Urgensi Pemanfaatan Perpustakaan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PAI di SMAN 14 Bone
Nurviana/02.16.1036 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Urgensi Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah
dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PAI di SMAN 14
Bone” untuk mengetahui urgensi pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan memperlihatkan kepada siswa
pentingnya memanfaatkan perpustakaan sekolah di SMAN 14 Bone.
Penulis melakukan pendekatan paedagogik, pendekatan teologis-deskriptif
psikologis dan psikologis dalam melakukan penelitian lapangan (field research)
dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif qualitatif dengan tiga
tahap yaitu tahap reduksi, penyajian data (display data) dan tahap kesimpulan dan
verifikasi.
Taraf pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMA Negeri 14 Bone, yiatu
berdasarkan hasil observasi berjalan dengan baik, mislanya dalam menemukan
berbagai informasi, menumbuhkan kecintaan siswa terhadap membaca buku,
menambah wawasan, menanamkan kebiasan belajar mandiri, meningkatkan
penegtahuan dan prestasi belajar peserta didik, memperkaya pengalaman belajar
peserta didik dan mendukung berlangsungnya kegiatan belajar mengajar yang sesuai
dengan tujuan pendidikan. Fungsi pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam presatsi
belajar siswa di SMA Negeri 14 Bone. Adapun fungsinya sebagai berikut:
Perpustakaan sekolah dapat mempercepat prosespenguasan teknik membaca.
Perpustakaan sekolah dapat membantu perkembangan kecakapan berbahasa.
Perpustakaan sekolah dapat melatih siswa kearah tanggung jawab. Perpustakaan
sekolah dapat memperlancar siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah.
Perpustakaan sekolah dapat membantu guru-guru menemukan sumber-sumber
pengajaran. Urgensi pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan presatsi
belajar siswa dalam pemebeljaran PAI di SMA Negeri 14 Bone yaitu urgensi
pemanfaatan perpustakaan sekolah untuk siswa prestasi siswa sangatlah penting,
karena perpustakaan merupakan wadah penddikan yang dapat membantu siswa
meningktakan kemampuan yang dimiliki dan dapat meningkatkan kecerdasan siswa.
Pemanfaatna perpustakaan sekolah dapat menimbulkan kecintaan terhadap membaca
buku, menanamkan kebiasan belajar mandiri, menimgkatkan pengetahuan dan
prestasi belajar siswa serta memperkaya pengalaman belajar siswa menurut hasil
observasi dan wawancara penulis.
A. Kesimpulan
Setelah mengadakan penelitian tentang urgensi pemanfaatan perpustakaan
sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di
SMA Negeri 14 Bone, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Pemanfaatan perpustakaan di SMAN Negeri 14 Bone berdasarkan hasil
observasi berjalan dengan baik, mislanya dalam menemukan berbagai
informasi, menumbuhkan kecintaan siswa terhadap membaca buku,
menambah wawasan, menanamkan kebiasan belajar mandiri, meningkatkan
penegtahuan dan prestasi belajar peserta didik, memperkaya pengalaman
belajar peserta didik dan mendukung berlangsungnya kegiatan belajar
mengajar yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Perpustakaan sekolah
sebagai sarana pendidikan penunjang kegiatan belajar siswa memegang
peranan yang sangat penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di
sekolah.
2. Gambaran prestasi belajar siswa di SMA Negeri 14 Bone terlihat baik dari
sebelumnya. Presatsi hasil yang telah dicapai siswa dalam proses
pembelajaran, prestasi belajar adalah tingkatan keberhasilan siswa dalam
mempelajari materi pelajaran di sekolah, presatsi belajar itu dapat berupa
perubahan dalam bentuk angka dan nilai tingkah laku. Presatsi belajar pada
umumnya berkenaan dengan aspek pengetahuan, sedang hadil belajar
meliputi aspek pembentukan watak peserta didik. Hasil belajar bukan
merupakan suatu penguasan hasil latihan melainkan perubahan tingkah laku.
3. Kontribusi pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan prestasi
belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 14
Bone yaitu dengan menyediakan buku-buku yang berkaitan mata pelajar serta
buku-buku sejarah, selain buku fasilitas internet namun jarang digunakan
menganai jaringan kurang baik. Buku-buku yang di sediakan dapat
membantu menambah wawasan siswa dengan bertambahnya wawasan siswa
dapat meningkat presatsi belajar siswa atau hasil belajar siswa.
B. Implikasi
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan implikasi penelitian sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada pihak sekolah untuk menambah buku mengenai
pembelajaran yang berkaitan dengan materi PAI, sebagaimana saran dari
guru mata pelajaran yang bersangkutan dan beberapa siswa.
2. Diharapkan kepada guru PAI untuk mengarahkan siswa agar memanfaatkan
perpustakaan sebaik mungkin untu menambah wawasan siswa.
