Pemberdayaan Pengawas Satuan Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Dikementerian Agama Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang pemberdayaan pengawas satuan pendidikan
dalam peningkatan mutu pendidikan di Kementerian Agama Kabupaten Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pemberdayaan pengawas satuan
pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan serta untuk mengetahui konstrinusi
pengawas satuan pendidikan dalam peingkatan mutu pendidikan di Kementerian
Agama Kabupaten Bone.
Dalam menyusun skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian
lapangan (field research) yaitu peneliti langsung ke Kementerian Agama Kabupaten
Bone, dengan cara mengamati objek penelitian yang berhubungan dengan skripsi ini.
Adapun teknik yang digunakan antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu secara kualitatif, metode kualitatif ini
memberikan informasi yang lengkap sehingga bermanfaat bagi perkembangan ilmu
pengetahuan serta lebih banyak diterapkan pada berbagai masalah, dan dalam bentuk
analisis deskriptif kualitatif yakni menganalisis dan mendeskripsikan data yang
terkumpul berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pemberdayaan pengawas
satuan pendidikan di Kementerian Agama Kabupaten Bone sudah diberdayakan
dengan cukup baik, karena para pengawas selalu mengikuti berbagai kegiatan seperti
seminar dan diskusi, pendidikan dan pelatihan, Workshop, serta mengumpulkan hasil
laporan yang ditemukan di lapangan sehingga mereka dapat melatih kemampuan
dalam menjalankan tugas dan kewenangannya sebagai pengawas. Kedua, konstribusi
pengawas satuan pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan di Kementerian
Agama Kabupaten Bone cukup baik, cara yang digunakan yaitu memenuhi sumber
daya manusia yang baik dengan bimbingan dan berbagai kegiatan pelatihan, memberi
motivasi, Mentransformasikan multi jenis masukan dan situasi untuk mencapai
derajat nilai tambah tertentu bagi siswa. Mengikutkan siswa dalam berbagai kegiatan
untuk dapat menghasilkan siswa lulusan berprestasi baik dalam bidang akademik
mapun ekstrakurikuler
A. Simpulan
Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka penulis dapat
mengambil kesimpulan bahwa:
1. Pemberdayaan pengawas satuan pendidikan di Kementerian Agama Kabupaten
Bone telah dilaksanakan dengan baik hal itu dapat dilhat dari:
a. Pendidikan dan Pelatihan
Pendidikan dan platihan merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi
para pengawas serta meningkatkan kesadaran dan wawasannya sebagai pengawas
Madrasah. Dengan adanya pendidikan dan pelatihan, maka pengawas madrasah dapat
mengembangkan kompetensinya, memudahkan pengawas menjalankan
tanggungjawabnya, mendapatkan pengalaman serta materi-materi mengenai tugas
pokok dan fungsi pengawas satuan pendidikan.
b. Workshop Kependidikan
Keikutsertaan pengawas dalam mengikui kegiatan Workshop kependidikan
membuat pengawas mampu merancang proses monitoring secara langsung
kelapangan atau ke sekolah yang memerlukan bantuan. Cara yang dilakukan yaitu
melakukan identifikasi masalah untuk mencari tau apa masalah yang dihadapi oleh
guru maupun kepala sekolah, malakukan bimbingan, kemudian tahap pelaksanaan
untuk mengukur keterampilan guru dalam menggunakan metode belajar. Dan yang
selantnya adalah tahap pelaporan dan evaluasi.
Setelah mengikuti kegiatan kependidikan dan Workshop para pengawas dapat
lebih kreatif dan inovatif dalam menjalankan tugas kepengawasan. Kemudian mereka
juga mampu merancang proses monitoring kelapangan atau mendatangi secara
langsung madrasah yang memerlukan bantuan.
c. Seminar danDiskusi
Para pengawas mengkuti seminar dan diskusi kurang lebih satu bulan sekali
untuk membahas masalah-masalah yang terjadi di lapangan. Dengan mengikui
kegiatan seminar dan diskusi, wawasan pengawas semakin meningkat, pengetahuan
dan informasi bertambah mengenai kepengawasan.
Namun, seminar dan diskusi ini meimiliki sedikit kelemahan atau kekurangan,
yaitu waktu pelaksanaannya cukup singkat sehingga pendalaman dan pemahaman
materi tidak sesuai ketika mengikuti pendidikan dan pelatihan.
d. Pertemuan Dan Melaporkan Hasil Tugas Dan Kegiatan Secara Periodik
Pertemuan dan melaporkan hasil tugas dan kegiatan secara periodik sudah
terlaksana dengan baik. Pertemuan dan melaporkan hasil tugas dilaksanakan setiap
enam bulan sekali, pertemuan ini dilaksanakan untuk membahas dan melaporkan
hasil temuan dilapangan.
Mekanisme pelaporan dilakukan dengan menganalisis kebutuhan yang
diperlukan sekolah, melakukan bimbingan dan evaluasi , contohnya adalah laporan
supervisi akademik. Pengawas membuat laporan secara tertulis mengenai temuannya
dilapangan kemudian dilaporkan pada saat pertemuan.
2. Konstribusi Pengawas Satuan Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan
Di Kementerian Agama Kabupaten Bone
a. Masukan(Input)
Kondisi sumber daya manusia yang ada di Kementerian Agama Kabupaten
Bone sudah cukup baik. Untuk memenuhi sumber daya manusia yang baik,
pengawas satuan pendidikan mengikuti beragai kegiatan seperti Workshop, program
pelatihan dan bimbingan untuk lebih meningkatkan kompetensi pengawas sehingga
dapat memenuhi mutu pendidikan.
Dalam pemenuhan yang berupa harapan dan motivasi cukup baik, dalam
diskusi bulanan, pengawas membahas masalah-masalah yang ditemukan sehingga
harapan dan motivasi dituangkan dalam program kerja tahunan dan program kerja
semester, memberikan motivasi dengan menjalin komunikasi yang baik dan
melakukan bimbingan kepada guru dan kepala sekolah.
b. Proses
Cara pengawas satuan pendidikan di Kementeria Agama Kabipaten Bone
mentransformasikan multi jenis masukan dan situasi yaitu memberi pendampingan
dan bimbingan dengan memperhatikan kesehatan guru, kepala sekolah dan siswa
serta tetap memberlakukan kedisiplinan dengan melakukan pembelajaran secara tatap
muka baik melalui during maupun secara langsung
c. Keluaran(Output)
Cara yang dilakukan untuk memperoleh siswa yang unggul, maka dilakukan
bimbingan belajar, mengikuti berbagai kompetisi akademik dan menilai berdasarkan
hasi lraport. Sedangkan ekstrakrikuler yaitu mengikutkan siswa dalam keorgansasian
sehingga dapat melatih kemampuan siswa bukan hanya berdasarkan prestasi
akademik saja tetapi juga dengan prestasi non akademik.
Ketersediaan
STAR20210282282/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

282/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top