Implementasi Nilai Kedisiplinan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di SMPN 4 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone
Zainal Abidin/02.16.1016 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Implementasi Nilai Kedisiplinan Dalam
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMPN 4 Cenrana Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone”. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini adalah bentuk nilai
kedisiplinan yang diterapkan di SMPN 4 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten
Bone, kualitas proses pembelajaran PAI di Smpn 4 Cenrana Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone, dan kontribusi penerapan nilai kedisiplinan dalam meningkatkan
kualitas proses pembelajaran PAI siswa SMPN 4 Cenrana Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone. Hal yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui
bentuk nilai kedisiplinan yang diterapkan di SMPn 4 Cenrana Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone, untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran PAI di SMPN 4
Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, untuk mengetahui konstribusi
penerapan nilai kedisiplinan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran PAI
siswa di SMPN 4 Cenrana Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan memecahkan masalah jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kualitatif, Penulis menggunakan pendekatan pedagegik, pendekatan
teologis normatif dan pendekatan psikologis, dan melakukan penelitian lapangan,
dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokukemntasi. Data
dianalisis dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
serta verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, bentuk nilai kedisiplinan yang
diterapkan siswa di SMPN 4 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu
kedisiplian siswa masuk sekolah, kedisiplinan siswa dalam mengerjakan tugas,
disiplinan siswa dalam mengikuti pelajaran, disiplin siswa dalam mentaati peraturan
sekolah. Kedua, kualitas proses pembelajaran pai di SMPN 4 Cenrana Kecamatan
Cenrana Kabuapaten Bone yaitu kualitas guru dan kualitas siswa. ketiga, kontribusi
penerapan nilai kedisiplinan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran PAI
di SMPN 4 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu meningkatkan
prestasi belajar siswa.
A . Kesimpulan
Berdasarkan penenlitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang implementasi
nilai kedisiplinan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran di SMPN 4
Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, maka penulis dapat
menyimpulkan sebagai berikut:
1. Bentuk-bentuk nilai kedisiplinan yang diterapkan di SMPN 4 Cenrana, dapat
dikategorikan baik. Dalam hal seperti disiplin siswa disiplin dalam masuk
kelas (daring), disiplin dalam mengerjakan tugas-tugasnya yang diberikan
guru PAI dengan baik, dsiplin dalam proses pembelajaran PAI, dan disiplin
dalam mentaati peraturan. Dalam hal ini dapat kita lihat dari perubahan sikap
perilaku siswa seperti rajin mengisi absensi, tugas-tugas yang diberikan dapat
diselesaikan dengan baik, dan semangat dalam belajar.
2. Kualitas proses pembelajaran PAI di SMPN 4 Cenrana sudah baik. Guru
dapat mengontrol siswanya dengan mudah. Strategi berbasis oneline dapat
menyesuaikan kondisi lingkungan. Siswa tetap semangat dalam mengikuti
proses pembelajaran.
3. Konstribusi penerapan kedisiplinan berimplikasi terhadap penigkatan kualitras
proses pembelajaran PAI. Siswa yang memiliki sikap kedisiplinan yang baik
telah mendapatkan prestasi yang baik pula, begitu sebaliknya siswa yang
kurang disiplin memiliki prestasi yang kurang baik. Dengan demikian disiplin
sangat berkontribusi terhadap kualitas proses pembelajaran PAI di SMPN 4
Cenrana
B. Implilkasi
Setelah peneliti menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini ditemukan
implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam
pembahasan ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada kepala sekolah dan rekan-rekan guru beserta siswa SMPN 4 Cenrana,
tetap berintegritas dalam menjaga dan memperhatikan nilai-nilai kedisiplinan
yang ada dengan harapan mencapai tingkat prestasi belajar yang baik.
Penanaman nilai kedisilin dilakukan sedini mungkin.
2. Kepada guru mata pelajaran PAI, evaluasi dilakukan secara kontinyu dan
tetap beradaptasi dengan kebaruan yang didukung keterbukaan dalam proses
pembelajaran. Menciptakan suasana belajar yang nyaman sehingga siswa
dapat menaati segala peraturan sekolah, setia mendengarkan arahan dari guru.
Siswa dituntut memiliki kessadaran dalam menerapkan nilai-nilai kedisiplinan
karena hal itu dapat mempengaruhi kualitas belajar di sekolah.
