Penerapan perinsip Specifc, Measurable, Achievable, Ralistic, dan Time-Based (SMART) dalam penyusunan perogram kerja pengawasan (studi kasus pada pengawas Madrasah Aliyah di Kementerian Agama Kabupaten Bone).

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang “penerapan prinsip Specifc, Measurable,
Achievable, Ralistic, dan Time-Based (SMART) dalam penyusunan program kerja
pengawasan (studi kasus pada pengawas madrasah Aliyah di Kementerian Agama
Kabupaten Bone)” . Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni bagiamana
penerapan prinsip SMART di kementerian agama Kab. Bone dan bagaimana
penyususnan program kerja pengawas madrsaha Aliyah di kementerian Agama
Kab.Bone. Hal yang ingin dicapai dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui
tentang penerapan prinsip SMART dalam penyususnan perogram kerja pengawas
madrasah Aliyah di Kementerian Agama Kab.bone.
Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu riset perpustakan
(library risearch) yaitu peneliti mengumpulkan data dengan membaca dan menelaah
berbagai macam informasi atau buku yang berbaikaitan dengan topik pembahasan di
dalam skripsi dan selanjutnya menggunakan teknik riset lapangan (field research)
yaitu peneliti langsung ke lokasi penelitian (Kementerian Agama Kabupaten Bone)
dengan cara mengamati objek penelitian yang berhubungan dengan skripsi ini.
adapun teknik yang digunakan antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan dalam skripsi ini yaitu analisis deskriptif
kualitatif, mendeskripsikan dan memakanai data masing-masing variabel yang di
ukur. Data dari hasil wawancara observasi dan dokumentasi dengan cara peneliti
merangkum data (reduksi data) kemudian display data bentuk penyajian data setela
data di reduksi, dan terakhir kesimpulan dan verifikasi data melalui langkah reduksi
data dan display data, serta menarik kesimpulan dan melakukan verifikasi terhadap
kesimpulan yang dibuat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penyusunan program kerja yang di
susun oleh pengawas madrasah sudah jelas tujuannya karena program berpengaruh
untuk mengukur sejauh mana keberhasilan perogram tersebut untuk madrasah
binaannya 2) program kerja yang di pilih dalam penyusunan program kerja suduh
tercapai sesuai dengan kebutuhan madrasah mengukur pencapain harus dilakukan
baru bisa dikatan program yang di tetapkan oleh pengawas madrasah aliyah di
Kementerian Agama bisa berhasil di terapkan di madrasah-madrasah binaan. 3)
program yang disusun oleh pengawas Madrasah Aliyah Kementerian Agama Kab.
Bone sudah sesuai dengan kebutuhan sekolah karena pengawas saling terkait dengan
madrasah jadi 4) progogram yang di susun dan di pilih oleh pengawas madrasah di
Kementerian Agama Kab.Bone waktu pencapain nya sudah tetap seperti program
tahunan yang di laksanakan satu tahun sekali untuk melakukan supervisi di
madrasah-madrasah yang di bina dan program semester yang di lakukan pada saat
selesia semster dan akan di lakukan evalusai kinerja tenaga pendidik di madrasah
madrasah binaannya.
A. Simpulan
Setelah melakukan penelititan terhadap penerapan perinsip Specific,
Mausurable achievable, realistic dan time-based (SMART) dalam penyusunan
program kerja pengawas (studi kasus pada Pengawas Madrasah Aliyah di
Kementerian Agama Kabupaten Bone) yang telah diuraikan pada bab sebelumnya,
penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
a.
Prinsip specific dalam penyusunan program kerja pengawas
1. Program yang di susun jelas tujuannya
Penyusunan program kerja pengawas yang di pilih sudah sangat jelas
tujuannya atau Specific karena program yang di pilih sangat membantu dan
membimbing guru dan kepala sekolah untuk menigkatkan kualitas Madrasah
binaanya
2. Program yang tersusun terfokus pada pencapaian tujuan
Program yang tersusun terfokus karna dilihat dari seberapa bagusnya program
itu serta pengawas juga melihat bagimana tujuannya tercapai pada suatu madrasah
yang di bina oleh pengawas tersebut.
b. Prinsip measurable dalam penyusunan program kerja pengawas
Program-program yang di pilih dan di susun dalam penyusunan program kerja
dapat di ukur pencapainnya karna Mengkur pencapaian tujuan harusdilakukan, akan
tetapi hal ini biasanya tidaklah mudah bagi pengawas karna sering kali mengukur
keberhasilan hanya melihat baik buruknya program tetapi pengawas terlebih dahulu
turun ke lapangan membawa instrumen untuk pelaksanaan supervisi akedemik dan
manajerial agar penerapanya nanti sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Madrasah
c. Prinsip achivable dalam penyusunan program kerja pengawas
Seblum melakukan penyusunan perogram kerja pengawas terlebi dahulu
memantau kondisi sekolah setiap binaan agar program yang di buat bisa membantu
madrasah binan menjadi madrasah yang maju dan unggul.
d. Prinsip realistic dalam penyusunan program kerja pengawas
1. Program dan kegiata yang dipilih tidak berbohong (mengada-ada)
Penyusunan program kerja pengawas berpatokan pada UUD serta penyusunan
program haruslah benra-benar sesuai apa yang dibutuhkan oleh madrasah tersebut
2. Program dan kegiatan yang rill dalam pencapaian hasilnya
Pengawas menerapkan program-program yang sesuai dengan kondisi sekolah
tidak mengada gada serta jelas setiap langkah program madrasah yang di pilih.
e. Prinsip time-based dalam penyusunan program kerja pengawa
Waktu dalam penerapan program kerja jelas pada setiaplangkah pelaksanan
program ini sesuai dengan perencanan yang telah di tetapkan bersma sesuai dengan
program kerja dilakukan dua tahap yaitu di lakukan satu sekali dan satu semester
sekali.
f. Penyusunan program pengawas
Ada pun kendala-kendala yang harus di hadapi pengawas dalam merumuskan
penyusunan perogramkerja yaitu kurangnya sarana dan prasaranayang menunjang
proses pembelajaran serta kurang nya tenaga pendidik
B. Implikasi
Setelah simpulan tersebut diuraikan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi-implikasi. Adapun implikasi yang dimaksudkan dalam pembahasan
penelitian ini adalah:
1. Pengawas Madrasah Aliyiah sebagai pengawas yang menyusun program kerja
harus la mampu menyusun program kerja sesuai dengan kondisi sekolah
Madrasah binananya serta pengawas juga harus mampu membimbing dan
mengawasi setiap sekolah binanya agar madrasah binanya mampu menjadi
madrasah yang ungul dan maju.
2. Penyusunan perogram kerja di Kementerian Agama Kab Bone dapat berjalan
dengan lancar apabila setiap pengawas dan Madrasah binaan bekerja sama
sehingga mampu menjadikan madrasah-madrasah binaan menjadi lebih maju
dan berkualitas .
Ketersediaan
STAR20200242242/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

242/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top