Peran Guru Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Baca Tulis Hafal Al-Qur’an pada Siswa Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial MAN 1 Bone
Shaleha/02.16.1107 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Peran guru al-Qur’an hadis dalam
meningkatkan baca tulis hafal al-Qur’an pada siswa jurusan Ilmu-Ilmu sosial MAN
1 Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana upaya guru
dalam meningkatka baca tulis hafal al-Qur’an siswa jurusan Ilmu-Ilmu Sosial MAN
1 Bone? dan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam
meningkatkan baca tulis hafal al-Qur’an pada siswa jurusan Ilmu-Ilmu sosial MAN 1
Bone?.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis melakukan
pendekatan sosiologis, paedagogik, psikologis dan teologis normatif serta melakukan
penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik wawancara,
dokumentasi, dan obeservasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data
(display data) dan tahap penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan baca
tulis hafal al-Qur’an pada siswa jurusan Ilmu-Ilmu Sosial MAN 1 Bone dapat
diuraikan berdasarkan dimensi pertama melalui metode pembiasaan yaitu siswa
melakukan kegiatan yang berupa pengulangan berkali-kali pada kegiatan membaca
dan menulis al-Qur’an sebelum memulai pembelajaran serta metode hafalan yaitu
siswa melakukan kegiatan menghafal ayat al-Qur’an maupun hadis pada saat proses
pembelajaran. Kedua faktor pendukung dan penghambat siswa dalam membaca,
menulis dan menghafal al- Qur'an yaitu faktor internal dan eksternal . faktor internal
yang dimaksud adalah motivasi, pengetahuan, serta bakat siswa , adapun faktor
eksternal yaitu tersedia sarana dan prasarana serta lingkungan yang aman. Adapun
faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya
mempelajari al-Qur’an serta adanya rasa malam dalam diri siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Upaya guru dalam meningkatkan baca tulis hafal al-Qur’an pada siswa
jurusan Ilmu-Ilmu Sosial MAN 1 Bone yaitu guru menjalankan upaya sebagai
seorang guru yang meliputi peran guru sebagai belajar-mengajar dalam
membimbing, mendemonstrator, memfasilitasi, mengevaluasii, memegang
otoritas serta peran guru sebagai penentu. Melalui upaya tersebut dapat
mendorong semangat siswa untuk belajar khususnya mempelajari al-qur-an
sehingga menghasilkan siswa yang mampu membaca,menulis dan mengahafal
al-Qur’an.
2. Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan baca tulis dan hafal
al-Qur’an pada siswa jurusan Ilmu-Ilmu Sosial MAN 1 Bone melalui metode
pembiasaan dan metode hafalan terdapat 2 faktor yaitu internal dan eksternal.
faktor internal yang dimaksud adalah motivasi, pemahaman dan pengetahuan
tentang al-Qur’an, serta adanya bakat dan minat dalam diri siswa. Adapun
faktor eksternal yang dimaksud yaitu tersedia sarana dan prasarana,
lingkungan yang aman, dan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran
siswa akan pentingnya mempelajari al-qur’an, kurangnya pemahaman siswa
tentang ilmu tajwid serta adanya rasa malas siswa untuk mempelajari al-
Qur’an.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran.
Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skiripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Pemerintah, terutama pemerintah daerah hendaknya memfokuskan perhatian
pada sekolah dalam menciptakan Insan Qur’ani.
2. Kepada madrasah MAN 1 Bone hendaknya tetap melaksanakan tugas dan
tanggungjawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan siswa serta
memberikan sarana kepada guru untuk menunjang proses pembelajaran di
sekolah.
3. Kepada guru MAN 1 Bone hendaknya tetap melaksanakan tugasnya
semaksimal mungkin terutama dalam meningkatkan baca tulis hafal al-Qur’an
pada siswa.
4. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, nonformal, maupun pendidikan informal.
meningkatkan baca tulis hafal al-Qur’an pada siswa jurusan Ilmu-Ilmu sosial MAN
1 Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana upaya guru
dalam meningkatka baca tulis hafal al-Qur’an siswa jurusan Ilmu-Ilmu Sosial MAN
1 Bone? dan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam
meningkatkan baca tulis hafal al-Qur’an pada siswa jurusan Ilmu-Ilmu sosial MAN 1
Bone?.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis melakukan
pendekatan sosiologis, paedagogik, psikologis dan teologis normatif serta melakukan
penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik wawancara,
dokumentasi, dan obeservasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data
(display data) dan tahap penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan baca
tulis hafal al-Qur’an pada siswa jurusan Ilmu-Ilmu Sosial MAN 1 Bone dapat
diuraikan berdasarkan dimensi pertama melalui metode pembiasaan yaitu siswa
melakukan kegiatan yang berupa pengulangan berkali-kali pada kegiatan membaca
dan menulis al-Qur’an sebelum memulai pembelajaran serta metode hafalan yaitu
siswa melakukan kegiatan menghafal ayat al-Qur’an maupun hadis pada saat proses
pembelajaran. Kedua faktor pendukung dan penghambat siswa dalam membaca,
menulis dan menghafal al- Qur'an yaitu faktor internal dan eksternal . faktor internal
yang dimaksud adalah motivasi, pengetahuan, serta bakat siswa , adapun faktor
eksternal yaitu tersedia sarana dan prasarana serta lingkungan yang aman. Adapun
faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya
mempelajari al-Qur’an serta adanya rasa malam dalam diri siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Upaya guru dalam meningkatkan baca tulis hafal al-Qur’an pada siswa
jurusan Ilmu-Ilmu Sosial MAN 1 Bone yaitu guru menjalankan upaya sebagai
seorang guru yang meliputi peran guru sebagai belajar-mengajar dalam
membimbing, mendemonstrator, memfasilitasi, mengevaluasii, memegang
otoritas serta peran guru sebagai penentu. Melalui upaya tersebut dapat
mendorong semangat siswa untuk belajar khususnya mempelajari al-qur-an
sehingga menghasilkan siswa yang mampu membaca,menulis dan mengahafal
al-Qur’an.
2. Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan baca tulis dan hafal
al-Qur’an pada siswa jurusan Ilmu-Ilmu Sosial MAN 1 Bone melalui metode
pembiasaan dan metode hafalan terdapat 2 faktor yaitu internal dan eksternal.
faktor internal yang dimaksud adalah motivasi, pemahaman dan pengetahuan
tentang al-Qur’an, serta adanya bakat dan minat dalam diri siswa. Adapun
faktor eksternal yang dimaksud yaitu tersedia sarana dan prasarana,
lingkungan yang aman, dan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran
siswa akan pentingnya mempelajari al-qur’an, kurangnya pemahaman siswa
tentang ilmu tajwid serta adanya rasa malas siswa untuk mempelajari al-
Qur’an.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran.
Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skiripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Pemerintah, terutama pemerintah daerah hendaknya memfokuskan perhatian
pada sekolah dalam menciptakan Insan Qur’ani.
2. Kepada madrasah MAN 1 Bone hendaknya tetap melaksanakan tugas dan
tanggungjawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan siswa serta
memberikan sarana kepada guru untuk menunjang proses pembelajaran di
sekolah.
3. Kepada guru MAN 1 Bone hendaknya tetap melaksanakan tugasnya
semaksimal mungkin terutama dalam meningkatkan baca tulis hafal al-Qur’an
pada siswa.
4. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, nonformal, maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
| STAR20200049 | 49/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
49/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
