Urgensi Strategi Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Akidah Ahlak (Studi MTs Nurul Aeyn As’adiyah Kampung Baru Kelas VII Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone)
Kasriana/02.16.1076 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Urgensi Strategi Problem Based Learning
dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak (Studi MTs
Nurul Aeyn As’adiyah Kampung Baru Kelas VII Kecamatan Tellusiattinge
Kabupaten Bone)”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui
tentang urgensi strategi Problem Based Learning dan keaktifan belajar siswa setelah
menerapkan strategi tersebut dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs
Nurul Aeyn As’adiyah Kampung Baru dan Faktor Pendukung dan Penghambat dalam
Penerapan Strategi Problem Based Learning dalam meningkatkan Keaktifan Siswa
pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTs Nurul Aeyn As’adiyah Kampung
Baru Kecamatan Tellusiatinge Kabupaten Bone
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitatif research). Data dianalisis dengan
metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya
dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang
selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, urgensi Strategi Problem
Based Learning telah dilaksanakan dengan baik oleh guru Akidah Akhlak di MTs
Nurul Aeyn As’adiyah Kampung Baru dalam pembelajaran Akidah Akhlak dengan
telah diterapkannya langkah-langkah dalam Strategi Problem Based Learning yaitu
diawali dengan tahap memberikan orientasi permasalaahan kepada peserta didik,
mengorganisasikan peserta didik untuk penyelidikan dan pemberian motivasi,
tahapan diskusi dan menganalisis serta mengevaluasi proses penyelididkan. Kedua,
penerapan Strategi Problem Based Learning siswa di MTs Nurul Aeyn As’adiyah
Kampung Baru dapat memahami materi pembelajaran Akidah Akhlak dengan baik.
Hal tersebut dapat dibuktikan dengan semakin meningkatnya keaktifan belajar siswa,
dapat dilihat dari aktif secara visual, aktif lisan, aktif mendengar, aktif motorik dan
aktif emosional. Ketiga, faktor pendukung dalam penerapan Strategi Problem Based
Learning di MTs Nurul aeyn As’adiyah Kampung Baru adalah adanya kesadaran
siswa akan pentingnya strategi tersebut dilihat dari cara mereka bekerja sama dengan
baik. Adapun faktor penghambat yaitu kurang tersedianya buku-buku yang ada di
perpustakaan yang dapat dijadikan referensi siswa dalam menyelesaikan tugas
belajarnya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian tentang “Urgensi Strategi Problem Based
Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak
(Studi MTs Nurul Aeyn As’adiyah Kampung Baru Kelas VII Kecamatan
Tellusiattinge Kabupaten Bone” sebagai berikut:
1. Urgensi Strategi Problem Based Learning telah dilaksanakan dengan baik oleh
guru Akidah Akhlak di MTs Nurul Aeyn As’adiyah Kampung Baru dalam
pembelajaran Akidah Akhlak dengan telah diterapkannya langkah-langkah
dalam metode Problem Based Learning yaitu diawali tahap memberikan
orientasi permasalaahan kepada peserta didik, mengorganisasikan peserta didik
untuk penyelididkan dan pemberian motivasi, tahapan diskusi dan menganalisis
serta mengevaluasi proses penyelididkan
2. Penerapan Strategi Problem Based Learning, kepada siswa dapat memudakan
pemahamannya dalam pembelajaran Akidah Akhlak dengan baik. Hal tersebut
dapat dibuktikan dengan semakin meningkatnya keaktifan belajar siswa, dapat
dilihat dari aktif secara visual, aktif lisan, aktif mendengar, aktif motorik dan
aktif emosional. Keaktifan belajar siswa tersebut harus selalu diperhatikan dan
dikembangkan karena merupakan unsur terpenting dalam mengaktifkan siswa
dalam proses pembelajaran.
3. Dalam penerapan Strategi Poblem Based Learning dalam Meningkatkan
Keaktifan Siswa di MTs Nurul Aeyn As’adiyah Kampung Baru pasti ada saja
dukungan dan hambatan yang akan dilalui. Faktor pendukung dalam penerapan
metode Problem Based Learning kelas VII di MTs Nurul Aeyn As’adiyah
Kampung Baru yaitu adanya kesadaran siswa akan pentingnya metode Problem
Based Learning dilihat dari cara mereka bekerja sama dengan baik dalam
menyelesaikan permasalahan serta bekerja sama pada saat melakukan
presentasi. Adapun yang menjadi faktor pengambat yaitu kurang tersedianya
buku-buku yang ada di perpustakaan yang dapat dijadikan referensi dalam
menyelesaikan tugas belajarnya
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan hasilnya,
menyarankan bahwa:
1. Sebaiknya menerapkan kembali Strategi Problem Based Learning untuk
meningkatkan keaktifan belajar siswa.
