Urgensi Pemanfaatan Buku Ajar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Barebbo Kec. Barebbo Kab. Bone
Adriani/02.16.1159 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang urgensi pemanfaatan buku ajar dalam meningkatkan
pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Barebbo. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kriteria buku ajar yang dimanfaatkan
pada mata pelajaran, pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI, kontribusi dari
pemanfaatan buku ajar dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran
PAI di SMP Negeri 2 Barebbo Kec. Barebbo Kab. Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif (Qualitatif Research).
Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan pedagogis dan psikologis. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yakni menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif
dengan tahapan yakni reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kriteria buku ajar yang dimanfaatkan pada
mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Barebbo Kec. Barebbo Kab. Bone memenuhi
kriteria materi, kebahasaan dan penyajian. 2) Pemahaman siswa pada mata pelajaran
PAI di SMP Negeri 2 Barebbo Kec. Barebbo Kab. Bone memenuhi indikator
pemahaman yakni dapat dilihat dari beberapa aspek diantaranya kemampuan siswa
dalam menerjemahkan suatu bentuk simbolik kesatu bentuk lainnya, kemampuan
siswa dalam memahami dan menginterpretasi berbagai bacaan yang terdapat dalam
buku ajar, kemampuan siswa untuk membedakan pembenaran atau penyangkalan
suatu kesimpulan yang digambarkan dalam buku ajar, kemampuan siswa untuk
menafsirkan berbagai data sosial yang terdapat dalam buku ajar, kemampuan siswa
untuk menarik kesimpulan dari suatu pernyataan yang diberikan serta kemampuan
siswa dalam menggambarkan kesimpulan dengan menafsirkan. 3) Kontribusi
pemanfaatan buku ajar dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran
PAI di SMP Negeri 2 Barebbo Kec. Barebbo Kab. Bone diantaranya dapat
meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran,
meningkatkan kemampuan siswa dalam menafsirkan materi pembelajaran serta
mengembangkan kemampuan siswa dalam komunikasi pada proses pembelajaran.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang disajikan oleh peneliti,
maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Kriteria buku ajar yang dimanfaatkan pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2
Barebbo Kec. Barebbo Kab. Bone dengan berdasarkan pada materi, kebahasaan
dan penyajian. Dalam hal materi buku ajar hendaknya memuat materi yang
benar, akurat yang sesuai dengan pemahaman siswa, menggunakan data yang
benar secara teoritik dan empiric, mendorong kemandirian dan inovasi bagi siswa
dan memotivasi siswa untuk mengembangkan diri. Dalam kebahasaan hendaknya
memuat bahasa yang tepat, lugas dan jelas serta sesuai dengan usia peserta didik,
ilustrasi bahasa yang baik berupa teks maupun gambar sesuai dengan usia peserta
didik, bahasa yang komunikatif informatif, edukatif, santun, etis, dan estetis
sesuai dengan tingkat perkembangan usia siswa dan memiliki struktur bahasa
yang baik. Sedangkan dalam hal penyajian materi menarik sehingga maknanya
mudah dipahami oleh siswa, ilustrasi materi baik berupa teks maupun gambar,
menarik sesuai usia peserta didik, mudah dipahami siswadapat merangsang untuk
serta berpikir kritis, kreatif, dan inovatif sehingga dapat meningkatkan
pemahaman siswa.
2. Pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Barebbo Kec.
Barebbo Kab. Bone cukup baik hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek
diantaranya kemampuan siswa dalam menerjemahkan suatu bentuk simbolik
kesatu bentuk lainnya, kemampuan siswa dalam memahami dan menginterpretasi
berbagai bacaan yang terdapat dalam buku ajar , kemampuan siswa untuk
membedakan pembenaran atau penyangkalan suatu kesimpulan yang
digambarkan dalam buku ajar, kemampuan siswa untuk menafsirkan berbagai
data sosial yang terdapat dalam buku ajar , kemampuan siswa untuk menarik
kesimpulan dari suatu pernyataan yang diberikan serta kemampuan siswa dalam
menggambarkan kesimpulan dengan menafsirkan.
3. Kontribusi dari pemanfaatan buku ajar dalam meningkatkan pemahaman siswa
pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Barebbo Kec. Barebbo Kab. Bone
diantaranya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi
pembelajaran, meningkatkan kemampuan siswa dalam menafsirkan materi
pembelajaran serta mengembangkan kemampuan siswa dalam komunikasi pada
proses pembelajaran.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan, peneliti mengajukan beberapa
implikasi sebagai berikut:
1. Disarankan kepada peneliti berikutnya yang meneliti topik sejenis penelitian ini
agar dilakukan terhadap informan yang lebih banyak, sehingga hasilnya lebih
sahih.
2. Disarankan kepada peneliti berikutnya yang meneliti topik sejenis penelitian ini
agar dilakukan dalam jangka waktu yang lebih lama, terutama bila menggunakan
pendekatan kualitatif.
