Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha Hijab Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada ST Hijab Kel Macanang Watampone)
Ratna Dewi/01.16.5006 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Analisis Strategi Pemasaran Terhadap
Perkembangan Usaha Hijab Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Tujuan, Pertama
Untuk menganalisis strategi pemasaran dalam perkembangan usaha hijab menurut
perspektif ekonomi Islam. Kedua Untuk menganalisis kendala strategi pemasaran
dalam perkembangan usaha hijab menurut perspektif ekonomi Islam. Ketiga Untuk
menganalisis hubungan strategi pemasaran dalam perkembangan usaha hijab di Toko
ST. Hijab Kelurahan Macanang Watampone.
Adapun jenis penelitian yang dipergunakan adalah jenis penelitian kualitatif
dan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan
data sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama Strategi pemasaran yang
dilakukan ST. Hijab sudah sesuai dengan pelaksanaan strategi pemasaran pada
umumnya dan juga mengedepankan pemasaran syariah.Penerapan strategi pemasaran
sangatlah penting untuk perkembangan Toko ST. Hijab, Dengan adanya bauran
pemasaran yang terdiri dari 7P (Product, Place, Price, Promotion, People, Process,
Physical Evedence) terbukti mampu memberikan perkembangan untuk Toko ST.
Hijab. Kedua Kendala strategi pemasaran yang dihadapi di Toko ST. Hijab yaitu
complain atas barang yang rusak, terhacknya akun social media yang dijadikan
sebagai sarana promosi, dan adanya pandemic Covid-19. Adapun Hubungan Strategi
Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha yaitu semakin tinggi strategi produk,
harga, distribusi dan promosi maka akan semakin meningkatkan penjualan yang
terjadi. Dengan demikian, produk, harga, distribusi dan promosi secara bersama-sama
berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan. Hal ini terjadi karena
produk, harga, distribusi dan promosi mempunyai hubungan terhadap peningkatan
penjualan.Sehingga jika strategi pemasaran telah dilakukan maka akan dapat
mencapai volume penjualan dan meningkatkan laba/keuntungan perusahaan serta
dapat menunjang pertumbuhan perusahaan itu sendiri.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya,
maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Strategi pemasaran yang dilakukan ST. Hijab menunjukkan bahwa sudah
sesuai dengan pelaksanaan strategi pemasaran pada umumnya dan juga
mengedepankan pemasaran syariah. Penerapan strategi pemasaran sangatlah
penting untuk perkembangan Toko ST. Hijab. Dengan adanya bauran
pemasaran yang terdiri dari 7P (Product, Place, Price, Promotion, People,
Process, Physical Evedence) terbukti mampu memberikan perkembangan
untuk Toko ST. Hijab itu sendiri.
2. Kendala yang dihadapi yaitu ketika adanya komplain atas barang yang rusak
maka ini akan menjadi sebuah masalah bagi toko karena akan berdampak bagi
kepuasan pelanggan. Kemudian terhackernya salah satu sosial media Toko St.
Hijab yang dimana sosial media tersebut adalah yang paling ngetrend saat ini
dan paling banyak dilihat oleh pelanggan baik yang dari kota Bone khususnya
maupun kota lainnya sehingga dari sosial media ini dapat dilakukan yang
namanya pembelian barang/produk secara online. Dan kendala terakhir yang
banyak dirasakan oleh banyak sekali para pedagang yaitu Pandemi dari Virus
Corona yang menimpa seluruh negri baik di dalam negeri maupun di luar
negeri.
3. Hubungan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha yaitu semakin
tinggi strategi produk, harga, distribusi dan promosi maka akan semakin
meningkatkan peningkatan penjualan yang terjadi. Dengan demikian, produk,
harga, distribusi dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan
terhadap peningkatan penjualan. Hal ini terjadi karena produk, harga,
distribusi dan promosi mempunyai hubungan terhadap peningkatan
penjualan.Sehingga jika strategi pemasaran telah dilakukan maka akan dapat
mencapai volume penjualan dan meningkatkan laba/keuntungan perusahaan
serta dapat menunjang pertumbuhan perusahaan itu sendiri.
B. Saran
Akhirnya penulis dapat memberikan sedikit saran yang mudah-mudahan dapat
memberikan (masukan) kepada toko Sinar Terang Hijab
1. Memperbaiki strategi pemasaran toko agar dapat lebih mudah
mengembangkan penjualan produk.
2. Mempertahankan hubungan yang harmonis dan meningkatkan kualitas
karyawan sehingga terciptanya kerjasama yang baik. Dengan tujuan agar
kedepannya lebih baik.
