Pengaruh Klaim Asuransi Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Jasa Raharja Kabupaten Bone Ditinjau Dari Persfektif Islam

No image available for this title
Produk pelayanan paling utama di bidang asuransi adalah klaim. Mengajukan
klaim merupakan proses yang penting dalam berasuransi. Karena dalam tahap ini,
nasabah dapat menikmati manfaat memiliki asuransi. Oleh sebab itu, nasabah sangat
berharap agar klaimnya diterima oleh pihak asuransi. Namun dalam beberapa kasus,
klaim yang diajukan oleh nasabah dapat ditolak oleh pihak asuransi. Masalah itulah
menjadi alasan peneliti untuk meneliti hal tersebut lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Pengaruh Klaim Asuransi Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT.
Jasa Raharja Kabupaten Bone Ditinjau Dari Persfektif Islam. Metode yang digunakan
penulis dalam penelitian ini adalah metode Expost Facto dengan pendekatan
kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer
yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti yaitu dengan menyebarkan kuisioner
dan data sekunder yang telah diolah seperti data-data nasabah, tabel-tabel dan yang
terkait dengan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang telah
mengambil klaim yang di data oleh pihak PT. Jasa Raharja sebanyak 44 orang. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan simple random sampling
(sampel acak sederhana) yaitu cara pengambilan sampel secara acak (random) dengan
benar-benar memberikan peluang yang sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
ada pengaruh yang signifikan dari Klaim Asuransi (X) terhadap Kepuasan Nasabah
(Y). Hal itu dibuktikan dengan hasil uji regresi sederhana menggunakan program SPSS
Berdasarkan hasil uji t variabel Klaim Asuransi diperoleh hasil estimasi sebesar nilai
thitung = 5,728 lebih besar dari nilai ttabel = 2,018. Artinya variabel Klaim Asuransi (X)
berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Y). hasil uji koefisien
determinasi Adjusted R Square sebesar 0,425 yang menunjukkan bahwa presentase
sumbangan pengaruh Klaim Asuransi terhadap Kepuasan Nasabah sebesar 42,5%,
sedangkan sisanya 57,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan di variabel
ini.
A. Kesimpulan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh premi terhadap
kepuasan nasabah (studi pada PT. Jasa Raharja Kabupaten Bone).
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan sebelumnya, maka dapat
diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Hasil statisk uji t parsial variabel Klaim diperoleh hasil estimasi sebesar nilai
thitung = 5,728 lebih besar dari nilai ttabel = 2,018, dengan probabilitas sebesar
0,000 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan penjelasan di atas dapat ditarik
kesimpulan bahwa Klaim Asuransi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan
Nasabah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden setuju dengan
indikator tabel polis memperoleh klaim terhadap kepuasan nasabah, jumlah
tanggungan atau klaim sangat memuaskan karena tingkat kerugian yang
diterima disesuaikan dengan jumlah klaim yang diberikan.
2. Berdasarkan hasil perhitungan yang menghitung besarnya kontribusi atau
besarnya pengaruh yang diberikan dengan menghitung nilai Adjusted R Square
dan dikalikan 100%. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,425 dikalikan 100%
hasilnya 42,5%. Maka dapat disimpulkan variabel Klaim Auransi memberikan
kontribusi atau pengaruh sebesar 42,5% terhadap Kepuasan Nasabah di PT.
Jasa Raharja, sedangkan 57,5% ditentukan oleh faktor lain yang tidak
dimasukkan dalam variabel penelitian ini.
3. Perkiraan penulis sebelum melakukan penelitian terkait klaim pada asuransi
adalah klaim sangat beresiko ditolak oleh pihak asuransi dikarenakan ada
seorang nasabah yang sulit diterima klaimnya oleh pihak asuransi sehingga dapat
mempengaruhi keadaan yang dialami oleh nasabah. Namun hasil yang di dapat
peneliti sangat berbeda karena syarat untuk pengajuan klaim sangat mudah. Jika
berkasnya sudah lengkap maka klaim yang diajukan oleh nasabah akan diterima.
B. Implikasi Penelitian
Berikut ini akan diberikan beberapa saran agar menjadi perhatian mengenai
Pengaruh Klaim Asuransi Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Jasa Raharja
Kabupaten Bone Dtinjau Dari Persfektif Islam.
1. Bagi pihak PT. Jasa Raharja Kabupaten Bone hendaknya lebih ditingkatkan.
Yang harus ditingkatkan yakni kinerjanya untuk lebih intensif dan memberikan
pilihan-pilihan produk yang dapat membuat masyarakat tertarik.
2. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk dapat mengembangkan dan
menyempurnakan penelitian ini di masa yang akan datang, karena dalam
penelitian ini masih banyak hal dan indikator yang belum dikaji, hanya sebatas
mengkaji pengaruh klaim asuransi terhadap kepuasan nasabah, sehingga sangat
diharapkan peneliti selanjutnya mampu menganalisis indikator-indikator
lainnya seperti premi, kualitas pelayanan, kualitas karyawan atau indikator
lainnya yang berhubungan, agar penelitian ini menjadi pengetahuan yang
bermanfaat bagi seluruh masyarakat maupun pemerintah.
Ketersediaan
SFEBI2020006363/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

63/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

Klaim nasabah

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top