Penerapan Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Akreditasi Sekolah Di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge
Hasmirawati/02.16.3191 - Personal Name
Pokok permasalahan dalam penelitian ini meliputi 1) Bagaimana gambaran
manajemen peserta didik di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge? 2) Fakktor-faktor apa saja
yang mempengaruhi akreditasi sekolah? 3) Mengapa manajemen peserta didik dapat
memberikan pengaruh terhadap penilaian akreditasi?
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan manajemen, pendekatan sosiologis dan pendekatan
pedagogik.Narasumber terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian
kesiswaan dan guru mata pelajaran.
Pada bagian pembahasan skripsi ini membahas tentang penerapan majemen peserta
didik yang meliputi tujuan dan fungsi manajemen peserta didik, penerapan
manajemen peserta didik, prinsip-prinsip manajemen peserta didik, dan pembinaan
peserta didik serta akreditasi sekolah yang meliputi 8 standar nasional pendidikan
yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan
tenaga pendidik, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar
pembiayaan dan standar penilaian.
Berdasarkan hasil analisis data, gambaran mengenai manajemen peserta didik di SMP
Negeri 2 Tellu Siattinge telah terlaksana dengan baik. Manajemen peserta didik di
SMP Negeri 2 Tellu Siattingge dibagi menjadi 4 kegiatan yaitu, masa orientasi siswa,
pencatatan daftar hadir siswa, pencatatan prestasi siswa dan disiplin siswa. Adapun
faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian akreditasi sekolah yaitu standar isi,
standar proses, standar kompetensi lulusan, standar tenaga pendidik dan
kependidikan, standarsarana dan prasarana, standar pembiayaan, standar pengelolaan
dan standar penilaian.Manajemen peserta didik merupakan bagian dari standar
pengelolaan pendidikan nasional.Sehingga, manajemen peserta didik dapat
memberikan pengaruh terhadap penilaian akreditasi sekolah. Dengan terlaksanananya
manajemen peserta didik yang baik di SMP Negeri 2 Tellu Siattingnge, secara tidak
langsung mampu memberikan penilaian positif terhadap akreditasi sehingga SMP
Negeri 2 Tellu Siattingnge mampu memperoleh akreditasi A.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang penerapan
manajemen peserta didik dalam meningkatkan akreditasi sekolah di smp negeri 2
Tellu Siattinge. Maka penulis dapat menyimpulkan:
1. Manajemen peserta didik di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge yaitu suatu proses
atau pengaturan segaa aktivitas yang berkaitan dengan peserta didik mulai
dari awal sekolah hingga siswa itu keluar sekolah atau tamat berupa
Memberikan orientasi kepada siswa baru, mengatur dan mencatat kehadiran
siswa,mencatat prestasi kegiatan yang diraih oleh siswa, dan mengatur
disiplin siswa selaku peserta di sekolah.
2. Faktor yang dapat meningkatkan penilaian akreditasi di SMP Negeri 2 Tellu
Sattinge yaitu terdapat di dalam standar nasinal pendidikan ang diantaranya
standar isi, standar proses, standdar kompetensi lulusan, standar pendidik
dan tenaga pendidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan,
standar pembiayaan, dan standar peniaian,
3. Manajemen peserta didik dapat mempengaruhi penilaian akreditasi karena
dengan pengaturan manajeme peseta didik yang baik termasuk didalamnya
yai ke-8 standar nasional pendidikan terpenuhi maka akreditasi sekolah
tersebut pun akan ikut baik atau bahkan lebih meningkat dari sebelumnya.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka
berikut akan disampaikan beberapa saran yang sekiranya dapat bermanfaat bagi
sekolah SMP Negeri 2 Tellu Siattinge, maupun mahasiswa lain yang ingin melakukan
penelitian berkaitan dengan manajemen peserta didik dalam meningkatkan akreditasi
sekolah. Adapun saran-saran yang dapatdiberikanpenulissebagaiberikut:
1. Berdasarakan hasil penelitian yang diperoleh bahwa penerapan manajemen
peserta didik dalam meningkatkan akreditasi sekolah sudah baik. Jadi
kedepanya diharapkan semua pihak sekolah lebih memaksimalkan
penerapan manajemen peserta didik dengan memenuhi standar nasiaonal
pendidikan sehingga segala aktivitas diskolah berjalan secara efektif dan
efesien serta akreditasinya pun akan meningkat atau lebih baik.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
kepada semua pihak khususnya para guru dan peserta didik, mengenai
pentingnya menerapkan manajemen peserta didik dengan baik.
