Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Nasabah BRI Unit Lamuru Desa lamurukung Kec.Tellusiattinge Kab.Bone)
Nila Karmila/01.16.5223 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan nasabah
PT Bank Rakyat Indonesia Unit Lamuru Desa Lamurukung Kecamatan Tellusiattingnge
Kabupaten Bone.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto dengan pendekatan kuantitatif.
Lokasi penelitian dilakukan di PT Bank Rakyat Indonesia Unit Lamuru yang terletak di Desa
Lamurukung Kecamatan Tellusiattingnge Kabupaten Bone. Sampel dalam penelitian ini adalah
nasabah PT Bank Rakyat Indonesia Unit Lamuru Desa Lamurukung Kecamatan Tellusiattingnge
Kabupaten Bone. Jumlah sampel yang dijadikan responden penelitian yaitu sebanyak 44
responden. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui penyebaran
kuesioner (angket) kepada responden, yang selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis
dengan menggunakan bantuan program software SPSS.
Hasil penelitian dengan analisis regresi linear sederhana diketahui bahwa pelayanan prima
memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan nasabah pada BRI Unit Lamuru
Desa Lamurukung Kecamatan Tellusiattingnge Kabupaten Bone. Berdasarkan uji koefisien
determinasi (R2) menunjukkan nilai sebesar 0,926 yang berarti besarnya pengaruh pelayanan
prima terhadap kepuasan nasabah BRI Unit Lamuru Desa Lamurukung Kecamatan
Tellusiattingnge Kabupaten Bone adalah sebesar 92,6%, sedangkan sisanya sebesar 7,4%
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas maka dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut:
1. Pelayanan prima memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan nasabah pada
BRI Unit Lamuru Desa Lamurukung Kecamatan Tellusiattingnge Kabupaten Bone. Hal ini
ditunjukkan dari hasil perhitungan thitung yang bernilai positif (26,666) dengan nilai
probabilitas signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Semakin baik dan berkualitas pelayanan yang
diberikan bank maka semakin meningkatkan kepuasan nasabah.
2. Pelayanan prima yang diberikan oleh BRI Unit Lamuru Desa Lamurukung Kecamatan
Tellusiattingnge Kabupaten Bone memiliki kontribusi sebesar 92,6% terhadap kepuasan
nasabah. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis koefisien determinasi (R2) yang
menunjukkan nilai sebesar 0,926 atau 92,6% dan sisanya 7,4% dipengaruhi oleh faktor-
faktor lainnya.
B. Saran
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan yang telah diuraikan di atas, maka
saran yang perlu disampaikan dalam penelitian ini sebagai berikut:
1. Bagi pihak BRI Unit Lamuru Desa Lamurukung Kecamatan Tellusiattingnge Kabupaten
Bone, diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan kepuasan nasabah dalam
melakukan transaksi dengan tetap selalu memberikan dan meningkatkan pelayanan yang
berkualitas kepada nasabah. Oleh karena itu, pihak manajemen BRI Unit Lamuru Desa
Lamurukung Kecamatan Tellusiattingnge Kabupaten Bone perlu melakukan peningkatan
pelayanan prima.
2. Bagi peneliti selanjutnya, agar dapat menambahkan variabel selain yang telah dibahas
dalam penelitian ini agar dapat diketahui faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi
kepuasan nasabah dalam bertransaksi di BRI Unit Lamuru Desa Lamurukung Kecamatan
Tellusiattingnge Kabupaten Bone, seperti variabel promosi, faktor produk, dan sebagainya.
PT Bank Rakyat Indonesia Unit Lamuru Desa Lamurukung Kecamatan Tellusiattingnge
Kabupaten Bone.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto dengan pendekatan kuantitatif.
Lokasi penelitian dilakukan di PT Bank Rakyat Indonesia Unit Lamuru yang terletak di Desa
Lamurukung Kecamatan Tellusiattingnge Kabupaten Bone. Sampel dalam penelitian ini adalah
nasabah PT Bank Rakyat Indonesia Unit Lamuru Desa Lamurukung Kecamatan Tellusiattingnge
Kabupaten Bone. Jumlah sampel yang dijadikan responden penelitian yaitu sebanyak 44
responden. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui penyebaran
kuesioner (angket) kepada responden, yang selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis
dengan menggunakan bantuan program software SPSS.
Hasil penelitian dengan analisis regresi linear sederhana diketahui bahwa pelayanan prima
memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan nasabah pada BRI Unit Lamuru
Desa Lamurukung Kecamatan Tellusiattingnge Kabupaten Bone. Berdasarkan uji koefisien
determinasi (R2) menunjukkan nilai sebesar 0,926 yang berarti besarnya pengaruh pelayanan
prima terhadap kepuasan nasabah BRI Unit Lamuru Desa Lamurukung Kecamatan
Tellusiattingnge Kabupaten Bone adalah sebesar 92,6%, sedangkan sisanya sebesar 7,4%
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas maka dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut:
1. Pelayanan prima memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan nasabah pada
BRI Unit Lamuru Desa Lamurukung Kecamatan Tellusiattingnge Kabupaten Bone. Hal ini
ditunjukkan dari hasil perhitungan thitung yang bernilai positif (26,666) dengan nilai
probabilitas signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Semakin baik dan berkualitas pelayanan yang
diberikan bank maka semakin meningkatkan kepuasan nasabah.
2. Pelayanan prima yang diberikan oleh BRI Unit Lamuru Desa Lamurukung Kecamatan
Tellusiattingnge Kabupaten Bone memiliki kontribusi sebesar 92,6% terhadap kepuasan
nasabah. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis koefisien determinasi (R2) yang
menunjukkan nilai sebesar 0,926 atau 92,6% dan sisanya 7,4% dipengaruhi oleh faktor-
faktor lainnya.
B. Saran
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan yang telah diuraikan di atas, maka
saran yang perlu disampaikan dalam penelitian ini sebagai berikut:
1. Bagi pihak BRI Unit Lamuru Desa Lamurukung Kecamatan Tellusiattingnge Kabupaten
Bone, diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan kepuasan nasabah dalam
melakukan transaksi dengan tetap selalu memberikan dan meningkatkan pelayanan yang
berkualitas kepada nasabah. Oleh karena itu, pihak manajemen BRI Unit Lamuru Desa
Lamurukung Kecamatan Tellusiattingnge Kabupaten Bone perlu melakukan peningkatan
pelayanan prima.
2. Bagi peneliti selanjutnya, agar dapat menambahkan variabel selain yang telah dibahas
dalam penelitian ini agar dapat diketahui faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi
kepuasan nasabah dalam bertransaksi di BRI Unit Lamuru Desa Lamurukung Kecamatan
Tellusiattingnge Kabupaten Bone, seperti variabel promosi, faktor produk, dan sebagainya.
Ketersediaan
| SFEBI20210166 | 166/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
166/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