Perkembangan Usaha Hijab Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Tujuan, Pertama
Untuk menganalisis strategi pemasaran dalam perkembangan usaha hijab menurut
perspektif ekonomi Islam. Kedua Untuk menganalisis kendala strategi pemasaran
dalam perkembangan usaha hijab menurut perspektif ekonomi Islam. Ketiga Untuk
menganalisis hubungan strategi pemasaran dalam perkembangan usaha hijab di Toko
ST. Hijab Kelurahan Macanang Watampone.
Adapun jenis penelitian yang dipergunakan adalah jenis penelitian kualitatif
dan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan
data sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama Strategi pemasaran yang
dilakukan ST. Hijab sudah sesuai dengan pelaksanaan strategi pemasaran pada
umumnya dan juga mengedepankan pemasaran syariah.Penerapan strategi pemasaran
sangatlah penting untuk perkembangan Toko ST. Hijab, Dengan adanya bauran
pemasaran yang terdiri dari 7P (Product, Place, Price, Promotion, People, Process,
Physical Evedence) terbukti mampu memberikan perkembangan untuk Toko ST.
Hijab. Kedua Kendala strategi pemasaran yang dihadapi di Toko ST. Hijab yaitu
complain atas barang yang rusak, terhacknya akun social media yang dijadikan
sebagai sarana promosi, dan adanya pandemic Covid-19. Adapun Hubungan Strategi
Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha yaitu semakin tinggi strategi produk,
harga, distribusi dan promosi maka akan semakin meningkatkan penjualan yang
terjadi. Dengan demikian, produk, harga, distribusi dan promosi secara bersama-sama
berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan. Hal ini terjadi karena
produk, harga, distribusi dan promosi mempunyai hubungan terhadap peningkatan
penjualan.Sehingga jika strategi pemasaran telah dilakukan maka akan dapat
mencapai volume penjualan dan meningkatkan laba/keuntungan perusahaan serta
dapat menunjang pertumbuhan perusahaan itu sendiri.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya,
maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Strategi pemasaran yang dilakukan ST. Hijab menunjukkan bahwa sudah
sesuai dengan pelaksanaan strategi pemasaran pada umumnya dan juga
mengedepankan pemasaran syariah. Penerapan strategi pemasaran sangatlah
penting untuk perkembangan Toko ST. Hijab. Dengan adanya bauran
pemasaran yang terdiri dari 7P (Product, Place, Price, Promotion, People,
Process, Physical Evedence) terbukti mampu memberikan perkembangan
untuk Toko ST. Hijab itu sendiri.
2. Kendala yang dihadapi yaitu ketika adanya komplain atas barang yang rusak
maka ini akan menjadi sebuah masalah bagi toko karena akan berdampak bagi
kepuasan pelanggan. Kemudian terhackernya salah satu sosial media Toko St.
Hijab yang dimana sosial media tersebut adalah yang paling ngetrend saat ini
dan paling banyak dilihat oleh pelanggan baik yang dari kota Bone khususnya
maupun kota lainnya sehingga dari sosial media ini dapat dilakukan yang
namanya pembelian barang/produk secara online. Dan kendala terakhir yang
banyak dirasakan oleh banyak sekali para pedagang yaitu Pandemi dari Virus
Corona yang menimpa seluruh negri baik di dalam negeri maupun di luar
negeri.
3. Hubungan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha yaitu semakin
tinggi strategi produk, harga, distribusi dan promosi maka akan semakin
meningkatkan peningkatan penjualan yang terjadi. Dengan demikian, produk,
harga, distribusi dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan
terhadap peningkatan penjualan. Hal ini terjadi karena produk, harga,
distribusi dan promosi mempunyai hubungan terhadap peningkatan
penjualan.Sehingga jika strategi pemasaran telah dilakukan maka akan dapat
mencapai volume penjualan dan meningkatkan laba/keuntungan perusahaan
serta dapat menunjang pertumbuhan perusahaan itu sendiri.
B. Saran
Akhirnya penulis dapat memberikan sedikit saran yang mudah-mudahan dapat
memberikan (masukan) kepada toko Sinar Terang Hijab
1. Memperbaiki strategi pemasaran toko agar dapat lebih mudah
mengembangkan penjualan produk.
2. Mempertahankan hubungan yang harmonis dan meningkatkan kualitas
karyawan sehingga terciptanya kerjasama yang baik. Dengan tujuan agar
kedepannya lebih baik.
Ketersediaan
| SFEBI20210253 | 253/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
253/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