3. Diharapakan kepada siswa untuk memanfaatkan perpustaakaan dan
mengetahui fungsi pemanfaatan perpustakaan itu sendiri.
dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PAI di SMAN 14
Bone” untuk mengetahui urgensi pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan memperlihatkan kepada siswa
pentingnya memanfaatkan perpustakaan sekolah di SMAN 14 Bone.
Penulis melakukan pendekatan paedagogik, pendekatan teologis-deskriptif
psikologis dan psikologis dalam melakukan penelitian lapangan (field research)
dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif qualitatif dengan tiga
tahap yaitu tahap reduksi, penyajian data (display data) dan tahap kesimpulan dan
verifikasi.
Taraf pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMA Negeri 14 Bone, yiatu
berdasarkan hasil observasi berjalan dengan baik, mislanya dalam menemukan
berbagai informasi, menumbuhkan kecintaan siswa terhadap membaca buku,
menambah wawasan, menanamkan kebiasan belajar mandiri, meningkatkan
penegtahuan dan prestasi belajar peserta didik, memperkaya pengalaman belajar
peserta didik dan mendukung berlangsungnya kegiatan belajar mengajar yang sesuai
dengan tujuan pendidikan. Fungsi pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam presatsi
belajar siswa di SMA Negeri 14 Bone. Adapun fungsinya sebagai berikut:
Perpustakaan sekolah dapat mempercepat prosespenguasan teknik membaca.
Perpustakaan sekolah dapat membantu perkembangan kecakapan berbahasa.
Perpustakaan sekolah dapat melatih siswa kearah tanggung jawab. Perpustakaan
sekolah dapat memperlancar siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah.
Perpustakaan sekolah dapat membantu guru-guru menemukan sumber-sumber
pengajaran. Urgensi pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan presatsi
belajar siswa dalam pemebeljaran PAI di SMA Negeri 14 Bone yaitu urgensi
pemanfaatan perpustakaan sekolah untuk siswa prestasi siswa sangatlah penting,
karena perpustakaan merupakan wadah penddikan yang dapat membantu siswa
meningktakan kemampuan yang dimiliki dan dapat meningkatkan kecerdasan siswa.
Pemanfaatna perpustakaan sekolah dapat menimbulkan kecintaan terhadap membaca
buku, menanamkan kebiasan belajar mandiri, menimgkatkan pengetahuan dan
prestasi belajar siswa serta memperkaya pengalaman belajar siswa menurut hasil
observasi dan wawancara penulis.
A. Kesimpulan
Setelah mengadakan penelitian tentang urgensi pemanfaatan perpustakaan
sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di
SMA Negeri 14 Bone, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Pemanfaatan perpustakaan di SMAN Negeri 14 Bone berdasarkan hasil
observasi berjalan dengan baik, mislanya dalam menemukan berbagai
informasi, menumbuhkan kecintaan siswa terhadap membaca buku,
menambah wawasan, menanamkan kebiasan belajar mandiri, meningkatkan
penegtahuan dan prestasi belajar peserta didik, memperkaya pengalaman
belajar peserta didik dan mendukung berlangsungnya kegiatan belajar
mengajar yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Perpustakaan sekolah
sebagai sarana pendidikan penunjang kegiatan belajar siswa memegang
peranan yang sangat penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di
sekolah.
2. Gambaran prestasi belajar siswa di SMA Negeri 14 Bone terlihat baik dari
sebelumnya. Presatsi hasil yang telah dicapai siswa dalam proses
pembelajaran, prestasi belajar adalah tingkatan keberhasilan siswa dalam
mempelajari materi pelajaran di sekolah, presatsi belajar itu dapat berupa
perubahan dalam bentuk angka dan nilai tingkah laku. Presatsi belajar pada
umumnya berkenaan dengan aspek pengetahuan, sedang hadil belajar
meliputi aspek pembentukan watak peserta didik. Hasil belajar bukan
merupakan suatu penguasan hasil latihan melainkan perubahan tingkah laku.
3. Kontribusi pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan prestasi
belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 14
Bone yaitu dengan menyediakan buku-buku yang berkaitan mata pelajar serta
buku-buku sejarah, selain buku fasilitas internet namun jarang digunakan
menganai jaringan kurang baik. Buku-buku yang di sediakan dapat
membantu menambah wawasan siswa dengan bertambahnya wawasan siswa
dapat meningkat presatsi belajar siswa atau hasil belajar siswa.
B. Implikasi
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan implikasi penelitian sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada pihak sekolah untuk menambah buku mengenai
pembelajaran yang berkaitan dengan materi PAI, sebagaimana saran dari
guru mata pelajaran yang bersangkutan dan beberapa siswa.
2. Diharapkan kepada guru PAI untuk mengarahkan siswa agar memanfaatkan
perpustakaan sebaik mungkin untu menambah wawasan siswa.
3. Diharapakan kepada siswa untuk memanfaatkan perpustaakaan dan
mengetahui fungsi pemanfaatan perpustakaan itu sendiri.
Ketersediaan
| STAR20200111 | 111/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
111/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
