Pengaruh Kualitas Layanan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Siswa Di Sma Negeri 13 Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas
layanan administrasi akademik terhadap kepuasan siswa dan untuk mengetahui
bagaimana kepuasan siswa dalam pelayanan administrasi akademik di SMA Negeri 13
Bone.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yakni penelitian lapangan dengan
menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan rumus statistik untuk
membantu menganalisis data dan fakta yang diperoleh. Adapun pendekatan yang
digunakan adalah melakukan pendekatan metologis dan pendekatan keilmuan, dan
menggunakan metode observasi, kusioner dan dokumentasi. Adapun yang menjadi
sumber data primer dalam skripsi ini yakni siswa kelas X dan XI di setiap jurusan ,dan
teknik pengelola data yaitu teknik kuantitatif untuk menguji pengaruh variabel bebas
terhadap variabel terikat dan juga menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana
yang merupakan hubungan secara linear antara variabel dependen (X) = dengan
variabel independen (Y).
Dari hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas layanan
administrasi akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa. hal
ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan memberikan kepuasan terhasap siswa di
SMA Negeri 13 Bone. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu nilai sig. < 0,05
atau sebesar Sig. 0,000 < 0,05 artinya memiliki pengaruh yang signifikan dan nilai
thitung thitung 6, 289 > ttabel 2,063 hal ini menunjukkan terdapat pegaruh yang positif.
Maka dari itu dapat disimpulkakn bahwa variabel kualitas layanan administrasi
akademik (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan siswa (Y). Sehingga
Ho ditolak dan H1 direrima. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat
kepuasan siswa terhadap pelayanan administrasi akdemik hubungan antara keduanya
berada pada ketegori tinggi karena uji R yang didapat dari penelitian ini berkisar 0,802.
Adapun R square (R2) sebesar 0,643 atau 64,3% variasi variable kepuasan siswa (Y)
dapat dijelaskan oleh kualitas layanan (X). ini menunjukkan hubungan liniear positif
yang kaut antara kedua variabel. Karena berdasarkan model regresi ini menunjukkan
bahwa variabilitas kepuasan siswa dapat diprediksi dengan kualitas layanan
administrasi akademmik sebesar 64,3%. Hanya 35,7% dari variabilitas kepuasan siswa
dapat dijelaskan oleh faktor-faktor selain variabel dalam model regresi.
A. Simpulan
Simpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir
pembicaraan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diperoleh
beberapa Simpulan. Simpulan dalam bab ini merupakan jawaban atas semua
rumusan masalah. Adapun simpulan-simpulan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Pengaruh kualitas layanan administrasi akademik tehadap kepuasan siswa di
SMA Negeri 13 Bone. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu nilai sig. <
0,05 atau sebesar Sig. 0,000 < 0,05 artinya memiliki pengaruh yang signifikan
dan nilai thitung thitung 6, 289 > ttabel 2,063 hal ini menunjukkan terdapat
pegaruh yang positif. Maka dari itu dapat disimpulkakn bahwa variabel kualitas
layanan administrasi akademik (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel
kepuasan siswa (Y). Sehingga Ho ditolak dan H1 direrima.. Dari hasil penelitian
tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas layanan administrasi
akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa. hal ini
membuktikan bahwa kualitas pelayanan memberikan kepuasan terhasap siswa
di SMA Negeri 13 Bone.
2. Kepuasan siswa dalam pelayanan administasi akademik di SMA Negeri 13
Bone, Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat kepuasan siswa
terhadap pelayanan administrasi akdemik hubungan antara keduanya berada
pada ketegori tinggi karena uji R yang didapat dari penelitian ini berkisar 0,802.
Adapun R square (R2) sebesar 0,643 atau 64,3% variasi variable kepuasan
siswa (Y) dapat dijelaskan oleh kualitas layanan (X). ini menunjukkan
hubungan liniear positif yang kaut antara kedua variabel. Karena berdasarkan
model regresi ini menunjukkan bahwa variabilitas kepuasan siswa dapat
diprediksi dengan kualitas layanan administrasi akademmik sebesar 64,3%.
Hanya 35,7% dari variabilitas kepuasan siswa dapat dijelaskan oleh faktor-
faktor selain variabel dalam model regresi
B. Saran
1. Kepada pegawai SMA Negeri 13 Bone agar terus meningakatkan kualitas
layanan administrasi akademik sehingga kepuasan siswa dalam memperoleh
layanan terus meningkat
2. Perlunya ada kotak keluhan sebagai umpan balikkepuasan siswa agar pegawai
dapat menguku kinerja pelayanan yang telah diberikan, yang selanjutnya
menjadi bahan masukan bagi perbaikan kualitas layanan administrasi akademik
dimasa yang akan datang.
Ketersediaan
STAR20200295295/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

295/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top