3. Mengenai pentingnya kedekatan hubungan antara guru dan siswa bagaikan
orang tua dan anaknya, dalam hubungan kedekatan tersebut dipengaruhi
oleh rasa kasihsayang.
manajemen peserta didik di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge? 2) Fakktor-faktor apa saja
yang mempengaruhi akreditasi sekolah? 3) Mengapa manajemen peserta didik dapat
memberikan pengaruh terhadap penilaian akreditasi?
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan manajemen, pendekatan sosiologis dan pendekatan
pedagogik.Narasumber terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian
kesiswaan dan guru mata pelajaran.
Pada bagian pembahasan skripsi ini membahas tentang penerapan majemen peserta
didik yang meliputi tujuan dan fungsi manajemen peserta didik, penerapan
manajemen peserta didik, prinsip-prinsip manajemen peserta didik, dan pembinaan
peserta didik serta akreditasi sekolah yang meliputi 8 standar nasional pendidikan
yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan
tenaga pendidik, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar
pembiayaan dan standar penilaian.
Berdasarkan hasil analisis data, gambaran mengenai manajemen peserta didik di SMP
Negeri 2 Tellu Siattinge telah terlaksana dengan baik. Manajemen peserta didik di
SMP Negeri 2 Tellu Siattingge dibagi menjadi 4 kegiatan yaitu, masa orientasi siswa,
pencatatan daftar hadir siswa, pencatatan prestasi siswa dan disiplin siswa. Adapun
faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian akreditasi sekolah yaitu standar isi,
standar proses, standar kompetensi lulusan, standar tenaga pendidik dan
kependidikan, standarsarana dan prasarana, standar pembiayaan, standar pengelolaan
dan standar penilaian.Manajemen peserta didik merupakan bagian dari standar
pengelolaan pendidikan nasional.Sehingga, manajemen peserta didik dapat
memberikan pengaruh terhadap penilaian akreditasi sekolah. Dengan terlaksanananya
manajemen peserta didik yang baik di SMP Negeri 2 Tellu Siattingnge, secara tidak
langsung mampu memberikan penilaian positif terhadap akreditasi sehingga SMP
Negeri 2 Tellu Siattingnge mampu memperoleh akreditasi A.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang penerapan
manajemen peserta didik dalam meningkatkan akreditasi sekolah di smp negeri 2
Tellu Siattinge. Maka penulis dapat menyimpulkan:
1. Manajemen peserta didik di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge yaitu suatu proses
atau pengaturan segaa aktivitas yang berkaitan dengan peserta didik mulai
dari awal sekolah hingga siswa itu keluar sekolah atau tamat berupa
Memberikan orientasi kepada siswa baru, mengatur dan mencatat kehadiran
siswa,mencatat prestasi kegiatan yang diraih oleh siswa, dan mengatur
disiplin siswa selaku peserta di sekolah.
2. Faktor yang dapat meningkatkan penilaian akreditasi di SMP Negeri 2 Tellu
Sattinge yaitu terdapat di dalam standar nasinal pendidikan ang diantaranya
standar isi, standar proses, standdar kompetensi lulusan, standar pendidik
dan tenaga pendidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan,
standar pembiayaan, dan standar peniaian,
3. Manajemen peserta didik dapat mempengaruhi penilaian akreditasi karena
dengan pengaturan manajeme peseta didik yang baik termasuk didalamnya
yai ke-8 standar nasional pendidikan terpenuhi maka akreditasi sekolah
tersebut pun akan ikut baik atau bahkan lebih meningkat dari sebelumnya.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka
berikut akan disampaikan beberapa saran yang sekiranya dapat bermanfaat bagi
sekolah SMP Negeri 2 Tellu Siattinge, maupun mahasiswa lain yang ingin melakukan
penelitian berkaitan dengan manajemen peserta didik dalam meningkatkan akreditasi
sekolah. Adapun saran-saran yang dapatdiberikanpenulissebagaiberikut:
1. Berdasarakan hasil penelitian yang diperoleh bahwa penerapan manajemen
peserta didik dalam meningkatkan akreditasi sekolah sudah baik. Jadi
kedepanya diharapkan semua pihak sekolah lebih memaksimalkan
penerapan manajemen peserta didik dengan memenuhi standar nasiaonal
pendidikan sehingga segala aktivitas diskolah berjalan secara efektif dan
efesien serta akreditasinya pun akan meningkat atau lebih baik.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
kepada semua pihak khususnya para guru dan peserta didik, mengenai
pentingnya menerapkan manajemen peserta didik dengan baik.
3. Mengenai pentingnya kedekatan hubungan antara guru dan siswa bagaikan
orang tua dan anaknya, dalam hubungan kedekatan tersebut dipengaruhi
oleh rasa kasihsayang.
Ketersediaan
| STAR20220361 | 361/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
361/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
