Urgensi Kompetensi Profesional Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V, VI di MIN 7 Bone
Muh.Ilham/02.16.1160 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Urgensi kompetensi profesional guru akidah akhlak
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas V, VI di min 7 bone. Hal penting
dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana kompetensi profesional
guru akidah ahklak kelas V dan VI di MIN 7 Bone, bagaimana strategi guru akidah
akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V dan VI di MIN 7 Bone dan
Bagaimana pentingnya kompetensi profesional guru akidah akhlak dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V dan VI di MIN 7 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut digunakan jenis penelitian kualitatif
(Qualitatif Research) dengan menggunakan pendekatan teologis normatif,
paedagogik, pendekatan psikologis dan menggunakan teknik pengumpulan data
antara lain observasi, wawancara (interview), dokumentasi. Data yang diperoleh
diolah dengan metode kualitatif, yaitu dengan reduksi data, paparan data, dan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa 1) Kompetensi profesionalisme guru akidah
akhlak di MIN 7 Bone sudah diterapkan dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari
kemampuan guru dalam menguasai landasan kependidikan antara lain tujuan
institusional, tujuan kurikuler dan tujuan pembelajaran, kemampuan guru Akidah
Akhlak dalam menguasai materi pelajaran sesuai dengan bidang studi yang
diajarkannya dengan baik, kemampuan dalam mengaplikasikan berbagai metodologi
dan strategi pembelajaran yang bervariasi, kemampuan dalam merancang dan
memanfaatkan berbagai media dan sumber belajar dalam proses pembelajaran,
kemapuan dalam melaksanakan evaluasi belajar dengan tujuan untuk mengetahui
kemampuan hasil beljar peserta didik, kemampuan dalam menyusun program
pembelajaran sebelum pembelajaran dimulai, dan kemampuan dalam mamahami
unsur-unsur penunjang, misalnya paham akan administrasi sekolah, bimbingan dan
penyuluhan. 2) Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Prestasi Belajar
Peserta didik Kelas V Dan VI Di MIN 7 Bone sudah tergolong baik. Adapun
beberapa strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar di MIN 7
Bone antara lain memberikan motivasi kepada peserta didik baik itu guru maupun
orang tua, memberikan ulangan dengan tujuan dapat mengukur sejauh mana prestasi
belajar peserta didik, memberikan hadiah dan pujian berupa hadiah yang mereka
inginkan dan berupa kata-kata semangat, , memberikan hukuman bagi yang
melanggar aturan belajar, dan meningkatkan minat peserta didik. 3) Pentingnya
kompetensi profesional guru akidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar
peserta didik kelas V dan VI di MIN 7 Bone sangat berperan penting dalam
meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Guru di MIN 7 mampu menciptakan
keberhasilan pembelajaran, peserta didik berhasil memahami materi pembelajaran
yang telah disampaikan oleh bapak dan ibu guru. keberhasilan tersebut dapat dilihat
dari setiap acara perlombaan peserta didik mampu memperoleh piala ataupun piagam
penghargaan. Guru memiliki kompetensi profesional apabila guru mengajar sesuai
dengan keahliannya dan guru memiliki tingkat keilmuan yang tinggi dan bisa
diajarkan kepada peserta didik. dengan adanya guru yang memiliki kompetensi
profesional yang tinggi, maka akan meningkatkan prestasi belajar peserta didik bagi
siswa kelas V dan VI di MIN 7 Bone
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka penulis mengemukakan simpulan sebagai
berikut:
1. Gambaran Kompetensi Profesional Guru Akidah Akhlak di MIN 7 Bone sudah
diterapkan dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan guru
dalam neguasai landasan kependidikan antara lain tujuan institusional, tujuan
kurikuler dan tujuan pembelajaran, kemampuan guru Akidah Akhlak dalam
menguasai materi pelajaran sesuai dengan bidang studi yang diajarkannya
dengan baik, kemampuan dalam mengaplikasikan berbagai metodologi dan
strategi pembelajaran yang bervariasi, kemampuan dalam merancang dan
memanfaatkan berbagai media dan sumber belajar dalam proses pembelajaran,
kemapuan dalam melaksanakan evaluasi belajar dengan tujuan untuk
mengetahui kemampuan hasil beljar peserta didik, kemampuan dalam
menyusun program pembelajaran sebelum pembelajaran dimulai, dan
kemampuan dalam mamahami unsur-unsur penunjang, misalnya paham akan
administrasi sekolah, bimbingan dan penyuluhan.
2. Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta
didik Kelas V Dan VI Di MIN 7 Bone sudah tergolong baik. Adapun beberapa
strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar di MIN 7
Bone antara lain memberikan motivasi kepada peserta didik baik itu guru
maupun orang tua, memberikan ulangan dengan tujuan dapat mengukur sejauh
mana prestasi belajar peserta didik, memberikan hadiah dan pujian berupa
hadiah yang mereka inginkan dan berupa kata-kata semangat, , memberikan
hukuman bagi yang melanggar aturan belajar, dan meningkatkan minat peserta
didik.
