Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya terhdap Keaktifan Belajar PAI Peserta Didik kelas V di SDN 341 Lattimu Kecamatan Bola Kabupaten Wajo

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai“Pengaruh Penerapan Metode
Pembelajaran Tutor Sebaya terhdap Keaktifan Belajar PAI Peserta Didik kelas V
di SDN 341 Lattimu Kecamatan Bola Kabupaten Wajo”.Pokok permasalah dalam
penelitian ini adalah 1)Bagaimana bentuk penerapan metode pembelajaran tutor
sebaya peserta didik kelas V di SDN 341 Lattimu? 2)Bagaimana keaktifan belajar
PAI peserta didik kelas V di SDN 341 Lattimu? 3)Bagaimana pengaruh penerapan
metode pembelajaran Tutor Sebaya terhadap peningkatan keaktifan belajar PAI
peserta didik kelas V di SDN 341 Lattimu?
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatifeksperimen menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design
dan populasi dalam penelitian ini yaitu siswa yang mengikuti penerapan metode
pembelajaran tutor sebaya dan menjadi sampel yaitu 18 siswa
denganmenggunakan sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan angket,
tes dandokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
statistikdeskriptif.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif,
penerapan metode pembelajaran tutor sebaya di SDN 341 Lattimu mempunyai
nilai rata-rata 33,94 berada pada kategori baik dan keaktifan belajar Pai sebelim
menerapkan metode pembelajaran tutor sebaya mempunyai nilai rata-rata 45,61
setelah menerapkan metode pembelajaran tutor sebaya mempunyai nilai rata-rata
48,27 berada pada kategori baik. Sedangkan hasil analisis signifikansi uji t
diperoleh nilai t hitung = 4,7sedangkan t tabel = 1,740. pada taraf signifikan 5%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ada beberapa implikasi yang
berkaitan dengan kegiatan penerapan metode pembelajaran tutor sebay yaitu
adanya pengaruh penerapan metode pembelajaran tutor sebay terhada keaktifan
belajar PAI Diharapkan kepada para guru khususnya guru Pendidikn Agama
Islam, agar mampu meningkatkan peranannya dalam penerapan metode tutor
sebaya (peer tutoring). Supaya siswa atau peserta didik lebih meningkatkan
keaktifan belajarnya terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam.Diharapkan
kepada guru Pendidikan Agama Islam di SDN 341 Lattimu, agar selalu
menerapkan metode tutor sebaya (peer tutoring) dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam yang sesuai dengan materi yang diberikannya, sehingga mampu
meningkatkan keaktifan belajar siswa. Bagi guru yang ingin menerapkan metode
tutor sebaya diharapkan untuk lebih mempersiapkan perangkat pembelajaran, alat
dan media dengan baik. Penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan
keaktifan belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil analisis deskriptif tersebut, dengan memperhatikan 18
siswa yang mengikuti penerapan metode tutor sebaya sebagai responden,
responden, 2 atau 11,11% responden yang berada dalam kategori kurang
baik, 1 atau 5,55% responden yang berada dalam kategori cukup baik, 15
atau 83,33% responden yang berada dalam kategori baik, dan tidak ada
responden yang berada dalam kategori sangat baik. Hal tersebut
menggambarkan bahwa penerapan metode pembelajaran tutor sebaya di
SDN 341 Lattimu berada dalam kategori baik yaitu 83,33%.
2. Berdasarkan hasil analisis deskriptif tersebut, dengan memperhatikan 18
siswa, dapat dipahami bahwa keaktifan peserta didik sebelum penerapan
metode pembelajaran tutor sebaya sudah baik ( aktif). 2 atau 11,11%
responden berada dalam kategori kurang baik, 2 atau 11,11% responden
dalam kategori cukup baik, 12 atau 66,66% responden dalam kategori
baik dan 2 atau 11,11% responden dalam kategori sangat baik Jadi
keaktifanbelajar PAI sebelum diterapkan model pembelajaran tutor
sebaya masih perlu untuk ditingkatkan lagi.setelah penerapan metode
pembelajaran tutor sebaya sudah baik ( aktif), 2 atau 11,11% responden
berada dalam kategori kurang baik, 1 atau 5,55% responden dalam
kategori cukup baik, 11 atau 61,11% responden dalam kategori baik dan 4
atau 22,22% responden dalam kategori sangat baik Jadi keaktifanbelajar
PAI sesudah diterapkan metode pembelajaran tutor sebaya sudah ada
peningkatan.
3. Berdasarkan perhitungan di atas, di peroleh t hitung = 4,7sedangkan t tabel =
1,740.Maka dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel, maka artinya H 1 di
terima dan H 0 di tolak. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa
lebih baik setelah menerapkan metode pembelajaran tutor sebaya. Oleh
karena itu,ada pengaruh metode pembelajaran tutor sebayadalam
meningkatkan keaktifan belajar pai.
B. Implikasi
Setelah peneliti menguraikan simpulan, selanjutnya peneliti akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran
yang peneliti maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada para guru khususnya guru Pendidikn Agama Islam,
agar mampu meningkatkan peranannya dalam penerapan metode tutor
sebaya (peer tutoring). Supaya siswa atau peserta didik lebih
meningkatkan keaktifan belajarnya terhadap pelajaran Pendidikan
Agama Islam.
2. Diharapkan kepada guru Pendidikan Agama Islam di SDN 341 Lattimu,
agar selalu menerapkan metode tutor sebaya (peer tutoring) dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang sesuai dengan materi yang
diberikannya, sehingga mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa.
3. Bagi guru yang ingin menerapkan metode tutor sebaya diharapkan untuk
lebih mempersiapkan perangkat pembelajaran, alat dan media dengan
baik. Penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan keaktifan
belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Ketersediaan
STAR2020009090/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

90/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top