Penerapan Permainan Bendera Estafet Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Mulampekke’e Desa Cumpiga Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone
Elis Dayanti/02.16.6017 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang penerapan permainan bendera estafet dalam
Mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia dini kelompok B di TK
Mulampekke e Desa Cumpiga Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan motorik kasar anak usia
dini kelompok B di TK Mulampekke e Desa Cunpiga Kecamatan Awangpone
Kabupaten Bone.
Dalam menyusun skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian
lapangan (field research) yaitu peneliti langsung ke lokasi penelitian (TK
Mulampekke e Desa Cumpiga Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone) dengan cara
mengamati objek penelitian yang berhubungan dengan skripsi ini. Adapun teknik
yang digunakan antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
pengolahan data yang digunakan secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) permainan bendera estafet dapat
mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia dini kelompok B di TK
Mulampekke e Desa Cumpiga Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. sudah dapat
dilihat perkembangan kemampuan motorik kasarnya yang sudah sangat baik dan
optimal, setelah memainkan Permainan bendera estafet. maka dengan ini permainan
bendera estafet bisa dikembangkan dengan baik jika selalu diberikan permainan yang
dapat melatih, menstimulasi ataupun yang dapat mengembangkan kemampuan
motorik kasar anak.dengan baik dan optimal 2) Pengembangan kemampuan motorik
kasar anak usia dini setelah melakukan permainan bendera estafet kelompok B di TK
Mulampekke e Desa Cumpiga Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone sudah dapat
dilihat. Dan dapat dibuktikan pada hasil evaluasi anak setelah dilakukan kegiatan
permainan bendera estafet sangat berkontribusi baik karena telah menunjukkan hasil
yang optimal, dari 10 peserta didik menunjukkan adanya pengembangan pada
kemampuan motorik kasar. Jumlah peserta didik pada aspek kekuatan yang mulai
berkembang sebanyak 10 orang, pada aspek kelincahan jumlah peserta didik yang
belum berkembang sebanyak 4 orang dan yang mulai berkembang sebanyak 8 orang,
dan pada aspek koordinasi jumlah peserta didik yang belum berkembang 2 orang dan
yang mulai berkembang sebanyak 8 orang. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan
bahwa melalui permainan bendera estafet , pengembangan kemampuan motorik kasar
anak usia dini dapat dilihat perkembanganya dengan baik dan optimal setelah
malakukan dan memainkan permainan bendera estafet.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
bahwa:
1. Permainan bendera estafet dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar
anak usia dini pada kelompok B TK Mulampekke e Desa Cumpiga Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone. sudah dapat dilihat perkembangan motorik
kasarnya yang sudah sangat baik dan optimal, setelah memainkan Permainan
bendera estafet. maka dengan ini permainan bendera estafet bisa dikembangkan
dengan baik jika selalu diberikan permainan yang dapat melatih, menstimulasi
ataupun yang dapat mengembangkan motorik kasar anak.
2. Pengembangan kemampuan motorik kasar anak usia dini setelah melakukan
permainan bendera estafet di kelompok B TK Mulampekke e Desa Cumpiga
Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone sudah dapat dilihat. Dan dapat
dibuktikan pada hasil evaluasi anak setelah dilakukan kegiatan permainan bendera
estafet sangat berkontribusi baik karena telah menunjukkan hasil yang optimal,
dari 10 peserta didik menunjukkan adanya pengembangan pada kemampuan
motorik kasar. Jumlah peserta didik pada aspek kekuatan yang mulai berkembang
sebanyak 10 orang, pada aspek kelincahan jumlah peserta didik yang belum
berkembang sebanyak 4 orang dan yang mulai berkembang sebanyak 8 orang,
dan pada aspek koordinasi jumlah peserta didik yang belum berkembang 2 orang
dan yang mulai berkembang sebanyak 8 orang. Berdasarkan hasil tersebut
menunjukkan bahwa melalui permainan bendera estafet, pengembangan motorik
kasar anak usia dini dapat dilihat perkembanganya dengan baik dan optimal
setelah malakukan dan memainkan permainan bendera estafet.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitiaan ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitiaan ini, maka
berikut akan disampaikan beberapa saran yang sekiranya dapat bermanfaat bagi guru
terkhususnya guru yang ada di TK Mulampekke e Desa Cumpiga Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone, maupun mahasiswa lain yang berkaitan dengan
penerapan bendera estafet dalam meningkatkan motorik kasar anak usia dini
kelompok b TK Mulampekke e Desa Cumpiga Kecamatan Awangpone Kabupaten
Bone. Adapun saran-saran yang dapat diberikan penulis sebagai berikut :
1. Bagi Guru kelompok B, kiranya menerapkan permainan bendera estafet untuk
meningkatkan motorik kasar anak, selain itu juga dalam melakukan proses
pembelajaran anak selalu dimotivasi.
2. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai
bahan rujukan dalam melaksanakan penelitian yang serupa dan mengganti dengan
jenis permainan yang berbeda.
Mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia dini kelompok B di TK
Mulampekke e Desa Cumpiga Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan motorik kasar anak usia
dini kelompok B di TK Mulampekke e Desa Cunpiga Kecamatan Awangpone
Kabupaten Bone.
Dalam menyusun skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian
lapangan (field research) yaitu peneliti langsung ke lokasi penelitian (TK
Mulampekke e Desa Cumpiga Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone) dengan cara
mengamati objek penelitian yang berhubungan dengan skripsi ini. Adapun teknik
yang digunakan antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
pengolahan data yang digunakan secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) permainan bendera estafet dapat
mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia dini kelompok B di TK
Mulampekke e Desa Cumpiga Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. sudah dapat
dilihat perkembangan kemampuan motorik kasarnya yang sudah sangat baik dan
optimal, setelah memainkan Permainan bendera estafet. maka dengan ini permainan
bendera estafet bisa dikembangkan dengan baik jika selalu diberikan permainan yang
dapat melatih, menstimulasi ataupun yang dapat mengembangkan kemampuan
motorik kasar anak.dengan baik dan optimal 2) Pengembangan kemampuan motorik
kasar anak usia dini setelah melakukan permainan bendera estafet kelompok B di TK
Mulampekke e Desa Cumpiga Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone sudah dapat
dilihat. Dan dapat dibuktikan pada hasil evaluasi anak setelah dilakukan kegiatan
permainan bendera estafet sangat berkontribusi baik karena telah menunjukkan hasil
yang optimal, dari 10 peserta didik menunjukkan adanya pengembangan pada
kemampuan motorik kasar. Jumlah peserta didik pada aspek kekuatan yang mulai
berkembang sebanyak 10 orang, pada aspek kelincahan jumlah peserta didik yang
belum berkembang sebanyak 4 orang dan yang mulai berkembang sebanyak 8 orang,
dan pada aspek koordinasi jumlah peserta didik yang belum berkembang 2 orang dan
yang mulai berkembang sebanyak 8 orang. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan
bahwa melalui permainan bendera estafet , pengembangan kemampuan motorik kasar
anak usia dini dapat dilihat perkembanganya dengan baik dan optimal setelah
malakukan dan memainkan permainan bendera estafet.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
bahwa:
1. Permainan bendera estafet dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar
anak usia dini pada kelompok B TK Mulampekke e Desa Cumpiga Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone. sudah dapat dilihat perkembangan motorik
kasarnya yang sudah sangat baik dan optimal, setelah memainkan Permainan
bendera estafet. maka dengan ini permainan bendera estafet bisa dikembangkan
dengan baik jika selalu diberikan permainan yang dapat melatih, menstimulasi
ataupun yang dapat mengembangkan motorik kasar anak.
2. Pengembangan kemampuan motorik kasar anak usia dini setelah melakukan
permainan bendera estafet di kelompok B TK Mulampekke e Desa Cumpiga
Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone sudah dapat dilihat. Dan dapat
dibuktikan pada hasil evaluasi anak setelah dilakukan kegiatan permainan bendera
estafet sangat berkontribusi baik karena telah menunjukkan hasil yang optimal,
dari 10 peserta didik menunjukkan adanya pengembangan pada kemampuan
motorik kasar. Jumlah peserta didik pada aspek kekuatan yang mulai berkembang
sebanyak 10 orang, pada aspek kelincahan jumlah peserta didik yang belum
berkembang sebanyak 4 orang dan yang mulai berkembang sebanyak 8 orang,
dan pada aspek koordinasi jumlah peserta didik yang belum berkembang 2 orang
dan yang mulai berkembang sebanyak 8 orang. Berdasarkan hasil tersebut
menunjukkan bahwa melalui permainan bendera estafet, pengembangan motorik
kasar anak usia dini dapat dilihat perkembanganya dengan baik dan optimal
setelah malakukan dan memainkan permainan bendera estafet.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitiaan ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitiaan ini, maka
berikut akan disampaikan beberapa saran yang sekiranya dapat bermanfaat bagi guru
terkhususnya guru yang ada di TK Mulampekke e Desa Cumpiga Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone, maupun mahasiswa lain yang berkaitan dengan
penerapan bendera estafet dalam meningkatkan motorik kasar anak usia dini
kelompok b TK Mulampekke e Desa Cumpiga Kecamatan Awangpone Kabupaten
Bone. Adapun saran-saran yang dapat diberikan penulis sebagai berikut :
1. Bagi Guru kelompok B, kiranya menerapkan permainan bendera estafet untuk
meningkatkan motorik kasar anak, selain itu juga dalam melakukan proses
pembelajaran anak selalu dimotivasi.
2. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai
bahan rujukan dalam melaksanakan penelitian yang serupa dan mengganti dengan
jenis permainan yang berbeda.
Ketersediaan
| STAR20190321 | 321/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
321/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