3. Pentingnya kompetensi profesional guru akidah akhlak dalam meningkatkan
prestasi belajar peserta didik kelas V dan VI di MIN 7 Bone sangat berperan
penting dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Guru di MIN 7
mampu menciptakan keberhasilan pembelajaran, peserta didik berhasil
memahami materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh bapak dan ibu
guru. keberhasilan tersebut dapat dilihat dari setiap acara perlombaan peserta
didik mampu memperoleh piala ataupun piagam penghargaan. Guru memiliki
kompetensi profesional apabila guru mengajar sesuai dengan keahliannya dan
guru memiliki tingkat keilmuan yang tinggi dan bisa diajarkan kepada peserta
didik. dengan adanya guru yang memiliki kompetensi profesional yang tinggi,
maka akan meningkatkan prestasi belajar peserta didik bagi siswa kelas V dan
VI di MIN 7 Bone
B. Implikasi
Setelah melaksanakan penelitian tentang peran di MIN 7 Bone, maka adapun
saran yang akan peneliti sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru
Akidah Akhlak sangat berperan penting dalam proses pembelajaran. Peneliti
mengaharapkan, baik guru maupun peserta didik lebih meningkatkan
kompetensi profesionalnya sehingga hasil pembelajaran akan lebih baik lagi.
2. Guru diharapkan lebih meningkatkan kompetensi profesional agar proses
pembelajaran lebih berkualitas dan prestasi belajar peserta didik akan lebih
meningkat.
3. Guru diharapkan dapat menjaga hubungan dan kerjasama yang baik terhadap
kepala sekolah, sesame guru, dan seluruh warga sekolah agar mutu
pembelajaran Akidah Akhlak semakin meningkat.
4. Guru diharapkan mampu menggunakan media pembelajaran yang lebih
bervariasi.
5. Kepala sekolah diharapkan terus memberikan pengawasan, arahan dan
bimbingan terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. karena
tanpa adanya pengawasan yang berkelanjutan tidak menutup kemungkinan
kinerja guru akan menurun. Untuk tenaga pengajar, peneliti berharap bisa
meningkatkan kualitasnya baik secara personal, profesional, maupun secara
sosial. Dengan demikian akan memberikan iklim pembelajaran yang
berkualitas.
6. Pengembangan kompetensi profesional guru sebaiknya dilakukan secara terus
menerus dan berkesinambungan agar hasil yang dicapai dapat optimal.
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas V, VI di min 7 bone. Hal penting
dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana kompetensi profesional
guru akidah ahklak kelas V dan VI di MIN 7 Bone, bagaimana strategi guru akidah
akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V dan VI di MIN 7 Bone dan
Bagaimana pentingnya kompetensi profesional guru akidah akhlak dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V dan VI di MIN 7 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut digunakan jenis penelitian kualitatif
(Qualitatif Research) dengan menggunakan pendekatan teologis normatif,
paedagogik, pendekatan psikologis dan menggunakan teknik pengumpulan data
antara lain observasi, wawancara (interview), dokumentasi. Data yang diperoleh
diolah dengan metode kualitatif, yaitu dengan reduksi data, paparan data, dan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa 1) Kompetensi profesionalisme guru akidah
akhlak di MIN 7 Bone sudah diterapkan dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari
kemampuan guru dalam menguasai landasan kependidikan antara lain tujuan
institusional, tujuan kurikuler dan tujuan pembelajaran, kemampuan guru Akidah
Akhlak dalam menguasai materi pelajaran sesuai dengan bidang studi yang
diajarkannya dengan baik, kemampuan dalam mengaplikasikan berbagai metodologi
dan strategi pembelajaran yang bervariasi, kemampuan dalam merancang dan
memanfaatkan berbagai media dan sumber belajar dalam proses pembelajaran,
kemapuan dalam melaksanakan evaluasi belajar dengan tujuan untuk mengetahui
kemampuan hasil beljar peserta didik, kemampuan dalam menyusun program
pembelajaran sebelum pembelajaran dimulai, dan kemampuan dalam mamahami
unsur-unsur penunjang, misalnya paham akan administrasi sekolah, bimbingan dan
penyuluhan. 2) Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Prestasi Belajar
Peserta didik Kelas V Dan VI Di MIN 7 Bone sudah tergolong baik. Adapun
beberapa strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar di MIN 7
Bone antara lain memberikan motivasi kepada peserta didik baik itu guru maupun
orang tua, memberikan ulangan dengan tujuan dapat mengukur sejauh mana prestasi
belajar peserta didik, memberikan hadiah dan pujian berupa hadiah yang mereka
inginkan dan berupa kata-kata semangat, , memberikan hukuman bagi yang
melanggar aturan belajar, dan meningkatkan minat peserta didik. 3) Pentingnya
kompetensi profesional guru akidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar
