Pola Komunikasi Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa MTs Ar-Rahman Kaju Kecamatan. Sibulue Kabupaten Bone
Nur Rohima/02.16.1137 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Pola Komunikasi Guru Akidah Akhlak Dalam
Membina Akhlak Siswa MTs Ar-Rahman Kaju Kecamatan. Sibulue Kabupaten.
Bone”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi guru Akidah
Akhlak MTs Ar-Rahman Kaju Kecamatan. Sibulue Kabupaten. Bone. Untuk
mengetahui pembinaan akhlak siswa MTs Ar-Rahman Kaju Kecamatan. Sibulue
Kabupaten. Bone. Untuk mengetahui kontribusi pola komunikasi guru Akidah
Akhlak dalam membina akhlak siswa MTs Ar-Rahman Kaju Kecamatan. Sibulue
Kabupaten. Bone.
Metode penelitian yang digunakan adalah Qualitative Research dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif yang terdiri atas reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Pola komunikasi guru Akidah
Akhlak MTs Ar-Rahman Kaju Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Yakni guru
menggunakan pola komunikasi bervariasi yaitu. Pola komunikasi satu arah,
menyampaikan materi dengan menggunakan metode caramah. Pola komunikasi dua
arah, menyampaikan materi melalui metode Tanya jawab dan resitasi. Pola
komunikasi beberapa arah, melalui metode diskusi.2) Pembinaan akhlak siswa MTs
Ar-Rahman Kaju Kecamatan.Sibulue Kabupaten. Bone, yaitu dengan penerapan
Metode teladan melalui pemberian contoh dari guru kepada siswa. Metode hukuman
yang bersifat mendidik. Metode perhatian, dengan mencurahkan seluruh perhatian
agar dapat mengikuti perkembangan akhlak siswa. Metode nasihat dengan
memberikan nasihat secara lemah lembut dan menyenangkan. 3) Kontribusi pola
komunikasi guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak siswa MTs Ar-Rahman
Kaju Kecamatan. Sibulue Kabupaten Bone. Yaitu dengan pola komunikasi satu arah,
dua arah, dan beberapa arah yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak dengan
penerapan metode teladan, hukuman, perhatian, dan nasihat. Pola komunikasi dan
metode yang digunakan guru MTs Ar-Rahman Kaju telah berkontribusi dalam
pemahaman dan membina akhlak siswa, sehingga dapat memberikan manfaat kepada
siswa itu sendiri, melalui bentuk-bentuk pola komunikasi dan bentuk-bentuk
pembinaan akhlak siswa menjadi lebih baik.
A. Kesimpulan
Kesimpulan dari penelitian ini yang telah diteliti yang berjudul Pola
Komunikai Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa MTs Ar-Rahman
Kaju Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone yaitu:
1. Pola Komunikasi guru Akidah Akhlak MTs Ar-Rahman Kaju Kec. Sibulue
Kab. Bone yang digunakan dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa,
dengan menggunakan pola komunikasi satu arah, menyampaikan materi
melalui metode ceramah. Guru menggunakan pola komunikasi dua arah
menyampaikan materi melalui metode tanya jawab dan resitasi (pemberian
tugas). Guru mengguanakan pola komunikasi beberapa arah dengan metode
diskusi agar siswa lebih aktif bertanya dan mengeluarkan pendapat.
2. Pembinaan akhlak siswa yang dilakukan guru Akidah Akhlak MTs Ar-
Rahman Kaju Kec. Sibulue Kab. Bone yaitu menggunakan metode teladan,
hukuman, perhatian dan nasihat. Metode teladan adalah suatu metode
pemberian contoh dari guru kepada siswa. Metode hukuman adalah suatu
metode yang diberikan guru kepada siswa apabila siswa melakukan
pelanggaran biasanya hukuman yang diberikan berupa hukuman yang bersifat
mendidik. Metode perhatian adalah suatu metode guru mencurahkan seluruh
perhatian penuh kepada siswa tujuannya untuk mengikuti perkembangan
akhlak siswa. Dan Metode nasihat suatu metode guru mendekati siswa secara
personal dengan memberikan nasihat secara lemah lembut dan menyenangkan
agar mudah diterima oleh siswa.
3. Pola komunikasi guru Akidah Akhlak telah berkontribusi dalam membina
akhlak siswa MTs Ar-Rahman Kaju Kec. Sibulue Kab. Bone tentunya sangat
berpengaruh untuk siswa. Pola komunikasi dan metode yang digunakan guru
MTs Ar-Rahman Kaju sangat berkontribusi dalam membina akhlak siswa.
Dengan adanya pola komunikasi, metode yang berkontribusi yang dilakukan
guru Akidah Akhlak tersebut, pemahaman siswa dalam belajar menjadi lebih
baik, dan akhlak siswa juga sudah baik.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran.
Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Diharapkan bagi kepala sekolah, guru, staf dan komite sekolah dapat
berpartisipasi serta aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam
melakukan pembinaan untuk meningkatkan akhlak siswa menjadi lebih
baik lagi.
2. Diharapkan kepada guru Akidah Akhlak hendaknya tetap melaksanakan
tugas dan tanggung jawab seoptimal mungkin dan memperhatikan
keadaan akhlak siswa.
3. Bagi Siswa
a. Rajin belajar, baik di sekolah maupun di rumah.
b. Dalam proses pembelajaran siswa harus lebih berani, aktif, selalu
mendengarkan dengan serius apa yang disampaikan oleh guru, sehigga
mampu bersaing dengan teman-temannya untuk memperoleh nilai
terbaik dalam pembelajaran.
c. Tidak boleh ribut dan tidak boleh bermain ketika proses pembelajaran
sedang berlangsung.
4. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
didalam dunia pendidikan formal, nonformal maupun pendidikan
informal.
Membina Akhlak Siswa MTs Ar-Rahman Kaju Kecamatan. Sibulue Kabupaten.
Bone”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi guru Akidah
Akhlak MTs Ar-Rahman Kaju Kecamatan. Sibulue Kabupaten. Bone. Untuk
mengetahui pembinaan akhlak siswa MTs Ar-Rahman Kaju Kecamatan. Sibulue
Kabupaten. Bone. Untuk mengetahui kontribusi pola komunikasi guru Akidah
Akhlak dalam membina akhlak siswa MTs Ar-Rahman Kaju Kecamatan. Sibulue
Kabupaten. Bone.
Metode penelitian yang digunakan adalah Qualitative Research dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif yang terdiri atas reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Pola komunikasi guru Akidah
Akhlak MTs Ar-Rahman Kaju Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Yakni guru
menggunakan pola komunikasi bervariasi yaitu. Pola komunikasi satu arah,
menyampaikan materi dengan menggunakan metode caramah. Pola komunikasi dua
arah, menyampaikan materi melalui metode Tanya jawab dan resitasi. Pola
komunikasi beberapa arah, melalui metode diskusi.2) Pembinaan akhlak siswa MTs
Ar-Rahman Kaju Kecamatan.Sibulue Kabupaten. Bone, yaitu dengan penerapan
Metode teladan melalui pemberian contoh dari guru kepada siswa. Metode hukuman
yang bersifat mendidik. Metode perhatian, dengan mencurahkan seluruh perhatian
agar dapat mengikuti perkembangan akhlak siswa. Metode nasihat dengan
memberikan nasihat secara lemah lembut dan menyenangkan. 3) Kontribusi pola
komunikasi guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak siswa MTs Ar-Rahman
Kaju Kecamatan. Sibulue Kabupaten Bone. Yaitu dengan pola komunikasi satu arah,
dua arah, dan beberapa arah yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak dengan
penerapan metode teladan, hukuman, perhatian, dan nasihat. Pola komunikasi dan
metode yang digunakan guru MTs Ar-Rahman Kaju telah berkontribusi dalam
pemahaman dan membina akhlak siswa, sehingga dapat memberikan manfaat kepada
siswa itu sendiri, melalui bentuk-bentuk pola komunikasi dan bentuk-bentuk
pembinaan akhlak siswa menjadi lebih baik.
A. Kesimpulan
Kesimpulan dari penelitian ini yang telah diteliti yang berjudul Pola
Komunikai Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa MTs Ar-Rahman
Kaju Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone yaitu:
1. Pola Komunikasi guru Akidah Akhlak MTs Ar-Rahman Kaju Kec. Sibulue
Kab. Bone yang digunakan dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa,
dengan menggunakan pola komunikasi satu arah, menyampaikan materi
melalui metode ceramah. Guru menggunakan pola komunikasi dua arah
menyampaikan materi melalui metode tanya jawab dan resitasi (pemberian
tugas). Guru mengguanakan pola komunikasi beberapa arah dengan metode
diskusi agar siswa lebih aktif bertanya dan mengeluarkan pendapat.
2. Pembinaan akhlak siswa yang dilakukan guru Akidah Akhlak MTs Ar-
Rahman Kaju Kec. Sibulue Kab. Bone yaitu menggunakan metode teladan,
hukuman, perhatian dan nasihat. Metode teladan adalah suatu metode
pemberian contoh dari guru kepada siswa. Metode hukuman adalah suatu
metode yang diberikan guru kepada siswa apabila siswa melakukan
pelanggaran biasanya hukuman yang diberikan berupa hukuman yang bersifat
mendidik. Metode perhatian adalah suatu metode guru mencurahkan seluruh
perhatian penuh kepada siswa tujuannya untuk mengikuti perkembangan
akhlak siswa. Dan Metode nasihat suatu metode guru mendekati siswa secara
personal dengan memberikan nasihat secara lemah lembut dan menyenangkan
agar mudah diterima oleh siswa.
3. Pola komunikasi guru Akidah Akhlak telah berkontribusi dalam membina
akhlak siswa MTs Ar-Rahman Kaju Kec. Sibulue Kab. Bone tentunya sangat
berpengaruh untuk siswa. Pola komunikasi dan metode yang digunakan guru
MTs Ar-Rahman Kaju sangat berkontribusi dalam membina akhlak siswa.
Dengan adanya pola komunikasi, metode yang berkontribusi yang dilakukan
guru Akidah Akhlak tersebut, pemahaman siswa dalam belajar menjadi lebih
baik, dan akhlak siswa juga sudah baik.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran.
Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Diharapkan bagi kepala sekolah, guru, staf dan komite sekolah dapat
berpartisipasi serta aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam
melakukan pembinaan untuk meningkatkan akhlak siswa menjadi lebih
baik lagi.
2. Diharapkan kepada guru Akidah Akhlak hendaknya tetap melaksanakan
tugas dan tanggung jawab seoptimal mungkin dan memperhatikan
keadaan akhlak siswa.
3. Bagi Siswa
a. Rajin belajar, baik di sekolah maupun di rumah.
b. Dalam proses pembelajaran siswa harus lebih berani, aktif, selalu
mendengarkan dengan serius apa yang disampaikan oleh guru, sehigga
mampu bersaing dengan teman-temannya untuk memperoleh nilai
terbaik dalam pembelajaran.
c. Tidak boleh ribut dan tidak boleh bermain ketika proses pembelajaran
sedang berlangsung.
4. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
didalam dunia pendidikan formal, nonformal maupun pendidikan
informal.
Ketersediaan
| STAR202066 | 66/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
66/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
