Penerapan Pendekatan Cooperative Talking Stick dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa Kelas IV SDN 93 Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone
Satriani Rahayu/02.16.1031 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Pendekatan Cooperative Talking
Stick dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa Kelas IV SDN 93 Cabbeng
Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimana penerapan pendekatan Cooperative Talking Stick dalam
pembelajaran PAI siswa kelas IV SDN 93 Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe
Kabupaten Bone dan apakah terdapat peningkatan minat belajar PAI siswa kelas IV
SDN 93 Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone setelah diterapkannya
pendekatan Cooperative Talking Stick. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mendeskripsikan penerapan pendekatan Cooperative Talking Stick dalam
pembelajaran PAI siswa kelas IV SDN 93 Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe
Kabupaten Bone dan untuk mengetahui minat belajar PAI siswa kelas IV SDN 93
Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone setelah diterapkannya
pendekatan Cooperative Talking Stick.
Masalah ini dianalisis dengan pendekatan kuantitatif. Pendekatan ini dipilih
untuk mendeksripsikan penerapan pendekatan cooperative talking stick dalam
meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas IV SDN 93 Cabbeng Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Cooperative
Talking Stick dalam pembelajaran PAI siswa kelas IV SDN 93 Cabbeng Kecamatan
Dua Boccoe Kabupaten Bone terdiri dari Guru menyiapkan sebuah tongkat, Guru
menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada
murid untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangannya/paketnya,
Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya
mempersilahkan murid untuk menutup bukunya, Guru mengambil tongkat dan
memberikan kepada murid, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan murid
yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai
sebagian besar murid mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari
guru, Guru memberikan kesimpulan, evaluasi, dan penutup. Adapun pembelajaran
PAI dengan menggunakan pendekatan Cooperative Talking Stick juga dapat
meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV SDN 93 Cabbeng Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone. Hal ini terbukti karena adanya peningkatan minat belajar
siswa setelah menganalisis data yang di peroleh langsung dari responden.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Penerapan
pendekatan Cooperative Talking Stick dalam pembelajaran
PAI siswa kelas IV SDN 93 Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe
Kabupaten Bone terdiri dari guru menyiapkan sebuah tongkat, kemudian
guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari. Kemudian, guru
memberikan kesempatan kepada murid untuk membaca dan mempelajari
materi pada pegangannya/paketnya. Pada saast guru mengambil tongkat
dan memberikan kepada murid, maka semua murid menutup bukunya.
Setelah itu, guru memberikan pertanyaan dan murid yang memegang
tongkat tersebut harus menjawabnya. Demikian seterusnya sampai
sebagian besar murid mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan
dari guru, memberikan kesimpulan materi, evaluasi, dan Penutup.
2. Pembelajaran PAI dengan menggunakan pendekatan Cooperative Talking
Stick dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV SDN 93
Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Terjadi peningkatan
minat belajar dengan berdasar pada hasil siklus kedua dengan 12 indikator,
rata-rata setuju 43,93 % dari ke 12 indikator tersebut. Dan yang sangat
setuju rata-rata 37,11%.
B. Saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Disampaikan kepada guru agar menggunakan pendekatan Cooperative
Talking Stick melalui tiga kegiatan yang dilaksanakan secara individu
dan dilengkapi dengan alat peraga sehingga dapat meningkatkan hasil
belajar siswa.
2. Kepada para peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian
tentang pendekatan Cooperative Talking Stick dalam pembelajaran yang
lain yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
3. Disampaikan kepada pembaca, agar kiranya dapat memetik pengalaman
melalui tulisan skripsi ini.
Stick dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa Kelas IV SDN 93 Cabbeng
Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimana penerapan pendekatan Cooperative Talking Stick dalam
pembelajaran PAI siswa kelas IV SDN 93 Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe
Kabupaten Bone dan apakah terdapat peningkatan minat belajar PAI siswa kelas IV
SDN 93 Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone setelah diterapkannya
pendekatan Cooperative Talking Stick. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mendeskripsikan penerapan pendekatan Cooperative Talking Stick dalam
pembelajaran PAI siswa kelas IV SDN 93 Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe
Kabupaten Bone dan untuk mengetahui minat belajar PAI siswa kelas IV SDN 93
Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone setelah diterapkannya
pendekatan Cooperative Talking Stick.
Masalah ini dianalisis dengan pendekatan kuantitatif. Pendekatan ini dipilih
untuk mendeksripsikan penerapan pendekatan cooperative talking stick dalam
meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas IV SDN 93 Cabbeng Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Cooperative
Talking Stick dalam pembelajaran PAI siswa kelas IV SDN 93 Cabbeng Kecamatan
Dua Boccoe Kabupaten Bone terdiri dari Guru menyiapkan sebuah tongkat, Guru
menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada
murid untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangannya/paketnya,
Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya
mempersilahkan murid untuk menutup bukunya, Guru mengambil tongkat dan
memberikan kepada murid, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan murid
yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai
sebagian besar murid mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari
guru, Guru memberikan kesimpulan, evaluasi, dan penutup. Adapun pembelajaran
PAI dengan menggunakan pendekatan Cooperative Talking Stick juga dapat
meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV SDN 93 Cabbeng Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone. Hal ini terbukti karena adanya peningkatan minat belajar
siswa setelah menganalisis data yang di peroleh langsung dari responden.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Penerapan
pendekatan Cooperative Talking Stick dalam pembelajaran
PAI siswa kelas IV SDN 93 Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe
Kabupaten Bone terdiri dari guru menyiapkan sebuah tongkat, kemudian
guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari. Kemudian, guru
memberikan kesempatan kepada murid untuk membaca dan mempelajari
materi pada pegangannya/paketnya. Pada saast guru mengambil tongkat
dan memberikan kepada murid, maka semua murid menutup bukunya.
Setelah itu, guru memberikan pertanyaan dan murid yang memegang
tongkat tersebut harus menjawabnya. Demikian seterusnya sampai
sebagian besar murid mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan
dari guru, memberikan kesimpulan materi, evaluasi, dan Penutup.
2. Pembelajaran PAI dengan menggunakan pendekatan Cooperative Talking
Stick dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV SDN 93
Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Terjadi peningkatan
minat belajar dengan berdasar pada hasil siklus kedua dengan 12 indikator,
rata-rata setuju 43,93 % dari ke 12 indikator tersebut. Dan yang sangat
setuju rata-rata 37,11%.
B. Saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Disampaikan kepada guru agar menggunakan pendekatan Cooperative
Talking Stick melalui tiga kegiatan yang dilaksanakan secara individu
dan dilengkapi dengan alat peraga sehingga dapat meningkatkan hasil
belajar siswa.
2. Kepada para peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian
tentang pendekatan Cooperative Talking Stick dalam pembelajaran yang
lain yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
3. Disampaikan kepada pembaca, agar kiranya dapat memetik pengalaman
melalui tulisan skripsi ini.
Ketersediaan
| STAR20200176 | 176/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
176/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
