Urgensi Pemberian Penghargaan Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Di SMAN 13 Bone
Reny Putri Utari/02.16.3050 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang urgensi pemberian penghargaan dalam
meningkatkan semangat belajar siswa di SMAN 13 Bone. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui urgensi pemberian penghargaan dalam meningkatkan semangat
belajar siswa dan apakah dengan pemberian penghargaan dapat meningkatkan
semangat belajar siswa di SMAN 13 Bone.
Dalam menyusun skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan yaitu
penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti langsung ke lokasi penelitian
(SMAN 13 Bone) dengan cara mengamati objek penelitian yang berhubungan
dengan skripsi ini. Adapun teknik yang digunakan antara lain: observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu secara
kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pemberian penghargaan di SMAN
13 Bone, dapat dikategorikan baik, hal tersebut dapat dilihat dari pemberian yang
diberikan kepada siswa yaitu penghargaan berupa lisan dan tindakan. 2) Upaya
guru dalam mempengaruhi siswa untuk meningkatkan semangat belajar siswa di
SMA Negeri 13 Bone sudah baik, hal ini dapat dilihat dari sikap guru dalam
memberikan tanggung jawab dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya, namun terdapat beberapa siswa yang harus memaksimalkan semangat
belajarnya.
3) Kontribusi pemberian penghargaan dalam meningkatkan semangat belajar siswa
di SMAN 13 Bone dapat dikategorikan baik. Hal ini dikarena guru berperan
memberikan apresiasi kepada siswa berprestasi, menciptakan dorongan motivasi,
dan meningkatkan semangat belajar. Pemberian penghargaan bukan hanya
pengakuan terhadap prestasi, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang
positif dan inovatif. Dengan demikian, kontribusi ini berperan positif dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Pemberian penghargaan di SMAN 13 Bone, dapat dikategorikan baik, hal
tersebut dapat dilihat dari pemberian yang diberikan kepada siswa yaitu
penghargaan berupa lisan dan tindakan.
2. Upaya guru dalam mempengaruhi siswa untuk meningkatkan semangat belajar
siswa di SMA Negeri 13 Bone sudah baik, hal ini dapat dilihat dari sikap guru
dalam memberikan tanggung jawab dan memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya, namun terdapat beberapa siswa yang harus memaksimalkan
semangat belajarnya.
3. Kontribusi pemberian penhargaan dalam meningkatkan semangat belajar siswa
di SMAN 13 Bone dapat dikategorikan baik. Hal ini dikarena guru berperan
memberikan apresiasi kepada siswa berprestasi, menciptakan dorongan
motivasi, dan meningkatkan semangat belajar. Pemberian penghargaan bukan
hanya pengakuan terhadap prestasi, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar
yang positif dan inovatif. Dengan demikian, kontribusi ini berperan positif
dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada pihak sekolah, hendaknya seluruh warga SMA Negeri 13 Bone saling
bekerja sama untuk turut andil dalam meningkatkan pemberian penghargaan
kepada siswa yang berprestasi pada bidangnya masing-masing baik secara lisan
maupun berupa barang.
2. Kepada guru, hendaknya selalu meningkatkan semangat belajar siswa dalam
proses belajar mengajar sehingga siswa dapat meningkatkan prestasinya.
3. Kepada siswa, hendaknya dapat lebih meningkatkan semangat belajarnya agar
terus berprestasi.
meningkatkan semangat belajar siswa di SMAN 13 Bone. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui urgensi pemberian penghargaan dalam meningkatkan semangat
belajar siswa dan apakah dengan pemberian penghargaan dapat meningkatkan
semangat belajar siswa di SMAN 13 Bone.
Dalam menyusun skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan yaitu
penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti langsung ke lokasi penelitian
(SMAN 13 Bone) dengan cara mengamati objek penelitian yang berhubungan
dengan skripsi ini. Adapun teknik yang digunakan antara lain: observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu secara
kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pemberian penghargaan di SMAN
13 Bone, dapat dikategorikan baik, hal tersebut dapat dilihat dari pemberian yang
diberikan kepada siswa yaitu penghargaan berupa lisan dan tindakan. 2) Upaya
guru dalam mempengaruhi siswa untuk meningkatkan semangat belajar siswa di
SMA Negeri 13 Bone sudah baik, hal ini dapat dilihat dari sikap guru dalam
memberikan tanggung jawab dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya, namun terdapat beberapa siswa yang harus memaksimalkan semangat
belajarnya.
3) Kontribusi pemberian penghargaan dalam meningkatkan semangat belajar siswa
di SMAN 13 Bone dapat dikategorikan baik. Hal ini dikarena guru berperan
memberikan apresiasi kepada siswa berprestasi, menciptakan dorongan motivasi,
dan meningkatkan semangat belajar. Pemberian penghargaan bukan hanya
pengakuan terhadap prestasi, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang
positif dan inovatif. Dengan demikian, kontribusi ini berperan positif dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Pemberian penghargaan di SMAN 13 Bone, dapat dikategorikan baik, hal
tersebut dapat dilihat dari pemberian yang diberikan kepada siswa yaitu
penghargaan berupa lisan dan tindakan.
2. Upaya guru dalam mempengaruhi siswa untuk meningkatkan semangat belajar
siswa di SMA Negeri 13 Bone sudah baik, hal ini dapat dilihat dari sikap guru
dalam memberikan tanggung jawab dan memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya, namun terdapat beberapa siswa yang harus memaksimalkan
semangat belajarnya.
3. Kontribusi pemberian penhargaan dalam meningkatkan semangat belajar siswa
di SMAN 13 Bone dapat dikategorikan baik. Hal ini dikarena guru berperan
memberikan apresiasi kepada siswa berprestasi, menciptakan dorongan
motivasi, dan meningkatkan semangat belajar. Pemberian penghargaan bukan
hanya pengakuan terhadap prestasi, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar
yang positif dan inovatif. Dengan demikian, kontribusi ini berperan positif
dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada pihak sekolah, hendaknya seluruh warga SMA Negeri 13 Bone saling
bekerja sama untuk turut andil dalam meningkatkan pemberian penghargaan
kepada siswa yang berprestasi pada bidangnya masing-masing baik secara lisan
maupun berupa barang.
2. Kepada guru, hendaknya selalu meningkatkan semangat belajar siswa dalam
proses belajar mengajar sehingga siswa dapat meningkatkan prestasinya.
3. Kepada siswa, hendaknya dapat lebih meningkatkan semangat belajarnya agar
terus berprestasi.
Ketersediaan
| STAR20210412 | 412/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
412/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
