Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Kajuara Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone.

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai penerapan strategi pembelajaran ekspositori
dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Kajuara
Kecamatan Cenrana Kab. Bone. Hal yang penting di kaji dalam skripsi ini yakni
untuk mengetahui bentuk penerapan strategi pembelajaran ekspositori di MTs
Kajuara, mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung strategi pembelajara
ekspositori dan efektivitas pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Kajuara Kecamatan
Cenrana Kab, Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah dalam skripsi ini, penulis
menggunakan penelitian kualitatif deskriftif. Penelitian ini menggunakan pendekatan
pedagogis, psikologis dan sosiologis.Dalam mengumpulkan data, penulis
menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi.Kemudian data yang
dikumpulkan dianalisis dengan langkah-langkah mereduksi data, menyajikan data
kemudian menarik kesimpulan.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pertama: penerapan strategi
pembelajaran ekspositori telah di laksanakan dengan baik oleh guru Al-Qur’an Hadis
di MTs Kajuara dengan telah diterapkannya bentuk bentuk strategi pembelajaran
ekspositori yaitu adanya persiapan, penyajian materi, korelasi, menyimpulkan dan
menerapkan. Kedua: Dalam strategi pembelajaran ekspositori di Mts Kajuara pasti
ada saja dukungan dan hambatan dalam penerapannya, adapun faktor pendukung dan
penghambat yang terjadi dalam penerapan pembelajaran ekapositori faktor
pendukungnya yaitu (a) guru bisa mengontrol urutan keluasan materi yang di
sampaikan secara langsung oleh guru dan guru harus mengusai bahan
pelajaran,dengan demikian dapat diliht sejauh mana pemahaman peserta didik. (b)
pembelajaran ekspositori selain efektif juga dapat membuat peserta didik lebih
mendengar materi pelajaran juga sekaligus membuat pesaera didik melihat atau
mengobservasi materi yang disampaikan oleh guru. (c) pembelajaran secara efektif.
Adapun faktor penghambatnya yaitu (a) adanya siswa yang kurang mampu
mendengar dan menyerap materi pelajaran. (b)adanya perbedaan pengetahuan, minat
dan bakat serta gaya belajar peserta didik. (c) dan siswa yang kurang dalam
bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.
. Ketiga: meningkatnya efektivitas pembelajaran Al-Qur’an Hadis didukung
adanya lima faktor yaitu sikap atau kemauan siswa dalam belajar, kemampuan siswa
dalam memahami pembelajaran dan keterampilan siswa, ketekunan siswa dalam
mengerjakan tugas tugas yang diberikan oleh guru, peluang waktu yang diberikan
kepada siswa yng memilki kemampuan yang berbeda dan pengajaran yang bermutu.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab tiga sebelumnya maka penulis dapat
menyimpulkan sebagai berikut
1. Penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan
efektivitas pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Kajuara Kecamatan
Cenrana Kab.Bone dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis dengan telah di
terapkannya bentuk bentuk pembelajaran ekpositori yaitu di awali tahap
persiapan, penyajian, korelasi, menyimpulkan dan menerapkan.
2. Dalam strategi pembelajaran ekspositori di Mts Kajuara pasti ada saja
dukungan dan hambatan dalam penerapannya, adapun faktor pendukung
dan penghambat yang terjadi dalam penerapan pembelajaran ekapositori
faktor pendukungnya yaitu (a) guru bisa mengontrol urutan keluasan
materi yang di sampaikan secara langsung oleh guru dan guru harus
mengusai bahan pelajaran,dengan demikian dapat diliht sejauh mana
pemahaman peserta didik. (b) pembelajaran ekspositori selain efektif juga
dapat membuat peserta didik lebih mendengar materi pelajaran juga
sekaligus membuat pesaera didik melihat atau mengobservasi materi yang
disampaikan oleh guru. (c) pembelajaran secara efektif. Adapun faktor
penghambatnya yaitu (a) adanya siswa yang kurang mampu mendengar
dan menyerap materi pelajaran. (b)adanya perbedaan pengetahuan, minat
dan bakat serta gaya belajar peserta didik. (c) dan siswa yang kurang
dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.
3. Dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Al-Qur’an Hadis ada lima
faktor yang mendukung hal tersebut yaitu adanya sikap siswa atau
kemauan siswa untuk mengikuti pembelajaran, kemampuan siswa dalam
keterampilan pembelajaran, ketekunana siswa dalam mengerjakan tugas
tugas dan peluang waktu yang di berikan oleh guru kepada siswa yang
memiliki tingkat pemahaman yang berbeda dan pengajaran yang bermutu
adalah efektivitas pembelajaran yang di sampaikan oleh guru.
B. Implikasi
Di bawah ini ada dua implikasi dari penulis yaitu :
1. Sebaiknya menerapkan kembali strategi pembelajaran ekspositori untuk
menigkatkan efektivitas pembelajaran
2. Adanya skripsi ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran
bagi guru dan kepada pihak yang terkait menindak lanjuti dengan
memberikan penyuluhan kepada guru guru tentang penerapan strategi
pembelajaran ekspositori yang baik dan benar dalam meningkatkan
efektivitas pembelajaran Al-Qur’an Hadis.
Ketersediaan
STAR20200323323/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

232/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top