peserta didik kelas V dan VI di MIN 7 Bone sangat berperan penting dalam
meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Guru di MIN 7 mampu menciptakan
keberhasilan pembelajaran, peserta didik berhasil memahami materi pembelajaran
yang telah disampaikan oleh bapak dan ibu guru. keberhasilan tersebut dapat dilihat
dari setiap acara perlombaan peserta didik mampu memperoleh piala ataupun piagam
penghargaan. Guru memiliki kompetensi profesional apabila guru mengajar sesuai
dengan keahliannya dan guru memiliki tingkat keilmuan yang tinggi dan bisa
diajarkan kepada peserta didik. dengan adanya guru yang memiliki kompetensi
profesional yang tinggi, maka akan meningkatkan prestasi belajar peserta didik bagi
siswa kelas V dan VI di MIN 7 Bone
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka penulis mengemukakan simpulan sebagai
berikut:
1. Gambaran Kompetensi Profesional Guru Akidah Akhlak di MIN 7 Bone sudah
diterapkan dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan guru
dalam neguasai landasan kependidikan antara lain tujuan institusional, tujuan
kurikuler dan tujuan pembelajaran, kemampuan guru Akidah Akhlak dalam
menguasai materi pelajaran sesuai dengan bidang studi yang diajarkannya
dengan baik, kemampuan dalam mengaplikasikan berbagai metodologi dan
strategi pembelajaran yang bervariasi, kemampuan dalam merancang dan
memanfaatkan berbagai media dan sumber belajar dalam proses pembelajaran,
kemapuan dalam melaksanakan evaluasi belajar dengan tujuan untuk
mengetahui kemampuan hasil beljar peserta didik, kemampuan dalam
menyusun program pembelajaran sebelum pembelajaran dimulai, dan
kemampuan dalam mamahami unsur-unsur penunjang, misalnya paham akan
administrasi sekolah, bimbingan dan penyuluhan.
2. Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta
didik Kelas V Dan VI Di MIN 7 Bone sudah tergolong baik. Adapun beberapa
strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar di MIN 7
Bone antara lain memberikan motivasi kepada peserta didik baik itu guru
maupun orang tua, memberikan ulangan dengan tujuan dapat mengukur sejauh
mana prestasi belajar peserta didik, memberikan hadiah dan pujian berupa
hadiah yang mereka inginkan dan berupa kata-kata semangat, , memberikan
hukuman bagi yang melanggar aturan belajar, dan meningkatkan minat peserta
didik.
3. Pentingnya kompetensi profesional guru akidah akhlak dalam meningkatkan
prestasi belajar peserta didik kelas V dan VI di MIN 7 Bone sangat berperan
penting dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Guru di MIN 7
mampu menciptakan keberhasilan pembelajaran, peserta didik berhasil
memahami materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh bapak dan ibu
guru. keberhasilan tersebut dapat dilihat dari setiap acara perlombaan peserta
didik mampu memperoleh piala ataupun piagam penghargaan. Guru memiliki
kompetensi profesional apabila guru mengajar sesuai dengan keahliannya dan
guru memiliki tingkat keilmuan yang tinggi dan bisa diajarkan kepada peserta
didik. dengan adanya guru yang memiliki kompetensi profesional yang tinggi,
maka akan meningkatkan prestasi belajar peserta didik bagi siswa kelas V dan
VI di MIN 7 Bone
B. Implikasi
Setelah melaksanakan penelitian tentang peran di MIN 7 Bone, maka adapun
saran yang akan peneliti sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru
Akidah Akhlak sangat berperan penting dalam proses pembelajaran. Peneliti
mengaharapkan, baik guru maupun peserta didik lebih meningkatkan
kompetensi profesionalnya sehingga hasil pembelajaran akan lebih baik lagi.
2. Guru diharapkan lebih meningkatkan kompetensi profesional agar proses
pembelajaran lebih berkualitas dan prestasi belajar peserta didik akan lebih
meningkat.
3. Guru diharapkan dapat menjaga hubungan dan kerjasama yang baik terhadap
kepala sekolah, sesame guru, dan seluruh warga sekolah agar mutu
pembelajaran Akidah Akhlak semakin meningkat.
4. Guru diharapkan mampu menggunakan media pembelajaran yang lebih
bervariasi.
5. Kepala sekolah diharapkan terus memberikan pengawasan, arahan dan
bimbingan terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. karena
tanpa adanya pengawasan yang berkelanjutan tidak menutup kemungkinan
kinerja guru akan menurun. Untuk tenaga pengajar, peneliti berharap bisa
meningkatkan kualitasnya baik secara personal, profesional, maupun secara
sosial. Dengan demikian akan memberikan iklim pembelajaran yang
berkualitas.
6. Pengembangan kompetensi profesional guru sebaiknya dilakukan secara terus
menerus dan berkesinambungan agar hasil yang dicapai dapat optimal.
Ketersediaan
| STAR20220335 | 335/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
335/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
