Efektivitas penggunaan media film dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MIA2 pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di MAN 1 Bone.

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai “Efektivitas Penggunaan Media Film dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIA2 pada Mata Pelajaran Sejarah
kebudayaan Islam di MAN 1 Bone.” Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni
bagaimana efektivitas penggunaan media film dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa kelas XI MIA2 pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di MAN 1
Bone, dengan sub masalah bagaimana penggunaan media film pada mata pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam pada Kelas XI MIA2 di MAN1 Bone, bagaimana motivasi
belajar siswa kelas XI MIA2 di MAN 1 Bone serta bagaimana kontribusi penggunaan
media film dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MIA2 pada mata
pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di MAN 1 Bone. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penggunaan media film pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
pada Kelas XI MIA2 di MAN1 Bone, mengetahui motivasi belajar siswa kelas XI
MIA2 di MAN 1 Bone serta mengetahui kontribusi penggunaan media film dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MIA2 pada mata pelajaran Sejarah
kebudayaan Islam di MAN 1 Bone. Dengan kegunaan ilmiah yakni memberikan
sumbangsi ilmu pengetahuan tentang efektivitas penggunaan media film dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa dan kegunaan praktis yakni memberikan
pemikiran dan masukan terhadap individu dan instansi yang terkait dalam
merumuskan kebijakan pembangunan masyarakat, bangsa, negara dan agama.
Guna memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualiatif (qualitatif research). Penulis menggunakan
pendekatan pedagogik dan pendekatan psikologis dengan melakukan penelitian
lapangan (field research) yang menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dengan tiga tahap
yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan tahap kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; penggunaan film pada mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Bone sudah berjalan dengan baik dan
benar melalui beberapa langkah yaitu langkah awal atau persiapan berupa memilih
film yang sesuai dengan materi pelajaran, menjelaskan tujuan dan maksud pemutaran
film, serta menjelaskan isi dan bagian film yang dapat mempengaruhi psikologis
siswa seperti peristiwa peperangan dalam Sejarah Kebudayaan Islam. Penyajian atau
inti berupa pengaturan ruang kelas, pencahayaan ruang kelas dan penyediaan alat
serta langkah penutup berupa pemberian tugas dan tanya jawab. Kedua; motivasi
belajar siswa kelas XI MIA2 pada mata pelajaran SKI cukup tinggi. Hal itu
dibuktikan karena siswa telah memiliki ketekunan belajar, minat terhadap masalah
belajar, mandiri dalam mengerjakan tugas, dan mampu mempertahankan pendapat.
Ketiga; penggunaan media film telah berkontribusi dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa kelas XI MIA2 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di
MAN 1 Bone. Kontribusinya bahwa telah mampu meningkatkan pemahaman siswa,
memudahkan siswa dalam mengingat materi pelajaran, meningkatkan minat belajar
siswa dan proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan efektif.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penggunaan media film pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada
kelas XI MIA2 di MAN 1 Bone sudah berjalan dengan baik dan benar. Hal
tersebut dapat dilihat dari mekanisme penggunaan media film dengan
menggunakan beberapa langkah yaitu langkah awal (persiapan) berupa
memilih film yang sesuai dengan materi pelajaran yakni film sejarah Bani
Abbasiyah, menjelaskan tujuan dan maksud pemutaran film sejarah Bani
Abbasiyah, menjelaskan isi dan bagian film yang dapat mempengaruhi
psikologis siswa seperti peristiwa peperangan pada perang Zab yang
menandai runtuhnya Bani Umayyah dan lahirnya Bani Abbasiyah.
Langkah pernyajian (inti) berupa pengaturan ruang kelas, pencahayaan ruang
kelas dan penyediaan alat penting berupa LCD, Lap top, dan speaker.
Langkah penutup berupa pemberian tugas dan tanya jawab seputar film Bani
Abbasiyah yang telah disajikan guna menilai tingkat pemahaman siswa dan
menjelaskan hal yang kurang dimengerti siswa.
2. Motivasi belajar siswa kelas XI MIA2 pada mata pelajaran SKI cukup tinggi.
Hal itu dibuktikan karena siswa telah memiliki ketekunan belajar, dilihat dari
kehadirannya dalam mengikuti pelajaran sejarah Bani Abbasiyah dibuktikan
dengan absensi siswa yang lengkap, mengerjakan tugas dengan batasan waktu
yang telah ditentukan dan tidak berhenti sebelum tugas selesai.
55
Minat terhadap masalah belajar berupa antusias siswa aktif bertanya ketika
kurang mengerti dan menjawab dengan mengacungkan tangan setelah materi
Sejarah Kebudayaan Islam disajikan. tidak mudah putus asa dalam dan terus
mencari jawaban dari masalah yang ditemukan dalam pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam dengan terus mengulang-ulang materi sejarah yang belum
dipahami disertai penjelasan guru sehingga sedikit demi sedikit materi yang
kurang dipahami, dapat dimengerti oleh siswa.
Kemandirian siswa kelas XI MIA2 dalam belajar sejarah tergantung dari
personality siswa dan tingkat pemahaman siswa. Karakter yang cepat tanggap
dan pantang menyerah biasanya mandiri dan memiliki inisiatif untuk tidak
bergantung pada temannya ketika diberikan tugas individu. Lain halnya
dengan karakter yang kurang tanggap terkadang masih butuh bantuan dari
temannya dalam menyelesaikan tugas.
Siswa kelas XI MIA2 akan teguh pendirian mempertahankan pendapat ketika
alasan dari argumennya dapat ia pertahankan dan buktikan dengan jelas
didukung dengan pemahaman materi Sejarah Kebudayaan Islam yang didapat
dalam proses pembelajaran.
3. Penggunaan media film telah berkontribusi dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa kelas XI MIA2 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
di MAN 1 Bone. Kontribusinya bahwa telah mampu meningkatkan minat
belajar siswa untuk menyukai pelajaran sejarah khususnya Bani Abbasiyah,
meningkatkan pemahaman siswa dengan lebih kritis dalam memahami
peristiwa sejarah khususnya Bani Abbasiyah, memudahkan siswa dalam
mengingat materi pelajaran dengan rekontruksi peristiwa sejarah Bani
Abbasiyah diserta tokoh, tempat dan waktu yang sesuai dalam catatan sejarah
aslinya. Proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan efektif dengan gambaran
peristiwa sejarah Bani Abbasiyah secara audiovisual dan nyata melalui media
film.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang efektivitas penggunaan media film dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MIA2 pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di MAN 1 Bone, maka saran yang akan peneliti sampaikan, yaitu
sebagai berikut:
1. Hendaknya guru meningkatkan keterampilan dalam mengelola pembelajaran
dengan berbagai media yang inovatif disamping menyesuaikan dengan materi
pembelajaran.
2. Hendaknya siswa meningkatkan semangat belajar dari dalam diri melalui
motivasi yang dijadikan prinsip hidup agar mencapai cita-cita yang
diinginkan.
3. Hendaknya guru dan orang tua siswa bekerjasama dalam pemberian motivasi
kepada siswa, serta penciptaan lingkungan yang kondusif untuk belajar.
Ketersediaan
STAR2020000808/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

08/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

media film

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top