Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Siswa SD Inpres 3/77 Panyula Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone
A. Kasnita Sartika Dewi/ 02.16.1145 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran
index card match dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa,
untuk mengetahui peluang dan tantangan dalam penerapan metode pembelajaran
index card match dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa,
untuk mengetahui kontribusi metode pembelajaran index card match dalam
meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa.
Untuk memudahkan memecahkan masalah di atas, penulis melakukan
pendekatan teologis-nomatif, paedagogis, psikologis dan sosiologis. Melakukan
penelitian lapangan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction), penyajian data
(data display), penarikan kesimpulan/verifikasi (Conclusion Drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama: Implementasi metode
pembelajaran index card match dalam meningkatkan kemampuan membaca al-
Qur’an pada siswa dapat terlaksana dengan baik, guru PAI menerapkan metode index
card match dalam bentuk menyajikan potongan kertas yang berisi potongan ayat al-
Qur’an. Kedua: Peluang dan tantangan dalam penerapan metode pembelajaran index
card match dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa,
adapun peluangnya, siswa akan lebih lama mengingat materi pembelajaran, siswa
aktif mengulang-ulang membaca ayat al-Qur’an, adapun tantangannya yaitu
membutuhkan waktu yang lama dalam penerapannya, guru harus tetap membuat
suasana kelas menjadi kondusif dan menarik perhatian siswa dalam pembelajaran.
Ketiga: Kontribusi metode pembelajaran index card match dalam meningkatkan
kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa yaitu, memacu semangat siswa dalam
menggabungkan potongan ayat, siswa tidak merasa jenuh dalam proses pembelajaran
dan saling bekerja sama dalam menggabungkan potongan ayat.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa
penerapan metode pembelajaran index card match yang diterapkan oleh guru PAI
sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa
SD Inpres 3/77Panyula.
A. Simpulan
Setelah mengadakan penelitian mengenai penerapan metode pembelajaran
index card match dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa
SD Inpres 3/77 Panyula Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone, maka
simpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut:
1. Implementasi metode pembelajaran index card match dalam meningkatkan
kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa SD Inpres 3/77 Panyula dapat
terlaksana dengan baik, karena guru menerapkan berdasarkan langkah-langkah
metode pembelajaran index card match. Guru PAI menerapkan metode index
card match dalam bentuk menyajikan potongan kertas yang berisi potongan
ayat al-Qur’an, sehingga ketika siswa menggabungkan potongan ayat bersama
pasangannya, siswa secara terus menerus membaca ayat al-Qur’an sehingga
kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an semakin meningkat baik dari segi
kelancaran maupun ketepatan dalam penyebutan huruf. Dengan berdasarkan
langkah-langkah tersebut, maka dapat meningkatkan keaktifan siswa pada saat
pembelajaran berlangsung.
2. Adapun peluang dan tantangan dalam penerapan metode pembelajaran index
card match dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa
SD Inpres 3/77 Panyula yaitusebagai berikut:
a. Peluang dalam penerapan metode pembelajaran index card match dalam
meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa SD Inpres 3/77
Panyula yaitu, siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, siswa akan
lebih lama mengingat materi pembelajaran yang diberikan, siswa aktif
dalam mengulang-ulang membaca ayat al-Qur’an, siswa dalam belajar
mempunyai jiwa kemandirian dan merupakan salah satu metode yang
mengatasi masalah belajar pada siswa.
b. Adapun tantangannya yaitu guru harus memiliki keterampilan dalam
pengelolaan kelas, membutuhkan waktu yang lama dalam penerapannya,
guru harus tetap membuat suasana kelas menjadi kondusif dan penerapan
metode index card match harus menarik perhatian siswa dalam
pembelajaran.
3. Kontribusi metode pembelajaran index card match dalam meningkatkan
kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa SD Inpres 3/77 Panyula yaitu
a. meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa, karena
penerapan metode ini menggunakan potongan kertas yang berisi potongan
ayat al-Qur’an yang disusun menjadi satu surah yang utuh, sehingga dalam
proses penggabungan potongan ayat al-Qur’an siswa terus mengulang-
ulang membaca ayat al-Qur’an sehingga kemampuan membaca al-Qur’an
pada siswa semakin meningkat.
b. Memacu semangat siswa dalam menggabungkan potongan ayat sehingga
menjadi satu surah yang utuh. Dengan penerapan metode ini, siswa tidak
merasa jenuh dalam proses pembelajaran.
c. Penerapan metode index card match ini juga meningkatkan keaktifan
belajar siswa, dan saling bekerja sama dalam menggabungkan potongan
ayat.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini yaitu
sebagai berikut:
1. Kepada guru Pendidikan Agama Islam SD Inpres 3/77 Panyula, sebaiknya lebih
meningkatkan lagi keterampilan dalam pengelolaan kelas dan meningkatkan
keterampilan dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi
yang diajarkan agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Terkhusus
dalam materi pembelajaran al-Qur’an sebaiknya menggunakan metode
pembelajaran aktif agar siswa lebih termotivasi dalam pembelajaran. Sehingga
ketika proses belajar mengajar di kelas berlangsung siswa dapat memperhatikan
materi pembelajaran yang diajarkan.