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMPN 4 Cenrana Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone”. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini adalah bentuk nilai
kedisiplinan yang diterapkan di SMPN 4 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten
Bone, kualitas proses pembelajaran PAI di Smpn 4 Cenrana Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone, dan kontribusi penerapan nilai kedisiplinan dalam meningkatkan
kualitas proses pembelajaran PAI siswa SMPN 4 Cenrana Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone. Hal yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui
bentuk nilai kedisiplinan yang diterapkan di SMPn 4 Cenrana Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone, untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran PAI di SMPN 4
Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, untuk mengetahui konstribusi
penerapan nilai kedisiplinan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran PAI
siswa di SMPN 4 Cenrana Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan memecahkan masalah jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kualitatif, Penulis menggunakan pendekatan pedagegik, pendekatan
teologis normatif dan pendekatan psikologis, dan melakukan penelitian lapangan,
dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokukemntasi. Data
dianalisis dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
serta verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, bentuk nilai kedisiplinan yang
diterapkan siswa di SMPN 4 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu
kedisiplian siswa masuk sekolah, kedisiplinan siswa dalam mengerjakan tugas,
disiplinan siswa dalam mengikuti pelajaran, disiplin siswa dalam mentaati peraturan
sekolah. Kedua, kualitas proses pembelajaran pai di SMPN 4 Cenrana Kecamatan
Cenrana Kabuapaten Bone yaitu kualitas guru dan kualitas siswa. ketiga, kontribusi
penerapan nilai kedisiplinan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran PAI
di SMPN 4 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu meningkatkan
prestasi belajar siswa.
A . Kesimpulan
Berdasarkan penenlitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang implementasi
nilai kedisiplinan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran di SMPN 4
Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, maka penulis dapat
menyimpulkan sebagai berikut:
1. Bentuk-bentuk nilai kedisiplinan yang diterapkan di SMPN 4 Cenrana, dapat
dikategorikan baik. Dalam hal seperti disiplin siswa disiplin dalam masuk
kelas (daring), disiplin dalam mengerjakan tugas-tugasnya yang diberikan
guru PAI dengan baik, dsiplin dalam proses pembelajaran PAI, dan disiplin
dalam mentaati peraturan. Dalam hal ini dapat kita lihat dari perubahan sikap
perilaku siswa seperti rajin mengisi absensi, tugas-tugas yang diberikan dapat
diselesaikan dengan baik, dan semangat dalam belajar.
2. Kualitas proses pembelajaran PAI di SMPN 4 Cenrana sudah baik. Guru
dapat mengontrol siswanya dengan mudah. Strategi berbasis oneline dapat
menyesuaikan kondisi lingkungan. Siswa tetap semangat dalam mengikuti
proses pembelajaran.
3. Konstribusi penerapan kedisiplinan berimplikasi terhadap penigkatan kualitras
proses pembelajaran PAI. Siswa yang memiliki sikap kedisiplinan yang baik
telah mendapatkan prestasi yang baik pula, begitu sebaliknya siswa yang
kurang disiplin memiliki prestasi yang kurang baik. Dengan demikian disiplin
sangat berkontribusi terhadap kualitas proses pembelajaran PAI di SMPN 4
Cenrana
B. Implilkasi
Setelah peneliti menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini ditemukan
implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam
pembahasan ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada kepala sekolah dan rekan-rekan guru beserta siswa SMPN 4 Cenrana,
tetap berintegritas dalam menjaga dan memperhatikan nilai-nilai kedisiplinan
yang ada dengan harapan mencapai tingkat prestasi belajar yang baik.
Penanaman nilai kedisilin dilakukan sedini mungkin.
2. Kepada guru mata pelajaran PAI, evaluasi dilakukan secara kontinyu dan
tetap beradaptasi dengan kebaruan yang didukung keterbukaan dalam proses
pembelajaran. Menciptakan suasana belajar yang nyaman sehingga siswa
dapat menaati segala peraturan sekolah, setia mendengarkan arahan dari guru.
Siswa dituntut memiliki kessadaran dalam menerapkan nilai-nilai kedisiplinan
karena hal itu dapat mempengaruhi kualitas belajar di sekolah.
Ketersediaan
| STAR20210397 | 397/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
397/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
