Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kompetensi siswa di MTs Amir Al-Jannah Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai ”Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam
Meningkatkan Kompetensi siswa di MTs Amir Al-Jannah Kabupaten Bone”. Hal
yang penting dikaji dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan manajemen
kurikulum di MTs Amir Al-Jannah. 2) Bagaimana kompetensi siswa di MTs Amir
Al-Jannah dan 3) Bagaimana Implikasi manajemen kurikulum terhadap peningkatan
kompetensi siswa di MTs Amir Al-Jannah.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan Jenis
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan melakukan reduksi
data, penyajian data, dan kemudian dilakukan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa impelementasi manajemen kurikulum
dalam menigkatkan kompetensi siswa di MTs Amir Al-Jannah kabupaten Bone
dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dapat ditunjukkan pada pelaksanaan
kurikulumnya, dimulai dari menjabarkan silabus menjadi mata pelajaran. menghitung
hari kerja dan jam kerja. Menyusun program tahunan, Menyusun program semeter,
saparated subject currculum (kurikulum terpisah) dilaksanakan dengan kondisi
mengajar, integrated curriculum (kurikulum yang teritegrasia), core curriculum
(kurikulum inti), kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dengan sangat baik,
penilaian berbasis kelas dilaksanakan secara langsung selama didalam kelas, evaluasi
terhadap hasil kurikulum dan evaluasi kurikulum terhadap prosesnya. Terkecuali
untuk kurikulum yang terintegrasi (corelated curriculum) belum dilaksanakan karena
sedang dalam tahap proses penerapan kurikulum baru yaitu K13 yang sekarang sudah
berjalan selama 3 tahun.
Untuk hasil dari kompetensi siswa di MTs Amir Al-Jannah berdasarkan
tanggapan dari responden menunjukkan bahwa komptensi siswa dari rata-rata 70%
meningkat menjadi 90% pada semesternya.
Hasil dari implikasi manajemen kurikulum terhadap kompetensi siswa yaitu
1) Dengan adanya manajemen kurikulum lebih memudahkan guru-guru dalam
memahami mengenai pelaksanaan kurikulum yang diterapkan kepada peserta didik.
2) Guru dapat disiplin dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dimadrasah(tepat
waktu). 3) guru dimadrasah saling membantu jika guru yang lain tidak masuk
meskipun kebanyakan hanya berfungsi sebagai guru pembantu. Dengan demikian
dapat dikatakan bahwa MTs Amir Al-Jannah memudahkan dalam peningkatan
kompetensi siswa. Sehingga dapat menghasilkan kualitas madrasah yang sesuai
dengan harapan.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis terdapat
beberapa kesimpulan terkait implementasi manajemen kurikulum dalam
meningkatkan kompetensi siswa di MTs Amir Al-Jannah Kabupaten Bone yaitu:
Untuk pelaksanaan manajemen kurikulum yang meliputi12 aspek yaitu
dimulai dari menjabarkan silabus menjadi analisis pembelajaranhingga evaluasi
kurikulum terhadap proses, sebagaimana yang dijelaskan di BAB III bahwa
semua dilaksanakan dengan baik. Terkecuali untuk kurikulum yang terintegrasi
(corelated curriculum) belum dilaksanakan karena sedang dalam tahap proses
penerapan kurikulum baru yaitu K13 yang sekarang sudah berjalan selama 3
tahun.
Untukkompetensi siswa di MTs Amir Al-Jannah berdasarkan tanggapan
dari para responden menunjukkan bahwa kompetensi yang dimiliki siswa rata-
rata dari 70% meningkat menjadi 90% dengan demikian keberhasilan
pelaksanaam kurikulum yang diterapkanmemiliki pengaruh yang cukup baik
terhadap peningkatan kompetensis siswa.
Sedangkan hasil penelitian dari implikasi manajemen kurikulum
dalam meningkatkan kompetensi siswa di MTs Amir Al-Jannah menunjukkan
bahwa: 1) dengan adanya manajemen kurikulum lebih memudahkan guru-guru
dalam memahami mengenai pelaksanaan kurikulum yang diterapkan kepada
peserta didik. 2) guru dapat disiplin dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran
dimadrasah(tepat waktu). 3) guru dimadrasah saling membantu jika guru yang
lain tidak masuk meskipun kebanyakan hanya berfungsi sebagai guru pembantu.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan kesimpulan tersebut, makadiuraikan
saran-saran dalam pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Dengan adanya impelmentasi manajemen kurikulum sangat mendukung
terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran di madrasah. Oleh karena
itu diharapkan pihak madrasah lebih mengoptimalkan lagi pelaksanaan
manajemen kurikulumnya agar proses pembelajaran dimadrasah menjadi
lebih baik lagi sehingga dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki
oleh siswa.
2. Diharapkan kepada semua pihak madrasah terutama guru-guru lebih
mempererat lagi hubungan kerjasamnya. Karena melalui kerjasama yang
erat akan lebih mudah mencapai tujuan yang diinginkan. Terutama dalam
mengembangkan kompetensi-kompetensi siswa di MTs AmirAl-Jannah.
Ketersediaan
ST20190110110/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

110/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top