2. Kepada siswa SD Inpres 3/77 Panyula, hendaknya terus belajar membaca al-
Qur’an baik di rumah maupun di sekolah agar dapat membaca al-Qur’an
dengan baik dan benar.
index card match dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa,
untuk mengetahui peluang dan tantangan dalam penerapan metode pembelajaran
index card match dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa,
untuk mengetahui kontribusi metode pembelajaran index card match dalam
meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa.
Untuk memudahkan memecahkan masalah di atas, penulis melakukan
pendekatan teologis-nomatif, paedagogis, psikologis dan sosiologis. Melakukan
penelitian lapangan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction), penyajian data
(data display), penarikan kesimpulan/verifikasi (Conclusion Drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama: Implementasi metode
pembelajaran index card match dalam meningkatkan kemampuan membaca al-
Qur’an pada siswa dapat terlaksana dengan baik, guru PAI menerapkan metode index
card match dalam bentuk menyajikan potongan kertas yang berisi potongan ayat al-
Qur’an. Kedua: Peluang dan tantangan dalam penerapan metode pembelajaran index
card match dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa,
adapun peluangnya, siswa akan lebih lama mengingat materi pembelajaran, siswa
aktif mengulang-ulang membaca ayat al-Qur’an, adapun tantangannya yaitu
membutuhkan waktu yang lama dalam penerapannya, guru harus tetap membuat
suasana kelas menjadi kondusif dan menarik perhatian siswa dalam pembelajaran.
Ketiga: Kontribusi metode pembelajaran index card match dalam meningkatkan
kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa yaitu, memacu semangat siswa dalam
menggabungkan potongan ayat, siswa tidak merasa jenuh dalam proses pembelajaran
dan saling bekerja sama dalam menggabungkan potongan ayat.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa
penerapan metode pembelajaran index card match yang diterapkan oleh guru PAI
sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa
SD Inpres 3/77Panyula.
A. Simpulan
Setelah mengadakan penelitian mengenai penerapan metode pembelajaran
index card match dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa
SD Inpres 3/77 Panyula Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone, maka
simpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut:
1. Implementasi metode pembelajaran index card match dalam meningkatkan
kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa SD Inpres 3/77 Panyula dapat
terlaksana dengan baik, karena guru menerapkan berdasarkan langkah-langkah
metode pembelajaran index card match. Guru PAI menerapkan metode index
card match dalam bentuk menyajikan potongan kertas yang berisi potongan
ayat al-Qur’an, sehingga ketika siswa menggabungkan potongan ayat bersama
pasangannya, siswa secara terus menerus membaca ayat al-Qur’an sehingga
kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an semakin meningkat baik dari segi
kelancaran maupun ketepatan dalam penyebutan huruf. Dengan berdasarkan
langkah-langkah tersebut, maka dapat meningkatkan keaktifan siswa pada saat
pembelajaran berlangsung.
2. Adapun peluang dan tantangan dalam penerapan metode pembelajaran index
card match dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa
SD Inpres 3/77 Panyula yaitusebagai berikut:
a. Peluang dalam penerapan metode pembelajaran index card match dalam
meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa SD Inpres 3/77
Panyula yaitu, siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, siswa akan
lebih lama mengingat materi pembelajaran yang diberikan, siswa aktif
dalam mengulang-ulang membaca ayat al-Qur’an, siswa dalam belajar
mempunyai jiwa kemandirian dan merupakan salah satu metode yang
mengatasi masalah belajar pada siswa.
b. Adapun tantangannya yaitu guru harus memiliki keterampilan dalam
pengelolaan kelas, membutuhkan waktu yang lama dalam penerapannya,
guru harus tetap membuat suasana kelas menjadi kondusif dan penerapan
metode index card match harus menarik perhatian siswa dalam
pembelajaran.
3. Kontribusi metode pembelajaran index card match dalam meningkatkan
kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa SD Inpres 3/77 Panyula yaitu
a. meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa, karena
penerapan metode ini menggunakan potongan kertas yang berisi potongan
ayat al-Qur’an yang disusun menjadi satu surah yang utuh, sehingga dalam
proses penggabungan potongan ayat al-Qur’an siswa terus mengulang-
ulang membaca ayat al-Qur’an sehingga kemampuan membaca al-Qur’an
pada siswa semakin meningkat.
b. Memacu semangat siswa dalam menggabungkan potongan ayat sehingga
menjadi satu surah yang utuh. Dengan penerapan metode ini, siswa tidak
merasa jenuh dalam proses pembelajaran.
c. Penerapan metode index card match ini juga meningkatkan keaktifan
belajar siswa, dan saling bekerja sama dalam menggabungkan potongan
ayat.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini yaitu
sebagai berikut:
1. Kepada guru Pendidikan Agama Islam SD Inpres 3/77 Panyula, sebaiknya lebih
meningkatkan lagi keterampilan dalam pengelolaan kelas dan meningkatkan
keterampilan dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi
yang diajarkan agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Terkhusus
dalam materi pembelajaran al-Qur’an sebaiknya menggunakan metode
pembelajaran aktif agar siswa lebih termotivasi dalam pembelajaran. Sehingga
ketika proses belajar mengajar di kelas berlangsung siswa dapat memperhatikan
materi pembelajaran yang diajarkan.
2. Kepada siswa SD Inpres 3/77 Panyula, hendaknya terus belajar membaca al-
Qur’an baik di rumah maupun di sekolah agar dapat membaca al-Qur’an
dengan baik dan benar.
Ketersediaan
| STAR20200087 | 87/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
87/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
