Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT.Telkom Cabang Bone
Fajriani Ismail/01.16.5073 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas
pelanggan pada PT Telkom Cabang Bone. Adapun tujuan yang dicapai dalam
penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas
pelanggan pada PT. Telkom Cabang Bone serta seberapa besar pengaruh kualitas
layanan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Telkom Cabang Bone.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research).
Adapun pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dengan
menggunakan kuesioner serta teknik dokumentasi
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Kualitas layanan
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Telkom Cabang Bone, dengan
nilai t_hitung untuk variabel X sebesar 8.872 jika dibandingkan dengan t_tabel
sebesar 1.661 maka nilai t_hitung lebih besar dari t_tabel (8.872>1.661) dan nilai
signifikansi sebesar 0.000 yang dimana lebih kecil dari 0,05; 2) Besar pengaruh
kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Telkom Cabang Bone sebesar
45.8%. Berarti bahwa kualitas layanan mampu menjelaskan variabel loyalitas
pelanggan sebesar 45.8% sedangkan 54.2% yang lainnya dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini seperti emosional, harga, dan biaya.
Oleh karena itu hendaknya pihak PT. Telkom Cabang Bone dalam mempromosikan
produk-produk yang dan jasa layanannya lebih meningkatkan kinerja dan
meningkatkan kualitas pelayanan secara maksimal, sehingga masyarakat luas dapat
mengetahui produk-produk yang ada.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan yang dapat
diambil adalah:
1. Kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Telkom
Cabang Bone, dengan nilai t_hitung untuk variabel X sebesar 8.872 jika
dibandingkan dengan t_tabel sebesar 1.661 maka nilai t_hitung lebih besar dari
t_tabel (8.872
pelanggan pada PT Telkom Cabang Bone. Adapun tujuan yang dicapai dalam
penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas
pelanggan pada PT. Telkom Cabang Bone serta seberapa besar pengaruh kualitas
layanan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Telkom Cabang Bone.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research).
Adapun pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dengan
menggunakan kuesioner serta teknik dokumentasi
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Kualitas layanan
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Telkom Cabang Bone, dengan
nilai t_hitung untuk variabel X sebesar 8.872 jika dibandingkan dengan t_tabel
sebesar 1.661 maka nilai t_hitung lebih besar dari t_tabel (8.872>1.661) dan nilai
signifikansi sebesar 0.000 yang dimana lebih kecil dari 0,05; 2) Besar pengaruh
kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Telkom Cabang Bone sebesar
45.8%. Berarti bahwa kualitas layanan mampu menjelaskan variabel loyalitas
pelanggan sebesar 45.8% sedangkan 54.2% yang lainnya dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini seperti emosional, harga, dan biaya.
Oleh karena itu hendaknya pihak PT. Telkom Cabang Bone dalam mempromosikan
produk-produk yang dan jasa layanannya lebih meningkatkan kinerja dan
meningkatkan kualitas pelayanan secara maksimal, sehingga masyarakat luas dapat
mengetahui produk-produk yang ada.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan yang dapat
diambil adalah:
1. Kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Telkom
Cabang Bone, dengan nilai t_hitung untuk variabel X sebesar 8.872 jika
dibandingkan dengan t_tabel sebesar 1.661 maka nilai t_hitung lebih besar dari
t_tabel (8.872
Ketersediaan
| SFEBI20230219 | 219/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
219/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
