Penerapan Pendekatan Cooperative Talking Stick dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa Kelas IV SDN 93 Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Pendekatan Cooperative Talking
Stick dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa Kelas IV SDN 93 Cabbeng
Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimana penerapan pendekatan Cooperative Talking Stick dalam
pembelajaran PAI siswa kelas IV SDN 93 Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe
Kabupaten Bone dan apakah terdapat peningkatan minat belajar PAI siswa kelas IV
SDN 93 Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone setelah diterapkannya
pendekatan Cooperative Talking Stick. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mendeskripsikan penerapan pendekatan Cooperative Talking Stick dalam
pembelajaran PAI siswa kelas IV SDN 93 Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe
Kabupaten Bone dan untuk mengetahui minat belajar PAI siswa kelas IV SDN 93
Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone setelah diterapkannya
pendekatan Cooperative Talking Stick.
Masalah ini dianalisis dengan pendekatan kuantitatif. Pendekatan ini dipilih
untuk mendeksripsikan penerapan pendekatan cooperative talking stick dalam
meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas IV SDN 93 Cabbeng Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Cooperative
Talking Stick dalam pembelajaran PAI siswa kelas IV SDN 93 Cabbeng Kecamatan
Dua Boccoe Kabupaten Bone terdiri dari Guru menyiapkan sebuah tongkat, Guru
menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada
murid untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangannya/paketnya,
Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya
mempersilahkan murid untuk menutup bukunya, Guru mengambil tongkat dan
memberikan kepada murid, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan murid
yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai
sebagian besar murid mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari
guru, Guru memberikan kesimpulan, evaluasi, dan penutup. Adapun pembelajaran
PAI dengan menggunakan pendekatan Cooperative Talking Stick juga dapat
meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV SDN 93 Cabbeng Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone. Hal ini terbukti karena adanya peningkatan minat belajar
siswa setelah menganalisis data yang di peroleh langsung dari responden.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Penerapan
pendekatan Cooperative Talking Stick dalam pembelajaran
PAI siswa kelas IV SDN 93 Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe
Kabupaten Bone terdiri dari guru menyiapkan sebuah tongkat, kemudian
guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari. Kemudian, guru
memberikan kesempatan kepada murid untuk membaca dan mempelajari
materi pada pegangannya/paketnya. Pada saast guru mengambil tongkat
dan memberikan kepada murid, maka semua murid menutup bukunya.
Setelah itu, guru memberikan pertanyaan dan murid yang memegang
tongkat tersebut harus menjawabnya. Demikian seterusnya sampai
sebagian besar murid mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan
dari guru, memberikan kesimpulan materi, evaluasi, dan Penutup.
2. Pembelajaran PAI dengan menggunakan pendekatan Cooperative Talking
Stick dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV SDN 93
Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Terjadi peningkatan
minat belajar dengan berdasar pada hasil siklus kedua dengan 12 indikator,
rata-rata setuju 43,93 % dari ke 12 indikator tersebut. Dan yang sangat
setuju rata-rata 37,11%.
B. Saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Disampaikan kepada guru agar menggunakan pendekatan Cooperative
Talking Stick melalui tiga kegiatan yang dilaksanakan secara individu
dan dilengkapi dengan alat peraga sehingga dapat meningkatkan hasil
belajar siswa.
2. Kepada para peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian
tentang pendekatan Cooperative Talking Stick dalam pembelajaran yang
lain yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
3. Disampaikan kepada pembaca, agar kiranya dapat memetik pengalaman
melalui tulisan skripsi ini.
Ketersediaan
STAR20200176176/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

176/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top