Kompetensi Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Al-Thalibiyah Lalepo Kecamatan Kahu Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas kompetensi guru. Fokus pembahasan adalah
bagaimana kompetensi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di
MTs Al-Thalibiyah Lalepo Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Masalah yang
diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi guru PAI di MTs Al-
Thalibiyah Lalepo, bagaimana motivasi belajar siswa di MTs Al-Thalibiyah
Lalepo, dan bagaimana kontribusi kompetensi guru PAI dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa di MTs Al-Thalibiyah Lalepo.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan
pendekatan pedagodik, sosiologis, antropologis, psikologis, dan pendekatan non-
ilmiah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Kompetensi guru PAI di
MTs Al-Thalibiyah Lalepo adalah terdiri dari kompetensi pedagogik, kompetensi
kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Kedua, Motivasi
belajar siswa di MTs Al-Thalibiyah Lalepo adalah siswa memiliki hasrat dan
keinginan untuk berhasil, memiliki dorongan dan kebutuhan dalam belajar,
memiliki harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam proses
belajar seperti pemberian hadiah, dan adanya kegiatan yang menarik dalam belajar
agar siswa tidak bosan. Ketiga, Kontribusi kompetensi guru PAI dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al-Thalibiyah Lalepo sangat besar.
Guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberikan tugas
kepada siswa untuk diselesaikan, mengadakan ulangan agar siswa memiliki
keinginan untuk belajar, memberikan hadiah agar siswa senang dalam belajar dan
guru menumbuhkan motivasi siswa dengan cara mengaitkan pembelajaran dengan
kehidupan nyata.
A. Kesimpulan
Setelah mengadakan penelitian tentang Kompetensi Guru PAI dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Al-Thalibiyah Lalepo, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Kompetensi guru PAI di MTs Al-Thalibiyah Lalepo sebagai berikut:
a. Kompetensi Pedagogik, adalah pemahaman guru perencanaan
pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan
pengembangan siswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang
dimilikinya.
b. Kompetensi Kepribadian, adalah kemampuan personal yang
mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan
berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.
c. Kompetensi Sosial, adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi,
menjalin kerja sama dan berinteraksi secara efektif dan efisien, dengan
siswa, sesama pendidik, orang tua siswa dan masyarakat sekitar.
d. Kompetensi Profesional, adalah penguasaan guru atas materi
pembelajaran secara luas dan mendalam dan yang berhubungan dengan
penyelesaian tugas-tugas keguruan.
2. Motivasi belajar siswa di MTs Al-Thalibiyah Lalepo adalah siswa memiliki
hasrat dan keinginan untuk berhasil, siswa memiliki dorongan dan
kebutuhan dalam belajar, siswa memiliki harapan dan cita-cita masa depan,
ada penghargaan dalam proses belajar seperti pemberian hadiah, dan ada
kegiatan yang menarik dalam belajar agar siswa tidak bosan.
3. Kontribusi kompetensi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa di Mts Al-Thalibiyah Lalepo sangat besar. Guru dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa dengan memberikan tugas kepada siswa untuk
diselesaikan, mengadakan ulangan agar siswa memiliki keinginan untuk
belajar, memberikan hadiah agar siswa senang dalam belajar dan guru
menumbuhkan motivasi siswa dengan cara mengaitkan pembelajaran
dengan kehidupan nyata.
B. Implikasi
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan implikasi penelitian sebagai berikut:
1. Disarankan kepada kepala sekolah untuk memberikan perhatian lebih
terhadap kompetensi-kompetensi guru di Mts Al-Thalibiyah Lalepo, guru
agar pelaksanaan proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik agar
tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dapat tercapai.
2. Disarankan kepada setiap guru agar terus mempertahankan kompetensi-
kompetensi yang telah dimiliki baik kompetensi kepribadian, kompetensi
profesional, kompetensi pedagogik maupun kompetensi sosial, serta terus
berusaha untuk lebih meningkatkan segala hal yang berkaitan dengan
kompetensi tersebut.
Ketersediaan
STAR2020001515/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

15/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top