2. Adanya skripsi ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi
guru dan kepada pihak yang terkait menindaklanjuti dengan memberikan
penyuluhan kepada guru-guru tentang penerapan metode belajar yang baik
dan benar dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa
dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak (Studi MTs
Nurul Aeyn As’adiyah Kampung Baru Kelas VII Kecamatan Tellusiattinge
Kabupaten Bone)”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui
tentang urgensi strategi Problem Based Learning dan keaktifan belajar siswa setelah
menerapkan strategi tersebut dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs
Nurul Aeyn As’adiyah Kampung Baru dan Faktor Pendukung dan Penghambat dalam
Penerapan Strategi Problem Based Learning dalam meningkatkan Keaktifan Siswa
pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTs Nurul Aeyn As’adiyah Kampung
Baru Kecamatan Tellusiatinge Kabupaten Bone
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitatif research). Data dianalisis dengan
metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya
dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang
selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, urgensi Strategi Problem
Based Learning telah dilaksanakan dengan baik oleh guru Akidah Akhlak di MTs
Nurul Aeyn As’adiyah Kampung Baru dalam pembelajaran Akidah Akhlak dengan
telah diterapkannya langkah-langkah dalam Strategi Problem Based Learning yaitu
diawali dengan tahap memberikan orientasi permasalaahan kepada peserta didik,
mengorganisasikan peserta didik untuk penyelidikan dan pemberian motivasi,
tahapan diskusi dan menganalisis serta mengevaluasi proses penyelididkan. Kedua,
penerapan Strategi Problem Based Learning siswa di MTs Nurul Aeyn As’adiyah
Kampung Baru dapat memahami materi pembelajaran Akidah Akhlak dengan baik.
Hal tersebut dapat dibuktikan dengan semakin meningkatnya keaktifan belajar siswa,
dapat dilihat dari aktif secara visual, aktif lisan, aktif mendengar, aktif motorik dan
aktif emosional. Ketiga, faktor pendukung dalam penerapan Strategi Problem Based
Learning di MTs Nurul aeyn As’adiyah Kampung Baru adalah adanya kesadaran
siswa akan pentingnya strategi tersebut dilihat dari cara mereka bekerja sama dengan
baik. Adapun faktor penghambat yaitu kurang tersedianya buku-buku yang ada di
perpustakaan yang dapat dijadikan referensi siswa dalam menyelesaikan tugas
belajarnya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian tentang “Urgensi Strategi Problem Based
Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak
(Studi MTs Nurul Aeyn As’adiyah Kampung Baru Kelas VII Kecamatan
Tellusiattinge Kabupaten Bone” sebagai berikut:
1. Urgensi Strategi Problem Based Learning telah dilaksanakan dengan baik oleh
guru Akidah Akhlak di MTs Nurul Aeyn As’adiyah Kampung Baru dalam
pembelajaran Akidah Akhlak dengan telah diterapkannya langkah-langkah
dalam metode Problem Based Learning yaitu diawali tahap memberikan
orientasi permasalaahan kepada peserta didik, mengorganisasikan peserta didik
untuk penyelididkan dan pemberian motivasi, tahapan diskusi dan menganalisis
serta mengevaluasi proses penyelididkan
2. Penerapan Strategi Problem Based Learning, kepada siswa dapat memudakan
pemahamannya dalam pembelajaran Akidah Akhlak dengan baik. Hal tersebut
dapat dibuktikan dengan semakin meningkatnya keaktifan belajar siswa, dapat
dilihat dari aktif secara visual, aktif lisan, aktif mendengar, aktif motorik dan
aktif emosional. Keaktifan belajar siswa tersebut harus selalu diperhatikan dan
dikembangkan karena merupakan unsur terpenting dalam mengaktifkan siswa
dalam proses pembelajaran.
3. Dalam penerapan Strategi Poblem Based Learning dalam Meningkatkan
Keaktifan Siswa di MTs Nurul Aeyn As’adiyah Kampung Baru pasti ada saja
dukungan dan hambatan yang akan dilalui. Faktor pendukung dalam penerapan
metode Problem Based Learning kelas VII di MTs Nurul Aeyn As’adiyah
Kampung Baru yaitu adanya kesadaran siswa akan pentingnya metode Problem
Based Learning dilihat dari cara mereka bekerja sama dengan baik dalam
menyelesaikan permasalahan serta bekerja sama pada saat melakukan
presentasi. Adapun yang menjadi faktor pengambat yaitu kurang tersedianya
buku-buku yang ada di perpustakaan yang dapat dijadikan referensi dalam
menyelesaikan tugas belajarnya
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan hasilnya,
menyarankan bahwa:
1. Sebaiknya menerapkan kembali Strategi Problem Based Learning untuk
meningkatkan keaktifan belajar siswa.
2. Adanya skripsi ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi
guru dan kepada pihak yang terkait menindaklanjuti dengan memberikan
penyuluhan kepada guru-guru tentang penerapan metode belajar yang baik
dan benar dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa
Ketersediaan
| STAR20200075 | 75/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
75/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
