Urgensi Penerapan Metode Brainstorming dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Barebbo Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone
Satriani/02.16.1078 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai urgensi penerapan metode brainstorming
dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMP Negeri 4 Barebbo Kec. Barebbo Kab. Bone. Bertujuan untuk
mengetahui urgensi penerapan metode brainstorming, minat belajar siswa setelah
menerapkan metode tersebut dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII
di SMP Negeri 4 Barebbo dan konstribusi penerapan metode brainstorming dalam
meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Barebbo Kec.
Barebbo Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitative research), dengan menggunakan
metode wawancara dan dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah
pendekatan pedagogis, pendekatan sosiologis dan pendekatan psikologis. Data
dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode
brainstorming telah dilaksanakan dengan baik oleh guru Pendidikan Agama Islam di
kelas VIII SMP Negeri 4 Barebbo dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Adapun langkah-langkah dalam metode brainstorming yaitu diawali dengan
pemberikan informasi dan motivasi, identifikasi, klasifikasi dan verifikasi serta
konklusi. Kedua, minat belajar peserta didik kelas VIII semakin meningkat dalam
proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal tersebut dapat dilihat dari dimensi
keinginan, dimensi perasaan senang, dimensi pengetahuan dan dimensi kebiasaan
serta dimensi perhatian. Ketiga, penerapan metode brainstorming memberikan
konstribusi dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4
Barebbo. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan penerapan metode brainstorming di
sekolah tersebut semakin meningkat keinginan belajarnya, perasaan senangnya,
pengetahuannya, kebiasaan belajarnya, dan perhatiannya siswa terhadap
pembelajaran Pendidikan Agam Islam.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab tiga sebelumnya maka penulis dapat
menyimpulkan sebagai berikut
1. Penarapan metode brainstorming telah dilaksanakan dengan baik oleh guru
Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 4 Barebbo dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal tersebut dibuktikan dengan telah
diterapkannya langkah-langkah dalam metode brainstorming yaitu diawali
dengan pemberikan informasi dan motivasi, identifikasi, klasifikasi, verifikasi,
dan konklusi.
2. Minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Barebbo semakin meningkat
dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal tersebut dapat
dilihat dari dimensi keinginan, dimensi perasaan
senang, dimensi
pengetahuan, dimensi kebiasaan, dan dimensi perhatian.
3. Penerapan metode brainstorming memberikan konstribusi dalam
meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Barebbo. Hal
tersebut dapat dibuktikan dengan penerapan metode brainstorming di sekolah
tersebut semakin meningkat keinginan belajarnya, perasaan senangnya,
pengetahuannya, kebiasaan belajarnya, dan perhatiannya terhadap
pembelajaran Pendidikan Agam Islam.
B. Implikasi
1. Kepada guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 4 Barebbo agar tetap
selalu menerapkan Metode Brainstorming untuk meningkatkan minat belaajar
siswa.
2. Adanya skripsi ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi
guru dan kepada pihak yang terkait menindaklanjuti dengan memberikan
penyuluhan kepada guru-guru tentang penerapan metode belajar yang baik
dan benar dalam meningkatkan minat belajar siswa.
3. Kepada siswa SMP Negeri 4 Barebbotetap tingkatkan minat belajar Anda
khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMP Negeri 4 Barebbo Kec. Barebbo Kab. Bone. Bertujuan untuk
mengetahui urgensi penerapan metode brainstorming, minat belajar siswa setelah
menerapkan metode tersebut dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII
di SMP Negeri 4 Barebbo dan konstribusi penerapan metode brainstorming dalam
meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Barebbo Kec.
Barebbo Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitative research), dengan menggunakan
metode wawancara dan dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah
pendekatan pedagogis, pendekatan sosiologis dan pendekatan psikologis. Data
dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode
brainstorming telah dilaksanakan dengan baik oleh guru Pendidikan Agama Islam di
kelas VIII SMP Negeri 4 Barebbo dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Adapun langkah-langkah dalam metode brainstorming yaitu diawali dengan
pemberikan informasi dan motivasi, identifikasi, klasifikasi dan verifikasi serta
konklusi. Kedua, minat belajar peserta didik kelas VIII semakin meningkat dalam
proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal tersebut dapat dilihat dari dimensi
keinginan, dimensi perasaan senang, dimensi pengetahuan dan dimensi kebiasaan
serta dimensi perhatian. Ketiga, penerapan metode brainstorming memberikan
konstribusi dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4
Barebbo. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan penerapan metode brainstorming di
sekolah tersebut semakin meningkat keinginan belajarnya, perasaan senangnya,
pengetahuannya, kebiasaan belajarnya, dan perhatiannya siswa terhadap
pembelajaran Pendidikan Agam Islam.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab tiga sebelumnya maka penulis dapat
menyimpulkan sebagai berikut
1. Penarapan metode brainstorming telah dilaksanakan dengan baik oleh guru
Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 4 Barebbo dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal tersebut dibuktikan dengan telah
diterapkannya langkah-langkah dalam metode brainstorming yaitu diawali
dengan pemberikan informasi dan motivasi, identifikasi, klasifikasi, verifikasi,
dan konklusi.
2. Minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Barebbo semakin meningkat
dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal tersebut dapat
dilihat dari dimensi keinginan, dimensi perasaan
senang, dimensi
pengetahuan, dimensi kebiasaan, dan dimensi perhatian.
3. Penerapan metode brainstorming memberikan konstribusi dalam
meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Barebbo. Hal
tersebut dapat dibuktikan dengan penerapan metode brainstorming di sekolah
tersebut semakin meningkat keinginan belajarnya, perasaan senangnya,
pengetahuannya, kebiasaan belajarnya, dan perhatiannya terhadap
pembelajaran Pendidikan Agam Islam.
B. Implikasi
1. Kepada guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 4 Barebbo agar tetap
selalu menerapkan Metode Brainstorming untuk meningkatkan minat belaajar
siswa.
2. Adanya skripsi ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi
guru dan kepada pihak yang terkait menindaklanjuti dengan memberikan
penyuluhan kepada guru-guru tentang penerapan metode belajar yang baik
dan benar dalam meningkatkan minat belajar siswa.
3. Kepada siswa SMP Negeri 4 Barebbotetap tingkatkan minat belajar Anda
khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Ketersediaan
| STAR20200307 | 307/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
307/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
