Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs 17 Kajuara Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone.
Irdawati/02.16.1057 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentangperan guru Akidah Akhlak dalam pengelolaan
kelas di MTs 17 Kajuara, motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak
di MTs 17 Kajuara dan kontribusi peran guru Akidah Akhlak dalam pengelolaan
kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs 17 Kajuara.
Untuk memudahkan pemecahan masalah dalam skripsi ini, penulis
menggunakan penelitian kualitatif deskriftif. Penelitian ini menggunakan pendekatan
pedagogis, psikologis dan sosiologis.Dalam mengumpulkan data, penulis
menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi.Kemudian data yang
dikumpulkan dianalisis dengan langkah-langkah mereduksi data, menyajikan data
kemudian menarik kesimpulan.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pertama: peran guru Akidah Akhlak
dalam pengelolaan kelas di MTs 17 Kajuara telah dilaksanakan dengan baik.
Pengelolaan kelas tersebut menyangkut dua hal yaitu yang terkait dengan siswa
berupa pembentukan organisasi dan peserta didik.Begitu juga pengelolaan kelas yang
menyangkut fisik yang meliputi pengaturan tempat duduk, papan tulis, hiasan dinding
dan pemeliharaan kebersihan. Kedua: Motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran
Akidah Akhlak di MTs 17 Kajuara sudah cukup tinggi karena mereka pada umumnya
ulet dan tekun dalam belajar, memiliki minat terhadap mata pelajaran, senang
bekerja, konsisten dalam belajar serta senang mencari dan memecahkan masalah.
Ketiga: peran guru Akidah Akhlak dalam pengelolaan kelas telah berkontribusi
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs 17 Kajuara hal itu dibuktikan
dengan semakin ulet, berminat, konsisten dan senangnya siswa didalam belajar akibat
dilaksanakannya pengelolaan kelas dengan baik oleh guru Akidah Akhlak di
Madrasah tersebut.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab tiga sebelumnya maka penulis dapat
menyimpulkan sebagai berikut
1. Peran guru Akidah Akhlak dalam pengelolaan kelas di MTs 17 Kajuara
telah dilaksanakan dengan baik. Pengelolaan kelas tersebut menyangkut
dua hal yaitu yang terkait dengan siswa berupa pembentukan organisasi
dan peserta didik. Begitu juga pengelolaan kelas yang menyangkut fisik
yang meliputi pengaturan tempat duduk, papan tulis, hiasan dinding dan
pemeliharaan kebersihan.
2. Motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs 17
Kajuara sudah cukup tinggi karena mereka pada umumnya ulet dan tekun
dalam belajar, memiliki minat terhadap mata pelajaran, senang bekerja,
konsisten dalam belajar serta senang mencari dan memecahkan masalah.
3. Peran guru Akidah Akhlak dalam pengelolaan kelas telah berkontribusi
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs 17 Kajuara hal itu
dibuktikan dengan semakin ulet, berminat, konsisten dan senangnya siswa
didalam belajar akibat dilaksanakannya pengelolaan kelas dengan baik
oleh guru Akidah Akhlak di Madrasah tersebut.
B. Implikasi
1. Kepada pihak MTs 17 Kajuara selalu memperhatikan disekeliling supaya
proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik atau sesuai yang diinginkan.
2. Kepada guru MTs 17 Kajuara agar kiranya selalu mengelola kelas dengan
baik supaya proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan
termotivasi untuk belajar lebih giat.
3. Kepada siswa MTs 17 Kajuara tingkatkan motivasi belajar anda
khususnya pada mata pelajaran Akidah Akhlak.
kelas di MTs 17 Kajuara, motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak
di MTs 17 Kajuara dan kontribusi peran guru Akidah Akhlak dalam pengelolaan
kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs 17 Kajuara.
Untuk memudahkan pemecahan masalah dalam skripsi ini, penulis
menggunakan penelitian kualitatif deskriftif. Penelitian ini menggunakan pendekatan
pedagogis, psikologis dan sosiologis.Dalam mengumpulkan data, penulis
menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi.Kemudian data yang
dikumpulkan dianalisis dengan langkah-langkah mereduksi data, menyajikan data
kemudian menarik kesimpulan.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pertama: peran guru Akidah Akhlak
dalam pengelolaan kelas di MTs 17 Kajuara telah dilaksanakan dengan baik.
Pengelolaan kelas tersebut menyangkut dua hal yaitu yang terkait dengan siswa
berupa pembentukan organisasi dan peserta didik.Begitu juga pengelolaan kelas yang
menyangkut fisik yang meliputi pengaturan tempat duduk, papan tulis, hiasan dinding
dan pemeliharaan kebersihan. Kedua: Motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran
Akidah Akhlak di MTs 17 Kajuara sudah cukup tinggi karena mereka pada umumnya
ulet dan tekun dalam belajar, memiliki minat terhadap mata pelajaran, senang
bekerja, konsisten dalam belajar serta senang mencari dan memecahkan masalah.
Ketiga: peran guru Akidah Akhlak dalam pengelolaan kelas telah berkontribusi
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs 17 Kajuara hal itu dibuktikan
dengan semakin ulet, berminat, konsisten dan senangnya siswa didalam belajar akibat
dilaksanakannya pengelolaan kelas dengan baik oleh guru Akidah Akhlak di
Madrasah tersebut.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab tiga sebelumnya maka penulis dapat
menyimpulkan sebagai berikut
1. Peran guru Akidah Akhlak dalam pengelolaan kelas di MTs 17 Kajuara
telah dilaksanakan dengan baik. Pengelolaan kelas tersebut menyangkut
dua hal yaitu yang terkait dengan siswa berupa pembentukan organisasi
dan peserta didik. Begitu juga pengelolaan kelas yang menyangkut fisik
yang meliputi pengaturan tempat duduk, papan tulis, hiasan dinding dan
pemeliharaan kebersihan.
2. Motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs 17
Kajuara sudah cukup tinggi karena mereka pada umumnya ulet dan tekun
dalam belajar, memiliki minat terhadap mata pelajaran, senang bekerja,
konsisten dalam belajar serta senang mencari dan memecahkan masalah.
3. Peran guru Akidah Akhlak dalam pengelolaan kelas telah berkontribusi
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs 17 Kajuara hal itu
dibuktikan dengan semakin ulet, berminat, konsisten dan senangnya siswa
didalam belajar akibat dilaksanakannya pengelolaan kelas dengan baik
oleh guru Akidah Akhlak di Madrasah tersebut.
B. Implikasi
1. Kepada pihak MTs 17 Kajuara selalu memperhatikan disekeliling supaya
proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik atau sesuai yang diinginkan.
2. Kepada guru MTs 17 Kajuara agar kiranya selalu mengelola kelas dengan
baik supaya proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan
termotivasi untuk belajar lebih giat.
3. Kepada siswa MTs 17 Kajuara tingkatkan motivasi belajar anda
khususnya pada mata pelajaran Akidah Akhlak.
Ketersediaan
| STAR20200154 | 154/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
154/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
