Urgensi Iklim Komunikasi dalam Pengelolaan Madrasah di MTs Nurul Aeyn Asadiyah Kampung-Baru Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone
Nirmawati Dewi/02143028 - Personal Name
Skripsi ini bertugas untuk membahasUrgensi Iklim Komunikas idalam
Pengelolaan Madrasah di MTs Nurul Aeyn Asadiyah Kampung-Baru Kecamatan
Tellusiattinge Kabupaten Bone. Adapun tujuan yang dibahas dalam skripsi ini adalah
1) Untuk mengetahui urgensi iklim komunikasi di MTs Nurul Aeyn Asadiyah
Kampung-Baru, 2) Untuk mengetahui pengelolaan madrasah di MTs Nurul Aeyn
Asadiyah Kampung-Baru, 3) Untuk mengetahui kontribusi iklim komunikasi
terhadap pengelolaan madrasah di MTs NurulAeynAsadiyah Kampung-Baru.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui field research (riset
lapangan) dengan menggunakan pendekatan sosiologis dan pendekatan manajemen.
Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama urgensi iklim
komunikasi di MTs Nurul AeynAsadiyah Kampung-Baru yaitu dapat memberikan
dukungan, partisipasi, kepercayaan, keterbukaan serta tujuan kinerja pada kepala
madrasah, guru, staf dan komite madrasah. Kedua pengelolaan madrasah di MTs
Nurul Aeyn Asadiyah Kampung-Baru yaitu pengelolaan dengan melakukan proses
perencanaan, mengorganisasikan, pengarahan dan proses pengawasan. Ketiga
kontribusi iklim komunikasi terhadap pengelolaan madrasah di MTs Nurul Aeyn
Asadiyah Kampung-Baru yaitu memberikan dukungan pada setiap kebijakan
madrasah, memberikan kontribusi dalam pengambilan keputusan mengenai kebijakan
madrasah, memberikan informasi kepada kepala madrasah, guru, staf dan komite
madrasah dan memberikan kemampuan dalam membentuk kepercayaan, komitmen
kepala madrasah, guru, staf dan komite madrasah dalam pengelolaan madrasah.
A. Simpulan
1. Urgensi iklim komunikasi di MTs Nurul Aeyn Asadiyah Kampung-Baru yaitu
dapat memberikan dukungan, partisipasi, kepercayaan, keterbukaan serta
tujuan kinerja pada kepala madrasah, guru, staf dan komite madrasah.
2. Pengelolaan madrasah di MTs Nurul Aeyn Asadiyah Kampung-Baru yaitu
pengelolaan dengan melakukan proses perencanaan, mengorganisasikan,
pengarahan dan proses pengawasan.
3. Kontribusi iklim komunikasi terhadap pengelolaan madrasah di MTs Nurul
Aeyn Asadiyah Kampung-Baru yaitu memberikan dukungan pada setiap
kebijakan madrasah menghargai perbedaan pendapat, memberikan kontribusi
dalam pengambilan keputusan mengenai kebijakan madrasah, memberikan
informasi kepada kepala madrasah, guru, staf dan komite madrasah dan
memberikan kemampuan dalam membentuk kepercayaan, komitmen kepala
madrasah, guru, staf dan komite madrasah dalam pengelolaan madrasah.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala madrasah, guru, staf dan komite madrasah agar
lebih memaksimalkan iklim komunikasi, sehingga proses pengelolaan
madrasah dapat berjalan dengan baik.
2. Diharapkan kepada kepala madrasah, guru, staf dan komite madrasah dapat
berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam
meningkatkan pengelolaan madrasah.
Pengelolaan Madrasah di MTs Nurul Aeyn Asadiyah Kampung-Baru Kecamatan
Tellusiattinge Kabupaten Bone. Adapun tujuan yang dibahas dalam skripsi ini adalah
1) Untuk mengetahui urgensi iklim komunikasi di MTs Nurul Aeyn Asadiyah
Kampung-Baru, 2) Untuk mengetahui pengelolaan madrasah di MTs Nurul Aeyn
Asadiyah Kampung-Baru, 3) Untuk mengetahui kontribusi iklim komunikasi
terhadap pengelolaan madrasah di MTs NurulAeynAsadiyah Kampung-Baru.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui field research (riset
lapangan) dengan menggunakan pendekatan sosiologis dan pendekatan manajemen.
Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama urgensi iklim
komunikasi di MTs Nurul AeynAsadiyah Kampung-Baru yaitu dapat memberikan
dukungan, partisipasi, kepercayaan, keterbukaan serta tujuan kinerja pada kepala
madrasah, guru, staf dan komite madrasah. Kedua pengelolaan madrasah di MTs
Nurul Aeyn Asadiyah Kampung-Baru yaitu pengelolaan dengan melakukan proses
perencanaan, mengorganisasikan, pengarahan dan proses pengawasan. Ketiga
kontribusi iklim komunikasi terhadap pengelolaan madrasah di MTs Nurul Aeyn
Asadiyah Kampung-Baru yaitu memberikan dukungan pada setiap kebijakan
madrasah, memberikan kontribusi dalam pengambilan keputusan mengenai kebijakan
madrasah, memberikan informasi kepada kepala madrasah, guru, staf dan komite
madrasah dan memberikan kemampuan dalam membentuk kepercayaan, komitmen
kepala madrasah, guru, staf dan komite madrasah dalam pengelolaan madrasah.
A. Simpulan
1. Urgensi iklim komunikasi di MTs Nurul Aeyn Asadiyah Kampung-Baru yaitu
dapat memberikan dukungan, partisipasi, kepercayaan, keterbukaan serta
tujuan kinerja pada kepala madrasah, guru, staf dan komite madrasah.
2. Pengelolaan madrasah di MTs Nurul Aeyn Asadiyah Kampung-Baru yaitu
pengelolaan dengan melakukan proses perencanaan, mengorganisasikan,
pengarahan dan proses pengawasan.
3. Kontribusi iklim komunikasi terhadap pengelolaan madrasah di MTs Nurul
Aeyn Asadiyah Kampung-Baru yaitu memberikan dukungan pada setiap
kebijakan madrasah menghargai perbedaan pendapat, memberikan kontribusi
dalam pengambilan keputusan mengenai kebijakan madrasah, memberikan
informasi kepada kepala madrasah, guru, staf dan komite madrasah dan
memberikan kemampuan dalam membentuk kepercayaan, komitmen kepala
madrasah, guru, staf dan komite madrasah dalam pengelolaan madrasah.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala madrasah, guru, staf dan komite madrasah agar
lebih memaksimalkan iklim komunikasi, sehingga proses pengelolaan
madrasah dapat berjalan dengan baik.
2. Diharapkan kepada kepala madrasah, guru, staf dan komite madrasah dapat
berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam
meningkatkan pengelolaan madrasah.
Ketersediaan
| STAR20180285 | 285/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
285/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
