Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di SD Inpres 12/79 Pallawa Rukka

No image available for this title
Penelitian inibertujuan untuk mendiskripsikan “Gaya Kepemimpinan, Kepala
Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di SD Inpres 12/79 Pallawa Rukka”.
Adapun Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui deskipsi gaya
kepemimpinan kepala sekolah di SD Inpres 12/79 Pallawa Rukka.
Untuk memudahkan pemecahan masalah diatas, penelitian menggunakan
Jenis penelitian kualitatif, dengan menggunkana metode Field research (lapangan)
dengan melakukan observasi, dokumentasi,dan wawancara. Kemudian dilakukan
suatu penelitian yang menghasilkan data secara deskriptif (penggambaran) berupa
fakta-fakta tertulis maupun lisan dari setiap perilaku orang yang dicermati. Penelitian
ini menggunakan pendekatan sosialogis dan psikologis.
Hasil yang didapatkan (1) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di SD Inpres
12/79 Pallawa Rukka yaitu : Menerapkan sistem Demokrasi, hal ini ditunjukkan
bahwa Kepala sekolah tidak selalu berperan sebagai pemain tunggal, Tidak selalu
ingin berkuasa secara absolut, Setiap perintah dan kebijakan tidak ditetapkan sendiri,
Menerima kritikan dan saran dari bawahan, Kepala sekolah terlibat dalam kegiatan,
Memberi kepercayaan dan tanggung jawab pada guru, Terjaling koordinasi dengan
baik dan lebih menitikberatkan kerjasama, Memberikan Motivasi pada Guru. (2)
Kedisiplinan guru di SD Inpres 12/79 Pallawa Rukka yaitu menetapkan target
sebelum melakukan suatu pekerjaan, mengatur waktu untuk tetap disiplin dalam
segala hal, bekerja sesuai dengan target yang ingin dicapai, memotivasi diri untuk
menyelesaikan tujuan pekerjaan dengan baik, mengembangkan kemampuan dengan
cara meningkatkan disiplin kerja, pimpinan senantiasa memberikan telada yang baik,
bersikap yang baik tanpa adanya perintah dari atasan, bekerja dengan mendapatkan
balas jasa sesuai yang diharapkan, balas jasa merupakan salah satu faktor sehingga
disiplin dalam bekerja, sebaiknya pimpinan mampu memberikan kedisiplinan pada
bawahan, disiplin meskipun tanpa adanya pengawasan yang melekat, bekerja dengan
sungguh-sungguh tanpa adanya tekanan dari atasan, merasa nyaman ketika pimpinan
berlaku tegas pada bawahan. (3) Sebagai Kepala Sekolah telah menunjukkan
kedisiplinan yang baik terhadap Guru di SD Inpres 12/79 Pallawa Rukka yaitu:
Menetapkan target sesuai dengan rencana dan jadwal, Menyelesaikan tujuan
pekerjaan, mengembangkan kemampuan, memberi teladan, keadilan, pengawasan
melekat dan ketegasan.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Gaya kepemimpinan kepala sekolah di SD Inpres 12/79 Pallawa Rukka yaitu:
Menerapkan sistem demokrasi, hal ini ditunjukkan bahwa kepala sekolah tidak
selalu berperan sebagai pemain tunggal, tidak selalu ingin berkuasa secara
absolut, setiap perintah dan kebijakan tidak ditetapkan sendiri, Menerima
kritikan dan saran dari bawahan, Kepala sekolah terlibat dalam kegiatan,
Memberi kepercayaan dan tanggung jawab pada guru, Terjaling koordinasi
dengan baik dan lebih menitikberatkan kerjasama, Memberikan Motivasi pada
Guru.
2. Kedisiplinan guru di SD Inpres 12/79 Pallawa Rukka yaitu menetapkan target
sebelum melakukan suatu pekerjaan, mengatur waktu untuk tetap disiplin dalam
segala hal, bekerja sesuai dengan target yang ingin dicapai, memotivasi diri
untuk menyelesaikan tujuan pekerjaan dengan baik, mengembangkan
kemampuan dengan cara meningkatkan disiplin kerja, pimpinan senantiasa
memberikan telada yang baik, bersikap yang baik tanpa adanya perintah dari
atasan, bekerja dengan mendapatkan balas jasa sesuai yang diharapkan, balas
jasa merupakan salah satu faktor sehingga disiplin dalam bekerja, sebaiknya
pimpinan mampu memberikan kedisiplinan pada bawahan, disiplin meskipun
tanpa adanya pengawasan yang melekat, bekerja dengan sungguh-sungguh
tanpa adanya tekanan dari atasan, merasa nyaman ketika pimpinan berlaku
tegas pada bawahan.
3. Sebagai Kepala Sekolah telah menunjukkan Kedisiplinan yang baik terhadap
Guru di SD Inpres 12/79 Pallawa Rukka yaitu: Menetapkan target sesuai
dengan rencana dan jadwal, Menyelesaikan tujuan pekerjaan, Mengembangkan
Kemampuan, Memberi Teladan, Keadilan, Pengawasan Melekat dan
Ketegasan.
B. Implikasi
Setelah simpulan tersebut diuraikan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi-implikasi. Adapun implikasi yang dimaksud dalam skripsi ini sebagai
berikut:
1. Kepada kepala sekolah diharapkan agar senantiasa menjalankan tugas dan
tanggung jawabnya dengan baik dan tetap menjalin kerja sama yang baik
dengan bawahan agar mampu mencapai tujuan pendidikan dengan baik.
2. Kepada para pendidik agar sena
3. ntiasa disiplin dan terus meningkatkan kompetensinya agar mampu
memberikan pengajaran yang baik kepada peserta didik sehingga mampu
menjadikan mereka sebagai generasi yang cerdas dan berakhlak mulia.
Ketersediaan
ST20190104104/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

104/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top