3. Disarankan kepada guru dan pihak sekolah untuk menciptakan budaya semangat
belajar pada siswa tiap mengikuti pembelajaran, salah satunya yaitu dengan
menekankan pentingnya belajar untuk kepentingan masa depan mereka sendiri.
pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Barebbo. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kriteria buku ajar yang dimanfaatkan
pada mata pelajaran, pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI, kontribusi dari
pemanfaatan buku ajar dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran
PAI di SMP Negeri 2 Barebbo Kec. Barebbo Kab. Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif (Qualitatif Research).
Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan pedagogis dan psikologis. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yakni menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif
dengan tahapan yakni reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kriteria buku ajar yang dimanfaatkan pada
mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Barebbo Kec. Barebbo Kab. Bone memenuhi
kriteria materi, kebahasaan dan penyajian. 2) Pemahaman siswa pada mata pelajaran
PAI di SMP Negeri 2 Barebbo Kec. Barebbo Kab. Bone memenuhi indikator
pemahaman yakni dapat dilihat dari beberapa aspek diantaranya kemampuan siswa
dalam menerjemahkan suatu bentuk simbolik kesatu bentuk lainnya, kemampuan
siswa dalam memahami dan menginterpretasi berbagai bacaan yang terdapat dalam
buku ajar, kemampuan siswa untuk membedakan pembenaran atau penyangkalan
suatu kesimpulan yang digambarkan dalam buku ajar, kemampuan siswa untuk
menafsirkan berbagai data sosial yang terdapat dalam buku ajar, kemampuan siswa
untuk menarik kesimpulan dari suatu pernyataan yang diberikan serta kemampuan
siswa dalam menggambarkan kesimpulan dengan menafsirkan. 3) Kontribusi
pemanfaatan buku ajar dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran
PAI di SMP Negeri 2 Barebbo Kec. Barebbo Kab. Bone diantaranya dapat
meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran,
meningkatkan kemampuan siswa dalam menafsirkan materi pembelajaran serta
mengembangkan kemampuan siswa dalam komunikasi pada proses pembelajaran.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang disajikan oleh peneliti,
maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Kriteria buku ajar yang dimanfaatkan pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2
Barebbo Kec. Barebbo Kab. Bone dengan berdasarkan pada materi, kebahasaan
dan penyajian. Dalam hal materi buku ajar hendaknya memuat materi yang
benar, akurat yang sesuai dengan pemahaman siswa, menggunakan data yang
benar secara teoritik dan empiric, mendorong kemandirian dan inovasi bagi siswa
dan memotivasi siswa untuk mengembangkan diri. Dalam kebahasaan hendaknya
memuat bahasa yang tepat, lugas dan jelas serta sesuai dengan usia peserta didik,
ilustrasi bahasa yang baik berupa teks maupun gambar sesuai dengan usia peserta
didik, bahasa yang komunikatif informatif, edukatif, santun, etis, dan estetis
sesuai dengan tingkat perkembangan usia siswa dan memiliki struktur bahasa
yang baik. Sedangkan dalam hal penyajian materi menarik sehingga maknanya
mudah dipahami oleh siswa, ilustrasi materi baik berupa teks maupun gambar,
menarik sesuai usia peserta didik, mudah dipahami siswadapat merangsang untuk
serta berpikir kritis, kreatif, dan inovatif sehingga dapat meningkatkan
pemahaman siswa.
2. Pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Barebbo Kec.
Barebbo Kab. Bone cukup baik hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek
diantaranya kemampuan siswa dalam menerjemahkan suatu bentuk simbolik
kesatu bentuk lainnya, kemampuan siswa dalam memahami dan menginterpretasi
berbagai bacaan yang terdapat dalam buku ajar , kemampuan siswa untuk
membedakan pembenaran atau penyangkalan suatu kesimpulan yang
digambarkan dalam buku ajar, kemampuan siswa untuk menafsirkan berbagai
data sosial yang terdapat dalam buku ajar , kemampuan siswa untuk menarik
kesimpulan dari suatu pernyataan yang diberikan serta kemampuan siswa dalam
menggambarkan kesimpulan dengan menafsirkan.
3. Kontribusi dari pemanfaatan buku ajar dalam meningkatkan pemahaman siswa
pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Barebbo Kec. Barebbo Kab. Bone
diantaranya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi
pembelajaran, meningkatkan kemampuan siswa dalam menafsirkan materi
pembelajaran serta mengembangkan kemampuan siswa dalam komunikasi pada
proses pembelajaran.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan, peneliti mengajukan beberapa
implikasi sebagai berikut:
1. Disarankan kepada peneliti berikutnya yang meneliti topik sejenis penelitian ini
agar dilakukan terhadap informan yang lebih banyak, sehingga hasilnya lebih
sahih.
2. Disarankan kepada peneliti berikutnya yang meneliti topik sejenis penelitian ini
agar dilakukan dalam jangka waktu yang lebih lama, terutama bila menggunakan
pendekatan kualitatif.
3. Disarankan kepada guru dan pihak sekolah untuk menciptakan budaya semangat
belajar pada siswa tiap mengikuti pembelajaran, salah satunya yaitu dengan
menekankan pentingnya belajar untuk kepentingan masa depan mereka sendiri.
Ketersediaan
| STAR2022337 | 337/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
337/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
