madrasah, Komite Madrasah dan pihak orang tua siswa jadi semua
kegiatan yang dilaksanakan oleh Madrasah harus dilakukan musyawara agar pihak
orang tua siswa dapat mengetahui hal-hal yang ada di Madrasah seperti
perlengkapan-perlengkapan, hingga hasil belajar siswa tersebut agar orang tua dapat
juga termotivasi memasukkan anaknya di sekolah Madrasah dengan hal itu orang tua
juga dapat memberikan masukan-masukan ataupun saran-saran untuk Madrasah jadi
pihak dari menjadikan hal itu sebagai komitmen untuk menunjang keberhasilan
Madrasah untuk kedepanya.
Untuk mutu pemebelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone sudah sangat
baik dan memuaskan dilihat dari prestasi-prestasi yang telah dicapai baik dari tingkat
kabupaten bahkan tingkat provinsi, itu dipengaruhi dari profesional gurunya dalam
memberi pembinaan terhadap muridnya dengan melakukan metode pembelajaran dari
acuan kurikulum K13 meskipin masih tahap belajar.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan kesimpulan tersebut, maka akan diuraikan
saran-saran dalam pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Dengan adanya Peran Komite Madrasah sangat mendukung terhadap kegiatan
pembelajaran di madrasah. Oleh karena itu diharapkan pihak Madrasah lebih
mengoptimalkan lagi kerjasama antara pihak Komite maupun orang tua siswa
dan masyarakat agar proses pembelajaran di Madrasah menjadi lebih baik lagi
sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah.
2. Diharapkan kepada semua pihak Madrasah terutama guru-guru lebih
mempererat lagi hubungan kerjasamnya. Karena melalui kerjasama yang erat
akan lebih mudah mencapai tujuan yang diinginkan. Terutama dalam
mengembangkan mutu pembelajaradi Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone.
Ketersediaan
| STAR20190128 | 128/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
128/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripssi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
