Implementasi Pelayamam Akad Ijarah dalam Komunikasi Pemasaran Biro Perjalanan Haji dan Umra (Studi pada PT. Fawwaz Ramadhan Wisata Kab. Pangkep)
Kiki Reski Ayu/01.16.5109 - Personal Name
Adapun sebuah persoalan yang akan dikaji oleh penulis dalam skripsi ini yaitu:
penerapan pelayanan akad ijarah dalam komunikasi pemasaran biro perjalanan haji
dan umrah yang diberikan oleh PT. Fawwaz kepada jamaah haji atau umrah, dengan
tujuan untuk mengetahui sistem pelayanan travel dan akad ijarah yang digunakan.
Penulis menggunakan pendekatan deskriptif, yang berguna untuk mengungkapkan
fakta dan data, sedangkan jenis penelitiannya adalah kualitatif yang dimaksudkan
untuk memaparkan implementasi pelayanan akad ijarah yang diberikan oleh PT.
Fawwaz Ramadhan Wisata kepada jamaah. Sesuai dengan hal tersebut, maka teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa pelayanan yang diberikan oleh
pihak travel kepada jamaah sangat baik dengan paket-paket yang telah dipilih sesuai
dengan akad yang telah disepakati. Tentunya dengan prinsip yang dipegang oleh
pihak travel yaitu memberikan kejelasan dan ketepatan waktu, rasa tanggungjawab
serta keamanan dan kenyamanan dengan mekanisme akad ijarah yang dilakukan yaitu
melakukan pembayaran di muka terlebih dahulu dan melakukan pelunasan sebelum
keberangkatan tiba.
Dari penelitian ini, maka peneliti mengimplikasikan bahwa penerapan pelayanan
akad ijarah dalam komunikasi pemasaran biro perjalanan haji dan umrah di PT.
Fawwaz Ramadhan Wisata telah melakukan kinerja secara maksimal dan
memberikan pelayanan secara prima kepada jamaah. Dan peneliti menyarankan
kepada pihak travel agar lebih mengoptimalkan lagi dan menjaga konsistensi dalam
memberikan pelayanan kepada jamaah agar para calon jamaah yang ingin melakukan
haji atau umrah bias melihat dan memilih keunggulan pihak travel tersebut terkhusus
PT. Fawwaz Ramadhan Wisata.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil pembahasan dan penelitian tentang implementasi pelayanan
akad ijarah dalam komunikasi pemasaran biro perjalanan haji dan umroh pada PT.
Fawwaz Ramadhan Wisata, yang dilakukan oleh penulis maka telah disimpulkan
sebagai berikut:
1. Sistem pelayanan yang diberikan PT. Fawwaz Ramadhan Wisata kepada jamaah
haji dan umrah telah memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada jamaah
sesuai dengan paket-paket yang telah diambil sebelumnya, seperti transportasi,
konsumsi, dan penginapan. PT. Fawwaz juga memberikan rasa tanggunng jawab,
kepastian dan kejelasan dengan ketepatan waktu dan konsistensi, juga
memberikan pelyananan dan keamanan jamaah dari sebelum berangkat sampai
pulang ke tanah air. Selain pelayanan juga diberikan pembinaan seperti manasik
yang dipimpin langsung oleh ustad-ustad pilihan PT. Fawwaz Ramadhan Wisata
yang terpercaya.
2. Dari segi penerapan atau pengimplementasian akad ijarah, calon jamaah
pemberikan langsung pembayarannya atau upah (ujrah) kepada PT. Fawwaz
Ramadhan Wisata dengan cara memberikan uang muka terlebih dahulu dan
melakukan pelunasan sebelum keberangkatan tiba.
B. Saran
Dari kesimpulan diatas maka peneliti memberikan saran yang diharapkan
bermanfaat, penulis menyarankan agar PT. Fawwaz Ramadhan Wisata selalu
memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah haji dan umrah secara transparan dan
akuntabel, dan selalu memperhatikan kebutuhan jamaah.
penerapan pelayanan akad ijarah dalam komunikasi pemasaran biro perjalanan haji
dan umrah yang diberikan oleh PT. Fawwaz kepada jamaah haji atau umrah, dengan
tujuan untuk mengetahui sistem pelayanan travel dan akad ijarah yang digunakan.
Penulis menggunakan pendekatan deskriptif, yang berguna untuk mengungkapkan
fakta dan data, sedangkan jenis penelitiannya adalah kualitatif yang dimaksudkan
untuk memaparkan implementasi pelayanan akad ijarah yang diberikan oleh PT.
Fawwaz Ramadhan Wisata kepada jamaah. Sesuai dengan hal tersebut, maka teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa pelayanan yang diberikan oleh
pihak travel kepada jamaah sangat baik dengan paket-paket yang telah dipilih sesuai
dengan akad yang telah disepakati. Tentunya dengan prinsip yang dipegang oleh
pihak travel yaitu memberikan kejelasan dan ketepatan waktu, rasa tanggungjawab
serta keamanan dan kenyamanan dengan mekanisme akad ijarah yang dilakukan yaitu
melakukan pembayaran di muka terlebih dahulu dan melakukan pelunasan sebelum
keberangkatan tiba.
Dari penelitian ini, maka peneliti mengimplikasikan bahwa penerapan pelayanan
akad ijarah dalam komunikasi pemasaran biro perjalanan haji dan umrah di PT.
Fawwaz Ramadhan Wisata telah melakukan kinerja secara maksimal dan
memberikan pelayanan secara prima kepada jamaah. Dan peneliti menyarankan
kepada pihak travel agar lebih mengoptimalkan lagi dan menjaga konsistensi dalam
memberikan pelayanan kepada jamaah agar para calon jamaah yang ingin melakukan
haji atau umrah bias melihat dan memilih keunggulan pihak travel tersebut terkhusus
PT. Fawwaz Ramadhan Wisata.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil pembahasan dan penelitian tentang implementasi pelayanan
akad ijarah dalam komunikasi pemasaran biro perjalanan haji dan umroh pada PT.
Fawwaz Ramadhan Wisata, yang dilakukan oleh penulis maka telah disimpulkan
sebagai berikut:
1. Sistem pelayanan yang diberikan PT. Fawwaz Ramadhan Wisata kepada jamaah
haji dan umrah telah memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada jamaah
sesuai dengan paket-paket yang telah diambil sebelumnya, seperti transportasi,
konsumsi, dan penginapan. PT. Fawwaz juga memberikan rasa tanggunng jawab,
kepastian dan kejelasan dengan ketepatan waktu dan konsistensi, juga
memberikan pelyananan dan keamanan jamaah dari sebelum berangkat sampai
pulang ke tanah air. Selain pelayanan juga diberikan pembinaan seperti manasik
yang dipimpin langsung oleh ustad-ustad pilihan PT. Fawwaz Ramadhan Wisata
yang terpercaya.
2. Dari segi penerapan atau pengimplementasian akad ijarah, calon jamaah
pemberikan langsung pembayarannya atau upah (ujrah) kepada PT. Fawwaz
Ramadhan Wisata dengan cara memberikan uang muka terlebih dahulu dan
melakukan pelunasan sebelum keberangkatan tiba.
B. Saran
Dari kesimpulan diatas maka peneliti memberikan saran yang diharapkan
bermanfaat, penulis menyarankan agar PT. Fawwaz Ramadhan Wisata selalu
memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah haji dan umrah secara transparan dan
akuntabel, dan selalu memperhatikan kebutuhan jamaah.
Ketersediaan
| SFEBI20210248 | 248/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
248/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
