Pengaruh Tingkat Premi Terhadap Minat Masyarakat Untuk Menjadi Nasabah Di Asuransi Jasa Raharja Kab.Bone
Abdas Firajullah K/01.16.5077 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat premi terhadap
minat masyarakat untuk menjadi nasabah asuransi kerugian PT. Jasa Raharja
Kabupaten Bone.
Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode Expot
Fakto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti yaitu
dengan menyebarkan kuisioner dan data sekunder yang telah diolah seperti data-data
nasabah, table-tabel dan yang terkait dengan penelitian. Populasi dalam penelitian ini
adalah nasabah yang telah mengambil klaim yang di data oleh pihak PT. Jasa Raharja
sebanyak 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh
yaitu penentuan sampel yang menjadikan semua anggota populasi sebagai sampel
dengan syarat populasi yang ada kurang dari 30 orang,
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari
Premi (X) terhadap Minat Menjadi Nasabah (Y). Hal itu dibuktikan dengan hasil uji
regresi sederhana menggunakan program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil uji t
variabel Premi diperoleh hasil estimasi sebesar nilai thitung = 5,481 lebih besar dari
nilai ttabel = 2,024. Artinya variabel Premi (X) berpengaruh signifikan terhadap
variabel Minat Menjadi Nasabah (Y). hasil uji koefisien determinasi R Square sebesar
0,442 yang menunjukkan bahwa presentase sumbangan pengaruh Premi terhadap
Minat Nasabah sebesar 44,2%, sedangkan sisanya 56,8% dipengaruhi pengetahuan
dan wawasan dan variabel lain yang tidak dimasukkan di variabel ini.
Kata Kuci: Premi dan Minat Menjadi Nasabah
A. Kesimpulan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh premi terhadap
kepuasan nasabah (studi pada PT. Jasa Raharja Kabupaten Bone).
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan sebelumnya, maka dapat
diambil kesimpulan sebagai berikut:
Premi berpengaruh signifikan terhadap Minat Menjadi Nasabah. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa responden setuju dengan indikator Tabel
Mortalitas dalam premi terhadap minat menjadi nasabah, pada jangka waktu
pembayaran premi atau uang kontribusi sesuai dengan kemampuan nasabah
yakni sekali setahun dan jumlah tanggungan/klaim sangat memuaskan karena
tingkat kerugian yang diterima disesuaikan dengan jumlah klaim yang
diberikan.Berdasarkan hasil perhitungan yang menghitung besarnya kontribusi
atau besarnya pengaruh yang diberikan dengan menghitung nilai R Square dan
dikalikan 100%. Nilai R Square sebesar 0,442 dikalikan 100% hasilnya 44,2%.
Maka dapat disimpulkan variabel Premi memberikan kontribusi atau pengaruh
sebesar 44,2% terhadap Minat Menjadi Nasabah di PT. Jasa Raharja, sedangkan
55,8% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam variabel
penelitian ini.
B. Implikasi Penelitian
Berikut ini akan diberikan beberapa saran agar menjadi perhatian
mengenai pengaruh premi terhadap minat menjadi nasabah (studi pada PT. Jasa
Raharja Kabupaten Bone).
1. Bagi pihak PT. Jasa Raharja Kabupaten Bone hendaknya lebih ditingkatkan.
Yang harus ditingkatkan yakni kinerjanya untuk lebih intensif dan
memberikan pilihan-pilihan produk yang dapat membuat masyarakat tertarik.
2. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk dapat mengembangkan dan
menyempurnakan penelitian ini di masa yang akan dating, karena dalam
penelitian ini masih banyak hal dan indikator yang belum dikaji, hanya
sebatas mengkaji pengaruh premi terhadap minat menjadi nasabah, sehingga
sangat diharapkan peneliti selanjutnya mampu menganalisis indikator-
indikator lainnya seperti klaim, kualitas pelayanan, kualitas karyawan atau
indikator lainnya yang berhubungan, agar penelitian ini menjadi pengetahuan
yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat maupun pemerintah.
minat masyarakat untuk menjadi nasabah asuransi kerugian PT. Jasa Raharja
Kabupaten Bone.
Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode Expot
Fakto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti yaitu
dengan menyebarkan kuisioner dan data sekunder yang telah diolah seperti data-data
nasabah, table-tabel dan yang terkait dengan penelitian. Populasi dalam penelitian ini
adalah nasabah yang telah mengambil klaim yang di data oleh pihak PT. Jasa Raharja
sebanyak 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh
yaitu penentuan sampel yang menjadikan semua anggota populasi sebagai sampel
dengan syarat populasi yang ada kurang dari 30 orang,
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari
Premi (X) terhadap Minat Menjadi Nasabah (Y). Hal itu dibuktikan dengan hasil uji
regresi sederhana menggunakan program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil uji t
variabel Premi diperoleh hasil estimasi sebesar nilai thitung = 5,481 lebih besar dari
nilai ttabel = 2,024. Artinya variabel Premi (X) berpengaruh signifikan terhadap
variabel Minat Menjadi Nasabah (Y). hasil uji koefisien determinasi R Square sebesar
0,442 yang menunjukkan bahwa presentase sumbangan pengaruh Premi terhadap
Minat Nasabah sebesar 44,2%, sedangkan sisanya 56,8% dipengaruhi pengetahuan
dan wawasan dan variabel lain yang tidak dimasukkan di variabel ini.
Kata Kuci: Premi dan Minat Menjadi Nasabah
A. Kesimpulan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh premi terhadap
kepuasan nasabah (studi pada PT. Jasa Raharja Kabupaten Bone).
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan sebelumnya, maka dapat
diambil kesimpulan sebagai berikut:
Premi berpengaruh signifikan terhadap Minat Menjadi Nasabah. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa responden setuju dengan indikator Tabel
Mortalitas dalam premi terhadap minat menjadi nasabah, pada jangka waktu
pembayaran premi atau uang kontribusi sesuai dengan kemampuan nasabah
yakni sekali setahun dan jumlah tanggungan/klaim sangat memuaskan karena
tingkat kerugian yang diterima disesuaikan dengan jumlah klaim yang
diberikan.Berdasarkan hasil perhitungan yang menghitung besarnya kontribusi
atau besarnya pengaruh yang diberikan dengan menghitung nilai R Square dan
dikalikan 100%. Nilai R Square sebesar 0,442 dikalikan 100% hasilnya 44,2%.
Maka dapat disimpulkan variabel Premi memberikan kontribusi atau pengaruh
sebesar 44,2% terhadap Minat Menjadi Nasabah di PT. Jasa Raharja, sedangkan
55,8% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam variabel
penelitian ini.
B. Implikasi Penelitian
Berikut ini akan diberikan beberapa saran agar menjadi perhatian
mengenai pengaruh premi terhadap minat menjadi nasabah (studi pada PT. Jasa
Raharja Kabupaten Bone).
1. Bagi pihak PT. Jasa Raharja Kabupaten Bone hendaknya lebih ditingkatkan.
Yang harus ditingkatkan yakni kinerjanya untuk lebih intensif dan
memberikan pilihan-pilihan produk yang dapat membuat masyarakat tertarik.
2. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk dapat mengembangkan dan
menyempurnakan penelitian ini di masa yang akan dating, karena dalam
penelitian ini masih banyak hal dan indikator yang belum dikaji, hanya
sebatas mengkaji pengaruh premi terhadap minat menjadi nasabah, sehingga
sangat diharapkan peneliti selanjutnya mampu menganalisis indikator-
indikator lainnya seperti klaim, kualitas pelayanan, kualitas karyawan atau
indikator lainnya yang berhubungan, agar penelitian ini menjadi pengetahuan
yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat maupun pemerintah.
Ketersediaan
| SFEBI20200205 | 205/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
205/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
